Prediksi Lituania vs Serbia di FIBA World Cup 2023: Preview, Head to Head, dan Starting Line-up

Score – Pertandingan pertama babak perempat final FIBA World Cup 2023 akan mempertemukan juara Grup J Lituania dengan runner-up Grup I Serbia. Pertandingan ini akan dilaksanakan di Mall of Asia Arena, Manila, Filipina pada Selasa, 5 September 2023 sore.

Lituania mendapatkan tempatnya di delapan besar setelah menyapu bersih kemenangan pada putaran kedua, termasuk mengalahkan Amerika Serikat. Sedangkan Serbia, sempat mengalami kekalahan pada pertandingan pertama putaran kedua.

Lituania merupakan salah satu tim di Piala Dunia edisi kali ini yang belum pernah tersentuh oleh kekalahan. Pada putaran kedua, mereka sukses menaklukkan Yunani 92-67 dan Amerika Serikat 110-104.

ADVERTISEMENT

Pada pertandingan menghadapi Amerika Serikat beberapa hari lalu, giliran Vaidas Kariniauskas yang menjadi pemain terbaik bagi tim. Main dari bangku cadangan, guard berusia 29 tahun tersebut berhasil menciptakan 15 poin, 4 rebound, dan 2 assist.

Lituania sangat kuat dalam permainan di paint area. Dalam dua pertandingan terakhir, mereka berhasil lebih unggul dalam hal mencetak angka di paint area sejumlah 72 poin. Sedangkan raihan rebound dia juga selalu unggul dengan total 77 rebound.

Bagi Serbia, dalam 5 pertandingan terakhir telah memiliki rekor 4-1. Satu-satunya kekalahan yang mereka terima yaitu saat berhadapan dengan Italia 76-78. Namun pada pertandingan terakhir, mereka berhasil menundukkan Republik Dominika 112-79 sekaligus mengunci tiket delapan besar.

Dalam putaran kedua, Bogdan Bogdanovic dan Nikola Milutinov menjadi dua pemain yang paling berperan. Bogdanovic total mencetak 38 poin, 4 rebound, dan 7 assist. Sedangkan Milutinov mencetak 30 poin, 17 rebound, dan 2 assist.

Serbia memang tidak kalah dominan dibanding Lituania ketika bermain di paint area, tetapi salah satu kekuatan lainnya yang dimiliki mereka adalah permainan transisi yang cepat. Mereka memiliki catatan 22,8 fast break point per pertandingannya, dibandingkan dengan Lituania yang hanya mencetak rata-rata 10,6 poin.

Baca Juga  5 Pencetak Assist Terbaik Sepanjang Sejarah FIBA World Cup

Sepanjang gelaran Piala Dunia dari edisi pertama hingga kini, kedua tim pernah bertemu sekali pada Piala Dunia 2010. Pertandingan tersebut berhasil dimiliki oleh Lituania sebagai pemenangnya.

12 September 2010, Serbia 88-99 Lituania

Lituania: Margiris Normantas, Tadas Sedekerskis, Ignas Brazdeikis, Rokas Jokubaitis, Jonas Valanciunas.

Serbia: Nikola Jovic, Bogdan Bogdanovic, Vanja Marinkovic, Stefan Jovic, Nikola Milutinov.

Rekor sempurna yang berhasil dipertahankan Lituania, termasuk saat mengalahkan Amerika Serikat pada pertandingan terakhir, menjadi alasan kuat mengapa Lituania lebih pantas untuk memenangkan pertandingan nanti.

Serbia tanpa Nikola Jokic pada Piala Dunia kali ini, kurang mampu memberikan perlawanan yang cukup terhadap Lituania. Kekalahan yang mencapai dua digit mungkin saja akan diderita oleh Serbia. (Barkah Hijratul Asyuro)***