Score – Timnas Suriah mengalahkan Indonesia Patriots dalam laga kedua Indonesia International Basketball Invitational ( IIBI 2023 ). Suriah yang dalam laga pertama takluk oleh Uni Emirat Arab, pada hari kedua ini melibas Ali Bagir dan kawan-kawan dengan skor 84-43 di Indoor Multifunction Stadium (IMS) pada Jumat, 4 Agustus 2023 petang.

Sejak awal laga, Patriots sudah dibuat tak berdaya oleh Suriah. Walaupun sempat menyamakan skor, tapi setelahnya Suriah dapat membuat para skuad muda ini tak bisa mengembangkan permainannya.

Pada akhir kuarter pertama, tembakan tiga angka oleh Nadim Issa semakin menegaskan perbedaan skor yang sudah cukup jauh dengan Suriah memimpin 25-11. Skor pun semakin jauh ketika halftime dengan Suriah masih memimpin 44-25.

ADVERTISEMENT

Tim asuhan Javier Crespo ini seolah tak memberi ampun pada tim asuhan dari Youbel Sondakh tersebut. Pada kuarter ketiga, Suriah yang memulai pertandingan kembali berhasil menambah poinnya oleh Hani Adribe setelah berduel dengan Dame Diagne. Dan pada akhir kuarter, Suriah semakin memperlebar jarak keunggulan dengan unggul 32 poin atas Patriots 63-31.

Kemudian pada akhir pertandingan, Indonesia Patriots harus ikhlas setelah kalah atas Suriah 84-43. Persentase fields goals yang diciptakan Patriots hanya 19 persen saja dalam pertandingan ini. Sementara turnover yang dilakukan oleh skuad muda tersebut sebanyak 19 kali.

Brandone Jerome Peterson memimpin Suriah dalam kemenangan ini dengan mencetak 20 points dan 7 rebounds. Kemudian disusul oleh Omar Idelbi yang mencetak 18 points, dan Hani Adribe dengan 15 points.

Sedangkan dari tim Patriots, Dame Diagne kembali menjadi pemain yang mencetak angka tertinggi bagi timnya dengan 15 points dan 8 rebounds. Raihan tersebut disusul oleh Antoni Erga yang turut menyumbang 13 points. Meski mereka berhasil menjadi pencetak angka terbanyak bagi timnya, mereka juga telah melakukan turnover yang cukup banyak yang tentunya cukup merugikan.

Baca Juga  Dewa United curi kemenangan dari Bima Perkasa

Dengan hasil ini, pelatih Patriots Youbel Sondakh mengaku telah mendapatkan pelajaran yang sangat berharga. Menurutnya, para pemainnya yang masih muda tersebut setidaknya telah mendapatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman pertama berlaga di pertandingan internasional. Dari pengalaman ini, dia berharap bisa memicu para pemainnya lagi untuk menjadi lebih baik.

“Sekarang sudah sama-sama sadar diri apa yang harus dilakukan ke depannya agar bisa satu level dengan tim di Asia Timur, Barat, dan mungkin Eropa. Pengalaman yang baik buat kami semua,” kata Youbel Sondakh.

Setelah pertandingan ini, Patriots yang belum pernah menang akan menghadapi lawan kuat lainnya yaitu Uni Emirat Arab pada Sabtu, 5 Agustus 2023 mulai pukul 20.30 WIB. Sedangkan Suriah akan menghadapi Tim Nasional Indonesia pada hari yang sama pukul 16.45 WIB. (Barkah Hijratul Asyuro)***