Score – Skuad putra dan putri Merah-Putih akan melakoni pertandingan pembuka di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Selasa (13/2/2024).

Pertandingan dari babak penyisihan grup sektor putri Kejuaraan Beregu Asia 2024 akan dihelat lebih awal yaitu mulai jam 08.00 WIB.

Tim putri Indonesia dipimpin oleh tunggal putri, Putri Kusuma Wardani, mendapatkan Kazakhstan sebagai lawan pertama.

Harapan tinggi diusung para Srikandi Tanah Air semenjak mereka akan datang sebagai juara bertahan dari edisi sebelumnya pada 2022.

Putri KW memiliki bekal untuk unjuk gigi karena ikut mengantarkan Indonesia meraih gelar juara untuk pertama kalinya kala itu.

Pemain yang menggantikan peran Gregoria Mariska Tunjung sebagai tunggal putri pertama dalam kejuaraan beregu ini mengaku siap diturunkan sejak awal.

“Kalau diberi kepercayaan dan dimainkan, saya tentu siap. Apalagi dua tahun lalu saya juga sudah pernah tampil di kejuaraan ini dan berlangsung di tempat ini,” ucap Putri kepada PBSI.

“Jadi paling tidak saya sudah bisa mengetahui bagaimana tekanan mentalnya dan kondisi di lapangan,” tutur Putri KW.

Putri bukan satu-satunya amunisi.

Pelatih tunggal putri Indonesia, Indra Widjaja, mengatakan bahwa empat pemain lain yang dibawa juga berada dalam kondisi yang baik.

Selain Putri KW, Indonesia memanggil pemain muda dan pelapis lainnya yaitu Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi, dan Stephanie Widjaja.

“Kondisinya semua juga baik dan siap diturunkan. Saya akan memilih pemain yang paling siap untuk menghadapi Kazakhstan,” ujar Indra.

Sedangkan untuk dua partai ganda putri, Prasetyo Restu Basuki selaku pelatih menaruh harapan kepada Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari dan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari .

“Mereka siap untuk dimainkan,” ujar Prasetyo.

Baca Juga  Rekap Hasil Final Kumamoto Masters 2023 - Gregoria dan Viktor Axelsen Kompak Gagalkan Sapu Bersih Skuad China

Bertanding setelah tim putri, tepatnya mulai pukul 12.00 WIB, tim putra Indonesia akan ditantang oleh Arab Saudi.

Sebagaimana dengan tim putri Indonesia, tim putra Indonesia juga diekspektasikan bisa meraih kemenangan sempurna atas Arab Saudi.

Juara Dunia Junior Alwi Farhan menyatakan siap apabila diturunkan. Dia berjanji akan tampil semaksimal mungkin.

“Saya pun siap tempur,” kata pemain yang akan menjalani debut di kejuaraan beregu bersama tim senior tersebut.

“Kalau ditunjuk tampil lawan Arab Saudi, saya akan membalas kepercayaan ini dengan bermain optimal dan berjuang untuk menyumbangkan poin bagi tim Indonesia.”

Pelatih tunggal putra, Harry Hartono, tinggal menentukan pemain mana yang akan diturunkan. Untungnya, semua pemain dalam kondisi prima.

“Keempat pemain tunggal putra, semuanya juga dalam kondisi prima. Tinggal saya pilih, siapa yang paling siap saja,” ucap Harry.

Selain Alwi dan Chico Aura Dwi Wardoyo, Indonesia memiliki Yohanes Saut Marcellyno dan Alvi Wijaya Chairullah sebagai andalan untuk partai tunggal putra.

JADWAL KEJUARAAN BEREGU ASIA 2024

Selasa (13/2/2024)

Lapangan 1

08.00 WIB: Grup C – Thailand vs UEA (Putri)

12.00 WIB: Grup A – China vs Hong Kong (Putra)

16.00 WIB: Grup B – Malaysia vs Brunei Darussalam (Putra)

Lapangan 2

08.00 WIB: Grup D – Jepang vs Singapura (Putri)

12.00 WIB: Grup D – Indonesia vs Arab Saudi (Putra)

16.00 WIB: Grup C – Thailand vs Singapura (Putra)

Lapangan 3

08.00 WIB: Grup B – Indonesia vs Kazakhstan (Putri)

12.00 WIB: Grup C – Jepang vs Myanmar (Putra)

16.00 WIB: Grup B – Taiwan vs Kazakhstan (Putra)

Lapangan 4

16.00 WIB: Grup D – Korea Selatan vs UEA (Putra)