SCORE.CO.ID – Liverpool berhasil keluar sebagai pemenang dalam Derby Merseyside melawan Everton, Liverpool suksez menang 2 gol tanpa balas melawan Everton berkat Brace Mohamad Salah.

The Reds menjamu Everton di Anfield pada laga lanjutan pekan ke sembilan Premier League pada sabtu 21 Oktober 2023. Duel ini bertajuk Derby Merseyside.

Pada pertandingan kali ini Everton harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke 37, hal ini dikarenakan Ashley Young menerima kartu kuning kedua dari wasit.

Tampil dengan unggul jumlah pemain membuat Liverpool sangat mendominasi pertandingan, namun justru mereka sempat kesulitan membongkar rapatnya pertahanan Everton.

Segala serangan The Reds baru bisa membuahkan hasil ketika waktu memasuki menit ke 75 melalui gol penalti Mohamad Salah.

Bintang Liverpool ini pun sukses membawa Liverpool meraih 3 poin usai dirinya mencetak gol kembali di menit 90+7.

Liverpool sukses mengakhiri laga dalam Derby Merseyside dengan kemenangan 2-0 atas Everton. Dengan hasil ini membuat Liverpool merangkak naik ke posisi ketiga dengan 20 poin.

Liverpool memiliki poin yang sama dengan Tottenham Hotspur yang memiliki 20 poin, sementara itu Everton masih terjebak di papan bawah klasemen dengan mengoleksi 7 poin saja.

Jalannya pertandingan

Babak pertama

Berstatus sebagai tim tamu, Everton tampak tampil dengan sangat tenang, bahkan Everton memiliki peluang di awal laga.

Dominick Calvert Lewin melakukan sundulan usai menerima umpan silang namun tandukan Calvert Lewin masih bisa di amankan Allisson.

Namun setelah peluang pertama Everton, mereka tidak mampu memberikan peluang yang mengancam pertahanan Liverpool.

Tuan rumah kemudian tampil dengan sangat dominan, namun Everton tetap bisa menahan gempuran para pemain Liverpool.

Liverpool sebetulnya mempunyai peluang bagus ketika Luis Diaz mempunyai kesempatan di kotak penalti. Namun, Ashley Young mampu dengan sigap melakukan tekel untuk memblok tendangan dari Luis Diaz yang akhirnya melambung ke atas gawang Everton.

Baca Juga  Dikenal Sebagai Troublemaker, Ini Pemain Sepakbola Paling Kontroversi di Liga Inggris

Setelah peluang tersebut, Liverpool masih kesulitan menembus pertahanan rapat dari Everton, namun Mohamad Salah mempunyai kesempatan untuk membuka keunggulan namun usahanya belum membuahkan hasil karena bola nya masih melambung.

Memasuki menit ke 34, giliran gelandang Liverpool yakni Mac Allister yang melakukan upaya dari luar kotak penalti, namun tembakannya masih bisa diamankan oleh Jordan Pickford.

Namun disayangkan Everton harus bermain dengan 10 pemain usai Ashley Young mendapatkan kartu kuning kedua setelah melakukan tekel keras kepada Luis Diaz.

Kalah jumlah pemain, pelatih Everton langsung mengisyaratkan para pemainya untuk bermain bertahan dan memanfaatkan counter attack. Hingga babak pertama usai, kedua tim bermain dengan sama kuat. Liverpool 0-0 Everton.

Babak kedua

Selepas jeda babak pertama, Liverpool langsung memanfaatkan situasi ini, unggul jumlah pemain Liverpool langsung menguasai jalannya pertandingan.

Namun Everton langsung merespon permainan Liverpool dengan bermain bertahan dengan sangat apik.

Memasuki menit ke 75, usaha Liverpool membuahkan hadiah penalti lewat aksi Luis Diaz yang menusuk dari sisi kiri dan memberikan umpan yang mengenai tangan dari Michael Keane.

Salah yang menjadi eksekutor akhirnya berhasil menyelesaikan tugasnya, Liverpool unggul 1-0. Liverpool terus mengurung Everton di sisa laga.

Terbukti pada menit akhir tambahan waktu, Liverpool sukses menambahkan gol lewat Mohamad Salah. Liverpool pun menutup laga ini dengan kemenangan 2-0 atas Everton.

Susunan Pemain

Liverpool:

Alisson; Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate (Joel Matip 66′), Virgil van Dijk, Kostas Tsimikas (Darwin Nunez 62); Dominik Szoboszlai, Alexis Mac Allister, Ryan Gravenberch (Harvey Elliott 62′); Mohamed Salah, Diogo Jota, Luis Diaz.

Everton: 

Jordan Pickford; Ashley Young, James Tarkowski, Jarrad Branthwaite, Vitalii Mykolenko; Jack Harrison (Michael Keane 46′), James Garner, Amadou Onana (Arnaut Danjuma 79′), Dwight McNeil (Nathan Patterson 46′); Abdoulaye Doucoure; Dominic Calvert-Lewin (Beto 61′).