Score – PSM Makassar akan menghadapi Sabah FC pada matchday 2 Grup H AFC Cup 2023-2024 yang akan digelar pada Kamis, 5 Oktober 2023, pukul 19.00 WIB. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, dan dapat disaksikan melalui live streaming Vision+ serta siaran langsung di iNews TV.

PSM Makassar saat ini berada di posisi keempat dalam klasemen Grup H AFC Cup 2023-2024 setelah mengalami kekalahan 3-0 dalam laga pembuka mereka melawan Hai Phong. Pasukan Ramang bertekad untuk bangkit dan meraih kemenangan saat menjamu Sabah FC. Ini merupakan satu-satunya cara bagi mereka untuk menjaga asa lolos ke semifinal zona ASEAN. Meskipun harus menjalani pertandingan kandang di Bali, PSM Makassar tetap berkomitmen untuk meraih hasil maksimal dalam setiap laga kandang. Mereka menyadari bahwa hanya juara grup yang akan langsung melaju ke fase gugur AFC Cup 2023-2024 zona ASEAN.

Namun, PSM Makassar akan menghadapi laga ini dengan rangkaian hasil buruk. Setelah kekalahan 3-0 dari Hai Phong, mereka juga menderita kekalahan dalam dua pertandingan Liga 1 2023-2024. Absennya sejumlah pemain kunci seperti Yacob, Yance Sayuri, dan Wiljan Pluim karena cedera atau absensi dari latihan, telah memberikan dampak negatif pada performa tim. Pelatih PSM Makassar , Bernardo Tavares, akan diharapkan mampu menemukan alternatif yang tepat untuk menggantikan Wiljan Pluim yang memiliki peran kunci di lini tengah tim.

Di sisi lain, Sabah FC datang dengan komposisi pemain terbaik meskipun belum tampil maksimal di kompetisi domestik. Dengan kemenangan 3-1 dalam laga pertama mereka melawan Hougang, Sabah FC memiliki peluang besar untuk lolos ke babak gugur jika mampu mengalahkan PSM Makassar yang sedang dalam masa sulit. Mereka akan berusaha untuk meraih hasil terbaik dan menjaga asa mereka di AFC Cup 2023-2024.

Baca Juga  Menteri PANRB sampaikan tujuh agenda transformasi dalam RUU ASN

ADVERTISEMENT

PSM Makassar dan Sabah FA menunjukkan tren performa yang berbeda dalam beberapa pertandingan terakhir mereka, terutama saat bermain di kandang dan tandang.

Ketika bermain di kandang, PSM Makassar mampu mencetak rata-rata 2.40 gol per pertandingan, sementara mereka hanya kebobolan 0.90 gol per pertandingan. Selain itu, tim ini mencatatkan clean sheet dalam 50.00% pertandingan di kandang mereka, dan mereka selalu berhasil mencetak gol dalam 100.00% pertandingan.

Mereka juga sering mencetak gol lebih dari sekali dalam 70.00% pertandingan dan berhasil mencetak gol di kedua babak dalam 50.00% pertandingan. Namun, PSM Makassar saat ini sedang mengalami tren negatif dengan kekalahan dalam tiga pertandingan terakhir mereka, meskipun mereka belum pernah kalah dalam tiga pertandingan terakhir di kandang.

Di sisi lain, Sabah FA saat bermain tandang mencetak rata-rata 1.10 gol per pertandingan dan kebobolan 1.00 gol per pertandingan. Meskipun mereka mencatatkan clean sheet dalam 20.00% pertandingan tandang, mereka selalu berhasil mencetak gol dalam 60.00% pertandingan dan berhasil mencetak gol di kedua babak dalam 60.00% pertandingan. Sabah FA menunjukkan tren yang lebih positif saat bermain di kandang dengan tidak mengalami kekalahan dalam lima pertandingan terakhir mereka.

Pertandingan antara PSM Makassar dan Sabah FA diharapkan menjadi ujian bagi kedua tim, dengan PSM Makassar berusaha untuk memutuskan tren negatif mereka, sementara Sabah FA akan berusaha memanfaatkan performa kuat mereka di kandang.

Dalam rekor head to head (H2H), PSM Makassar dan Sabah FC belum pernah bertemu. Namun, PSM Makassar telah memiliki pengalaman menghadapi tim-tim Malaysia seperti Kuala Lumpur City dan Kedah Darul Aman. Dari hasil lima pertandingan terakhir kedua tim di semua kompetisi, PSM Makassar diprediksi akan menghadapi kesulitan untuk meraih kemenangan atas Sabah FC. Meskipun bermain di kandang, pertandingan kali ini diprediksi berakhir dengan skor imbang.

Baca Juga  Bitung terbuka untuk investor asing sektor perikanan

Hasil 5 Pertandingan Terakhir PSM Makassar (L-L-L-W-D)

Hasil 5 Pertandingan Terakhir Sabah FC (L-W-D-W-D)

PSM Makassar (3-5-2): Reza Arya Pratama; Erwin Gutawa, Yuran Fernandes Lopes, Kike Linares; Safrudin Tahar, Ricky Pratama, Muhammad Arfan, Dzaky Asraf, Kenzo Nambu; Adilson Silva, Donald Bissa. Pelatih: Bernardo Tavares.

Sabah FC (3-4-3): Damien Lim; Dominic Tan, Tae Su Park, Gabriel Peres; Rizal Ghazali, Miguel Cifuentes, Stuart Wilkin, Daniel Ting; Saddil Ramdani, Darren Lok, Ramon. Pelatih: Ong Kim Swee.

Dari performa dan statistik , Sabah FC tidak mengalami kekalahan dalam lima pertandingan terakhir mereka, termasuk tiga kemenangan dan dua hasil imbang. Sementara itu, PSM Makassar telah mengalami tiga kekalahan dalam lima pertandingan terakhir mereka.

Sabah FC memiliki rata-rata mencetak 1.10 gol per pertandingan saat bermain tandang, sedangkan PSM Makassar hanya mencetak rata-rata 0.90 gol per pertandingan di kandang.

Sabah FC tidak mengalami kekalahan dalam lima pertandingan terakhir mereka di kandang, sementara PSM Makassar telah kehilangan dua dari tiga pertandingan terakhir mereka di luar kandang.

Meski demikian, PSM Makassar diunggulkan dengan bermain di hadapan pendukung sendiri sehingga hasil paling mungkin adalah 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.***