Score – Fajar/Rian akan menjadi salah satu kekuatan wakil ganda putra Tanah Air untuk mentas ke panggung turnamen bergengsi sekaligus tertua di dunia itu pada 12-17 Maret 2024 mendatang.

Pasangan ranking tujuh dunia itu akan datang dengan status unggulan lima.

Selain berlaga sebagai unggulan, duo FajRi juga merupakan juara bertahan di All England Open setelah memenangi edisi 2023 lalu.

Tekad mereka dalam menatap turnamen BWF World Tour Super 1000 itu cukup besar.

Fajar tak sungkan memassang target untuk kembali juara alias mempertahankan titel kampiun di Utilita Arena Birmingham, Inggria.

Pemain besutan PB. SGS PLN Bandung tersebut juga membeberkan persiapannya bersama Rian yang ditegaskannya sudah sangat siap untuk unjuk gigi di sana.

Terlebih, ada jeda sekitar satu bulan bagi Fajar/Rian sebelum mentas di turnamen berhadiah total 1,3 juta dolar AS itu.

“Buat saya pribadi dan Rian, persiapan kami lebih panjang dibandingkan (pasangan) yang lain, karena kami tidak ikut Thailand Masters dan Kejuaraan Beregu Asia,” papar Fajar.

“Jadi, persiapannya cukup baik. Kami tinggal finishing (apa) yang harus dimantapkan,” ujar dia.

Dimulai pada akhir Februari sampai Maret mendatang, akan ada rangkaian turnamen di Eropa.

Mulai dari German Open 2024 (27 Maret – 3 Maret), French Open 2024 (5-10 Maret), All England, Orleans Masters 2024 (12-17 Maret), Swiss Open 2024 (19-24 Maret) sampai Spain Masters 2024 (26 – 31 Maret).

Dari keenam tur Eropa itu, Fajar/Rian hanya difokuskan mengikuti dua turnamen, French Open dan All England.

Selain itu, pada awal April, mereka juga akan ditargetkan mengikuti Kejuaraan Asia 2024 yang digelar di NingBo, China pada 8-14 April 2024.

Baca Juga  Liga Voli Bulgaria - Pelatih Puji Level Penampilan Fahri Septian Usai SKV Montana Terhenti di Perempat Final

Karena hanya difokuskan di turnamen yang selektif inilah, mereka berani mematok target tinggi demi hasil maksimal.

“Kami fokus ke tiga turnamen, karena kami mengikuti tiga. Fokusnya lebih ke jangan sampai cedera, jangan sampai sakit, karena itu musuh terbesar atlet,” jelas Fajar.

“Selain itu, harus menjaga semangat dan mood biar tetap bagus,” timpalnya.

Meski begitu, target tinggi Fajar/Rian yang mengejar untuk mempertahankan gelar di All England kemungkinan besar bisa terancam aral melintang.

Bagan undian mereka cukup ngeri, di mana pada babak 32 besar mereka sudah akan berjumpa salah satu musuh alot dari Taiwan, si kembar Lee Fang-Chih/Lee Fang-jen.

Jika lolos ke babak 16 besar, Fajar/Rian akan berjumpa Akira Koga/Taichi Saito (Jepang) atau Man Wei Chong/Tee Kai Wun (Malaysia).

Apabila lolos ke perempat final, mereka berpotensi ketemu Liang Wei Keng/Wang Chang (China).

Jika berhasil melewati delapan besar, di semifinal mereka sangat berpeluang untuk bersua dengan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae (Korea Selatan) atau racikan baru China yang melesat cepat, He Ji Ting/Ren Xiang Yu.