Score – Tim Nasional Basket Amerika Serikat sudah tidak bisa dipungkiri lagi sebagai negara yang mendominasi kompetisi bola basket di dunia, seperti Olimpiade dan Piala Dunia. Dominasi tersebut dikarenakan Amerika Serikat memiliki pemain-pemain superstar NBA .

Partisipasi para pemain NBA pada tahun 1992 menjadi awal dari terkenalnya istilah Dream Team. Sejak saat itu, menjelang diadakannya suatu turnamen besar, Amerika Serikat menjadi tim yang paling ditunggu daftar pemainnya.

Dengan akan diselenggarakannya FIBA World Cup 2023 di Filipina, Jepang, dan Indonesia ini, tidak ada salahnya untuk melihat ke belakang mengenai tim terbaik dari Tim Nasional Amerika Serikat yang pernah terbentuk.

ADVERTISEMENT

Tim Nasional Basket Putra Amerika Serikat 2008 pada Olimpiade Beijing 2008 terkenal dengan sebutan Redeem Team. Sebutan tersebut terbentuk karena pada ajang Olimpiade 2004 dan Piala Dunia 2006, Amerika Serikat gagal untuk merebut medali emas.

Tim ini berisikan LeBron James, Jason Kidd, Carmelo Anthony, Tayshaun Prince, Chris Paul, Chris Bosh, Dwight Howard, Dwyane Wade, Michael Redd, Deron Williams, Carlos Boozer, dan dipimpin oleh Kobe Bryant.

Mereka telah mendominasi turnamen sejak awal, tidak terkalahkan dalam lima pertandingan babak pertama dengan selisih 161 poin. Kemudian mereka berhasil menyingkirkan Australia sebelum akhirnya membalaskan dendamnya kepada Argentina pada babak semifinal.

Pada partai final, Amerika Serikat ditantang oleh Spanyol yang diperkuat oleh Pau & Marc Gasol, Ricky Rubio dan Rudy Fernandez. Namun Amerika Serikat berhasil keluar sebagai peraih emas dengan kemenangan yang relatif mudah (118-107).

Tim ini mungkin menjadi tim yang memiliki versi terdekat dari Dream Team 1992. Tim ini diisi dengan superstar NBA yang sebagian besar sedang berada di puncak penampilannya.

Baca Juga  Prediksi Brasil vs Spanyol di FIBA World Cup 2023: Preview, Head to Head, dan Roster

Skuad ini dihuni oleh Carmelo Anthony, Anthony Davis, Chris Paul, James Harden, Kevin Love, Andre Iguodala, Deron Williams, Russell Westbrook, Tyson Chandler, Kevin Durant, dan LeBron James dengan kembali dipimpin oleh Kobe Bryant yang sekaligus menjadi penampilan terakhirnya bersama Amerika Serikat.

Di pertandingan final, Amerika Serikat kembali menghadapi Spanyol yang membawa misi balas dendam. Namun Amerika Serikat kembali dapat mengubur mimpi Spanyol untuk merebut emas dengan skor 107-100.

Dream Team 1992 masih disebut-sebut oleh banyak orang sebagai tim bola basket terhebat yang pernah dibentuk, dan sulit untuk membantahnya.

Bagaimana tidak, di antara pemain yang dikirim oleh AS ke Barcelona, tiga diantaranya merupakan pemain yang kerap diperdebatkan sebagai pemain basket terhebat sepanjang masa, yakni Michael Jordan, Magic Johnson, dan Larry Bird.

Selain ketiga nama tersebut, Amerika Serikat juga dilengkapi dengan Charles Barkley, Clyde Drexler, Patrick Ewing, Christian Laettner, Karl Malone, Chris Mullin, Scottie Pippen, David Robinson, dan John Stockton.

Selama jalannya turnamen, Amerika Serikat mampu mendominasi dengan baik bahkan relatif tidak memiliki perlawanan yang berarti. Di pertandingan untuk memperebutkan emas, Amerika Serikat juga dapat menang dengan mudah menghadapi Kroasia dengan skor 117-85. (Barkah Hijratul Asyuro)***