SCORE.CO.ID – Erling Braut Haaland, dikenal juga dengan nama Erling Braut Håland, merupakan salah satu pemain sepak bola profesional paling menonjol dari Norwegia.

Pemain berusia 23 tahun ini saat ini bermain sebagai penyerang untuk klub Premier League Manchester City dan juga mewakili tim nasional Norwegia.

Awal Perjalanan Erling Braut Haaland

Haaland lahir pada tanggal 21 Juli 2000 di Leeds, West Yorkshire, Inggris. Dengan tinggi 1,94 meter (6 kaki 4 inci), ia memiliki postur yang imposan di lapangan.

Posisinya sebagai penyerang membuatnya menjadi ancaman serius bagi pertahanan lawan.

Karier klub Haaland dimulai di Norwegia, di mana ia bergabung dengan klub Bryne sebagai langkah awalnya dalam sepak bola profesional.

Ia kemudian bermain untuk Molde sebelum akhirnya memutuskan untuk pindah ke luar negeri. Pada Januari 2019, Haaland bergabung dengan Red Bull Salzburg di Austria, di mana ia menunjukkan bakatnya yang luar biasa.

Menjadi Perhatian Klub Besar di Eropa

Performa impresif Haaland di Salzburg menarik perhatian klub-klub besar Eropa, dan pada musim panas 2020, ia bergabung dengan Borussia Dortmund di Bundesliga Jerman.

Di Dortmund, Haaland meraih gelar DFB-Pokal pada tahun 2021 dan menunjukkan penampilan yang mengesankan di level klub.

Pada musim panas 2022, Haaland pindah ke Manchester City dengan biaya transfer sebesar €60 juta (£51,2 juta). Debutnya di Premier League sangat mencolok, di mana ia berhasil mencetak 52 gol dalam semua kompetisi, jumlah terbanyak yang pernah dicetak oleh seorang pemain Premier League dalam satu musim.

Prestasi individu Haaland juga sangat mengesankan. Ia memenangkan Golden Boy Award pada tahun 2020, penghargaan yang diberikan kepada pemain muda terbaik.

Baca Juga  Curtis Jones Tetap Hormati Keputusan Klopp

Berbagai Penghargaan Diraih Haaland Dalam Waktu Singkat

Selain itu, ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Bundesliga pada musim 2021, serta Pemain Terbaik Menurut UEFA pada tahun 2023. Haaland juga menjadi pencetak gol terbanyak di Premier League dan meraih Sepatu Emas Eropa pada tahun yang sama.

Ia juga terpilih sebagai Pemain Terbaik Menurut IFFHS serta meraih posisi runner-up dalam penghargaan Ballon d’Or 2023.

Haaland juga mencatat beberapa rekor penting dalam sejarah Premier League. Ia menjadi pemain dengan jumlah gol terbanyak dalam satu musim dan mencetak hat-trick tercepat.

Keberhasilan dan konsistensi Haaland dalam bermain sepak bola membuatnya terpilih dalam tim terbaik dunia menurut FIFA FIFPro World11 untuk tahun 2021, 2022, dan 2023.

Dengan potensi yang masih terus berkembang, Erling Braut Haaland diakui sebagai salah satu pemain muda paling menjanjikan dalam sepak bola saat ini.

Dengan usianya yang masih muda, ia memiliki masa depan yang cerah dan berpotensi untuk meraih lebih banyak prestasi dalam karier sepak bolanya yang sudah begitu cemerlang.