Tekan polusi, Pemkot – PLN berencana bangun SPKLU di Jakarta Timur

Score – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur bersama PLN Area setempat berencana membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kantor wali kota dan tempat-tempat strategis di daerah itu.

“Kami akan fasilitasi PLN untuk itu, termasuk untuk tujuan besar penangan polusi,” kata Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, KusmantoJakarta, Kamis, usai beraudiensi dengan PT. PLN Area Jakarta Timur.

Salah satu langkahnya, kata dia, adalah kerja sama antara pemerintah dengan PLN dalam memfasilitasi SPKLU dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), sebagai fasilitas untuk kendaraan listrik.

Hal itu sebagai upaya pemerintah agar warga beralih kepada kendaraan listrik ataupun moda transportasi guna mengurangi polusi udara dari gas buang kendaraan.

“Terkait program yang akan kita jalankan, terutama berkaitan dengan polusi udara, termasuk pengadaan SPKLU di setiap kantor, juga penanaman pohon dan mengedukasi masyarakat tentang penggunaan listrik yang pintar,” kata Kusmanto.

Menurut dia, di setiap kantor pemerintahan akan difasilitasi stasiun pengisian untuk memfasilitasi para aparatur sipil negara (ASN) yang beralih dengan kendaraan listrik.

“Memang ada rencana nanti akan ada pemasangan stasiun pengisian di setiap kantor pemerintah. Kita akan menunggu dari Badan Aset bagaimana metode dari pemasangan ini,” katanya.

Sementara itu, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pondok Kopi Sudarto menambahkan audiensi tersebut membahas masalah isu lingkungan yakni polusi udara.

Oleh karena itu, PLN sangat serius mengkampanyekan agar masyarakat beralih ke kendaraan listrik dan BUMN Listrik itu akan memfasilitasi SPKLU, yang salah satunya di kantor pemerintahan.

“Jadi, hari ini audiensi kita membahas terkait masalah isu lingkungan, yang saat ini yang sedang ‘booming’ adalah polusi. Jadi, PLN ini sedang galak-galaknya mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik baik motor listrik maupun mobil listrik. Kami akan sediakan stasiun pengisian,” ucapnya.

Baca Juga  Hakim PN Ambon vonis terdakwa pembunuhan 12 tahun penjara

Selain di kantor pemerintahan, PLN juga siap membangun stasiun pengisian di lokasi strategis seperti pusat perbelanjaan, kafe dan lainnya.

“Masyarakat bisa mengetahui lokasi SPKLU dan SPLU terdekat di aplikasi PLN mobile,” kata Sudarto.