Liga Inggris 2023-2024 Bakal Buka Akses Audio VAR, Pendukung Bisa Dengar Percakapan Wasit

Score – Badan Wasit Liga Inggris akan memberikan kesempatan kepada para pendukung untuk mendengarkan diskusi antara ruang Video Assistant Referee (VAR) dan wasit yang bertugas di lapangan.

Sebelumnya, akses terhadap audio VAR sukses dilakukan pada Mei lalu ketika kepala asosiasi wasit , Howard Webb yang mengambil keputusan kontroversial menjelaskan alasan dibalik keputusan-keputusannya dengan merilis audio VAR.

Kala itu, Webb telah berkomitmen untuk secara rutin membagikan audio VAR musim ini, awalnya bulanan.

Sejauh ini, ada tiga kontroversi yang menyita perhatian para pendukung. Hal tersebut memberikan kesempatan kepada PGMOL (Professional Game Match Officials Board) untuk melakukan pendekatan terbuka dan transparansi sejak Webb memegang kendali pada akhir tahun lalu.

ADVERTISEMENT

Webb telah mengambil langkah-langkah untuk mengakui kesalahan besar, seperti ketika tidak memberikan penalti cedera kepada Wolverhampton Wanderers di Manchester United pada akhir pekan pembukaan ketika kiper André Onana tampaknya melanggar Sasa Kalajdzic. Fans sekarang akan mengharapkan itu termasuk dalam acara ulasan, tetapi tidak ada konfirmasi tentang apa yang akan dimuat.

Dua kesalahan lainnya adalah kartu merah yang diberikan kepada gelandang Liverpool, Alexis Mac Allister, yang dibatalkan dalam banding, dan keputusan untuk tidak membatalkan gol kedua Manchester City melawan Fulham pada hari Sabtu karena offside.

Audio VAR dari penalti Arsenal yang dibatalkan melawan Man United pada hari Minggu akan mengungkapkan prosesnya dan meningkatkan pemahaman para penggemar.

Keputusan Kontroversial Wasit Liga Inggris 2023-2024

Sejumlah keputusan kontroversial wasit Liga Inggris hingga pekan ke-4 menjadi sorotan para pendukung. Dalam laga Arsenal vs Manchester United, peristiwa kontroversial terjadi ketika gol Alejandro Garnacho pada menit 88 dibatalkan oleh wasit dengan alasan offside. Tangkapan layar menunjukkan Gabriel Magalhaes menahan diri untuk mengejar bola karena Garnacho berada dalam posisi offside.

Baca Juga  Pelatih Persib Bingung Hadapi Taktik Penalti Arema FC

Selain itu, Tomiyasu menerima dua kartu kuning dalam pertandingan Arsenal vs Crystal Palace. Kartu pertama diberikan karena lemparan ke dalam yang dianggap terlalu lama (menit ke-60), sementara kartu kedua (menit ke-67) dinilai sebagai keputusan yang kontroversial karena sedikit kontak antara Tomiyasu dan Jordan Ayew.

Di pertandingan lain, gelandang Liverpool Mac Allister mendapat kartu merah saat Liverpool mengalahkan Bournemouth 3-1 di Anfield. Dia diusir wasit pada menit ke-58 karena melanggar Ryan Christie. Namun, dalam tayangan ulangan, terlihat bahwa kaki Mac Allister terlambat mengenai bola dan mengenai kaki Christie saat berebut bola, yang memicu protes keras dari Mac Allister dan pemain lainnya.***