SCORE.CO.ID – Liverpool berhasil merebut kembali puncak klasemen Liga Inggris setelah mengalahkan Burnley dengan skor 3-1 di Anfield pada Sabtu (10/2/2024) malam WIB.

Meskipun babak pertama berakhir imbang setelah gol Diogo Jota untuk Liverpool dibalas oleh Dara O’Shea untuk Burnley, tuan rumah mampu unggul dengan tambahan dua gol dari Luis Diaz dan Darwin Nunez di babak kedua.

Liverpool Berhasil Menambah Tiga Poin dan Kembali Memimpin

Kemenangan ini menambah tiga poin bagi Liverpool, sehingga mereka kembali memimpin klasemen dengan total 54 poin dari 24 pertandingan.

Mereka unggul dua angka dari Manchester City yang berada di posisi kedua, meskipun City memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan. Sementara itu, Burnley tertahan di posisi ke-19 dengan hanya mengumpulkan 13 poin.

Pertandingan antara Liverpool dan Burnley dimulai tanpa kehadiran Alisson Becker dan Joe Gomez yang absen karena terserang flu.

Adaptasi Perubahan Strategi Tim Untuk Bertahan dan Menyerang

Hal ini memaksa Caoimhin Kelleher untuk mengisi posisi di bawah mistar, sementara Diogo Jota, Darwin Nunez, dan Luis Diaz kembali membentuk trio lini serang.

Wataru Endo kembali beraksi setelah pulang dari tugas membela Timnas Jepang di Piala Asia. Meskipun Liverpool mendominasi sejak awal pertandingan, mereka mengalami kesulitan dalam membongkar pertahanan Burnley.

Sebaliknya, Burnley berhasil menciptakan peluang pertama pada menit ke-10. Zeki Amdouni menerima umpan dari Dafro Fofana dan mencoba melewati Kelleher dari sudut sempit, namun usahanya berhasil ditepis oleh Kelleher.

Liverpool akhirnya berhasil membuka keunggulan pada menit ke-31 melalui shot on goal pertama mereka.

Dari sepak pojok yang dieksekusi oleh Trent Alexander-Arnold, bola gagal dijangkau oleh James Trafford dan dengan mudah disundul masuk oleh Diogo Jota ke dalam gawang yang kosong.

Baca Juga  Ten Hag Dianggap Sebagai Penyebab Martinez Cedera

Pada menit ke-38, Liverpool hampir saja menggandakan keunggulan mereka ketika Darwin Nunez mengakhiri serangan dari sisi kanan dengan memberikan umpan ke arah tiang dekat, dan Luis Diaz langsung menyambar bola tersebut.

Namun, usaha Diaz berhasil ditepis oleh James Trafford, kiper Burnley. Burnley berhasil menyamakan skor di masa injury time babak pertama.

Seperti gol yang dicetak oleh Liverpool, Burnley juga memanfaatkan situasi sepak pojok yang dieksekusi oleh Josh Brownhill.

Dara O’Shea berhasil menyundul bola tersebut tanpa bisa dihentikan oleh Kelleher, sehingga membawa Burnley menyamakan skor menjadi 1-1 menjelang turun minum.

Liverpool Semakin Keras Menekan Pertahanan Lawan

Di babak kedua, Liverpool melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Harvey Elliott menggantikan Trent Alexander-Arnold yang mengalami masalah.

Liverpool berhasil mengambil kembali keunggulan pada menit ke-52. Serangan dimulai dari Wataru Endo yang merebut bola di depan kotak penalti lawan, kemudian melepaskan umpan kepada Harvey Elliott yang masuk dari sisi kanan.

Elliott langsung mengirimkan umpan ke arah tiang dekat untuk disundul oleh Luis Diaz, yang berhasil mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Liverpool.

Gol tersebut sempat ditinjau oleh VAR karena Darwin Nunez terjebak offside, namun akhirnya gol tersebut disahkan oleh wasit setelah tinjauan yang cukup lama.

Setelah berhasil unggul, Liverpool kembali mengalami kesulitan dalam meredam serangan dari Burnley, terutama melalui permainan Datro Fofana yang mengancam dengan kecepatannya.

Fofana bahkan mendapatkan dua peluang emas untuk mencetak gol dalam waktu yang berdekatan.

Pada menit ke-64, Fofana berhasil mencuri bola dari Jarell Quansah dan berhadapan langsung dengan Kelleher, namun usahanya berhasil dibendung oleh sang kiper.

Hanya berselang tiga menit, Fofana mendapatkan peluang lagi setelah menerima umpan dari Zeki Amdouni.

Baca Juga  Hasil Liga Inggris: Crystal Palace 1-2 Tottenham Hotspur Bawa Spurs ke Puncak Klasemen

Dia memiliki cukup waktu untuk mengontrol bola sebelum memilih untuk menembak ke arah tiang jauh, namun sayangnya tembakannya masih melebar tipis dari sasaran.

Liverpool mengukir kemenangan gemilang 3-1 atas Burnley di Anfield. Darwin Nunez menjadi pahlawan dengan mencetak gol pada menit ke-79, memanfaatkan situasi sepak pojok yang gagal diamankan oleh pertahanan Burnley.

Harvey Elliott memberikan umpan silang yang sempurna, memungkinkan Nunez untuk dengan tenang menyundul bola ke dalam gawang tanpa bisa dihalau oleh James Trafford.

Meskipun Nunez hampir mencetak gol kedua di masa injury time dengan menerima umpan panjang dan melepaskan tembakan, namun James Trafford berhasil menghadangnya. Skor 3-1 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga laga usai, menandai kemenangan penting bagi tim tuan rumah.