SCORE.CO.ID –  Piala Dunia U-17 2023 akan berakhir dua hari lagi setelah pertandingan final dilangsungkan tanggal 1 Desember dan 2 Desember 2023 di Stadion Manahan Solo. Dua laga yang tersisa adalah pertandingan perebutan tempat ketiga antara Mali melawan Argentina dan pertandingan puncak perebutan tempat pertama antara Jerman melawan Prancis.

Setelah pertandingan final itu, maka turnamen Piala Dunia U-17 2023 akan secara resmi ditutup. Pihak FIFA meminta agar upacara penutup atau bisa juga disebut “closing ceremony” berlangsung secara sederhana saja. Dimana, hanya akan ada dua agenda inti yang akan dilakukan dalam perayaan tersebut. 

Rini Kusumandari selaku Kadispora (Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga) Kota Solo mengungkapkan bahwa dua agenda inti yang dimaksud adalah agenda awarding (pemberian penghargaan) dan pesta kembang api. 

“Closing ceremony untuk Piala Dunia U-17 2023 hanya sederhana. Ini sudah disampaikan juga oleh PSSI,” jelas Rini Kusumandari pada waktu konferensi pers di Pusat Informasi Piala Dunia U-17 2023 di Solo, sebagaimana dikutip dari bola.com, (29/11/2023).

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan, “Kemarin saat saya bertanya dengan Ratu Tisha, closing ceremony hanya ada awarding atau pemberian piala dan penghargaan. Nanti juga ada pesta kembang api. Itu bocorannya.”

Tanpa Panggung Hiburan

Disamping itu, Rini juga menerangkan jika acara penutupan daripada kompetisi Piala Dunia U-17 2023 takkan mengusung panggung hiburan lagi, sebagaimana agenda yang dilakukan pada upacara pembukaan yang dilangsungkan di Surabaya, Jawa Timur. 

Konsep acara penutupan ini sudah sesuai dengan arahan pihak FIFA. Organisasi pusat sepakbola dunia itu meminta agar pihak penyelenggara melakukan acara penutupan secara sederhana. 

“Kemungkinan juga tidak ada panggung hiburan. Karena FIFA meminta upacara penutupan piala Dunia U-17 2023 ini digelar secara sederhana,” imbuhnya lagi. 

Baca Juga  FIFA Hanya Berikan Sanksi Penangguhan Bermain Pada Pemain Ilegal Prancis U-17

Rini menyampaikan bahwa permintaan FIFA untuk melakukan upacara penutupan secara sederhana. Karena, bagi FIFA, hal paling penting dalam sebuah acara penutupan turnamen sepak bola adalah esensinya dan bukan hal lainnya.

“Untuk sementara ini infonya hanya seperti itu. Kemarin PSSI juga menyampaikan hanya ada awarding lalu ada kembang api. Tidak harus berlangsung megah. Karena dari FIFA yang terpenting adalah esensinya.”

Partai Final Piala Dunia U-17 2023

Sementara itu, dua laga partai final Piala Dunia U-17 2023 akan mempertandingkan perebutan kursi ketiga dan kursi pertama. Pada pertandingan perebutan kursi pertama akan menghadirkan Timnas Jerman melawan Timnas Prancis, yang menurut jadwal dilakukan di Stadion Manahan Solo, pada hari Sabtu malam, (2/1/23), pukul 19.00 WIB. 

Sekadar kilas balik sekilas, Jerman lolos ke babak final usai mengalahkan Argentina melalui adu penalti (7-5 / 0-0). Sedangkan, Prancis lolos ke babak final usai mengalahkan Mali 2-1

Namun, satu hari sebelum partai puncak Piala Dunia U-17 2023 dimulai, akan terjadi duel memperebutkan posisi ketiga antara Timnas Mali melawan Timnas Argentina. Laga ini juga akan dilangsungkan di stadion yang sama pada hari Jumat malam, (1/1/23), pukul 19.00 WIB.