Score – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah serius mengatasi polusi udara di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dengan terus mendorong masyarakat menggunakan transportasi umum dan kendaraan listrik.

“Saya kira pemerintah memang serius ya untuk mengatasi polusi udara di Jabodetabek ini. Selain (mendorong) supaya banyak menggunakan kendaraan umum, dan mendorong masyarakat agar menggunakan kendaraan listrik,” kata Wapres kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Selain itu, kata Wapres, pemerintah membuat ruang-ruang terbuka hijau.l guna mengurangi polusi dari kendaraan.

“Sebab polusi yang paling besar itu kan dari kendaraan. Dan (agar) terus dikaji hal-hal yang mungkin bisa lebih baik lagi,” kata Wapres.

Presiden Joko Widodo sendiri Senin (14/8) menggelar rapat terbatas khusus membahas polusi udara di Jabodetabek.

Presiden Joko Widodo mengatakan perlu mendorong sistem kerja hibrida untuk mengurangi polusi udara di Jabodetabek yang dalam sepekan terakhir masuk ke kategori sangat buruk.

“Jika diperlukan, kita harus berani mendorong banyak kantor melaksanakan hybrid working, work from office, work from home mungkin. Saya tidak tahu nanti dari kesepakatan di rapat terbatas ini, apakah (jam kerja) 7-5, 2-5, atau angka yang lain,” kata Jokowi saat memulai rapat terbatas tentang polusi udara di Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Jokowi mengatakan kualitas udara di Jabodetabek selama sepekan terakhir sangat buruk.

Baca Juga  Man City Sedang Seret, Bernardo Silva Tetap Berani Tebar Ancaman