Score – Sebagian besar karena waktu mereka habiskan bersama di akademi VR46 tersebut. The Doctor juga menjadi sekutu yang kuat dari pemilik motor nomor 1 dan tidak melewatkan kesempatan untuk memberikan nasihat berharga kepada pembalap Ducati tersebut.
Setelah gelar juara dipastikan, Bagnaia berbicara tentang beberapa percakapannya dengan Rossi setelah balapan sprint pada Sabtu.
Saat itu, Bagnaia yang start dari posisi kedua tertahan di urutan kelima, sedangkan rival terdekatnya, Jorge Martin (Prima Pramac) naik podium kampiun.
“Vale bertanya kepada saya beberapa kali mengapa saya memilih ban medium untuk sprint dan saya menanyakan hal yang sama pada diri saya sendiri,” kata Bagnaia dilansir dari Motorcyclesports.
“Saya tidak mengerti kenapa saya memilih ban belakang medium untuk balapan, tetapi itu berguna karena minggu ini saya kompetitif di paruh kedua balapan,” ucap pembalap 26 tahun itu.
Bagnaia lalu mengungkapkan bagaimana Rossi menasihatinya untuk bersantai dalam perburuan gelar juara dunia.
“Dia hanya mengatakan kepada saya untuk memastikan saya tenang dan memahami situasinya, dan bahwa dia (Jorge Martin) berada di sisi terburuk,” ujar Bagnaia.
“Dia perlu menang dan bahkan kemenangan darinya saya harus berada di posisi kelima dan dengan kecepatan yang saya alami, itu adalah hasil yang bagus. Sangat cepat untuk berada di lima besar, dan tetap tenang.”
Tidak lagi berada di bawah tekanan pertarungan, pembalap Italia itu menyelesaikan hari latihan lebih awal, menempati posisi ke-11.
Setelah menghadiri gala penghargaan juara MotoGP di Liverpool, Inggris dan berpesta di Bologna, Italia, Bagnaia mengakui bahwa dia mematikan teleponnya dan tidak menerima telepon dari siapa pun.
Setelah memastikan gelar juara dunia MotoGP kedua dalam kariernya, sulit untuk kembali ke ‘mentalitas pilot’ dalam tes.
“Kemarin sore saya harus menghadiri sebuah acara dan itu membantu saya kembali ke jalur yang benar. Itu adalah hari yang sulit setelah memenangkan Kejuaraan Dunia. Ini membawa saya kembali ke mentalitas pembalap,” aku Bagnaia.
“Saya tahu bahwa tes ini akan menjadi sangat penting karena kami telah meninggalkan tes November selama dua tahun dengan keraguan terhadap berita tersebut.”
“Pada 2021 karena kami berada di Jerez dengan kondisi sempurna dan semuanya berjalan baik lalu di Sepang semuanya menjadi bencana. Sebaliknya tahun lalu, kami pergi dari sini tanpa yakin akan banyak hal.”
“Saya senang dengan tes ini karena kami berhasil melakukan pekerjaan dengan baik meski tidak menemukan kondisi bagus, angin mengganggu.”
“Namun para insinyur Ducati telah berhasil menghadirkan mesin baru yang berfungsi seperti sebelumnya dan itu sudah menjadi keunggulan.
“Selain itu, di area yang saya minta untuk dikerjakan, seperti masuk tikungan, saya sudah merasa lebih baik. Tidak ada cara yang lebih baik untuk pergi berlibur.”
“Konsesi harus sama untuk semua pembangun yang telah mencapai hasil”
Bagnaia menjelaskan beberapa perubahan pada GP24 yang akan digunakan selama mengarungi MotoGP 2024.
“Belum ada perubahan besar pada motor baru dan fakta bahwa di beberapa area berada pada level yang sama dengan motor lama adalah hal yang positif,” ujar pembalap 26 tahun itu.
“Namun, di area lain bahkan lebih baik. Saya sangat senang, meski Valencia bukan sirkuit terbaik untuk melakukan tes tertentu.”
“GP22 (motor 2022) memungkinkan Anda membawa banyak kecepatan di tikungan dan membantu Anda berbelok, sedangkan GP23 lebih baik dalam hal traksi dan pengereman awal, sedikit kehilangan saat masuk (tikungan).
“Menurut saya, GP keseimbangan bobotnya lebih mirip dengan motor 2022.”
Bagnaia juga menganalisis evolusinya sebagai seorang pembalap.
“Saya selalu menjadi pembalap yang sensitif, terkadang terlalu sensitif, itulah yang membatasi saya. Namun dalam pengujian, ini merupakan poin plus dan telah banyak membantu kami memahami arah yang harus diambil,” tutur Bagnaia.
“Pada tahun pertama pengembangan tim pabrikan 1 terhenti karena Covid, jadi saya tidak perlu membuktikan apa pun.”
“Berbeda dengan tahun 2022, ketika kami memiliki begitu banyak dan kami belum berhasil menguji semuanya, kami telah menyelesaikan pekerjaan tersebut pada 2 Grand Prix pertama.”
“Itu adalah pengalaman yang sangat sulit, tetapi itu membantu saya menjadi lebih tegas.”
Perubahan lain untuk musim depan adalah sistem konsesi yang paling diuntungkan oleh Honda dan Yamaha.
“Saya seorang pembalap dan saya memberikan yang terbaik, saya yakin para teknisi kurang senang dibandingkan saya.”