Borussia Dortmund telah menjalin hubungan istimewa dengan suporter sepak bola di Asia dan Pasifik, terutama di kawasan Asia Tenggara. Koneksi ini semakin kuat berkat berdirinya kantor BVB Asia Pacific di Singapura pada tahun 2014.
Sejak berdirinya pada tahun 2014, kantor Dortmund di Singapura memegang peran penting dalam melaksanakan berbagai proyek di wilayah tersebut. Dortmund aktif berkolaborasi dengan mitra lokal dan Bundesliga International, sebuah anak perusahaan dari DFL Deutsche Fusball Liga (DFL) yang bertanggung jawab dalam menghubungkan penggemar sepak bola di seluruh dunia.
Berbagai inisiatif yang dilakukan tidak hanya meningkatkan profil BVB di Asia, tetapi juga menyebarkan nilai-nilai dan semangat klub melewati batas-batas negara Jerman.
Pada bulan Oktober 2024, BVB Asia Pacific merayakan ulang tahun ke-10 mereka yang jatuh pada tanggal 9 Oktober 2024. Momem tersebut menjadi momentum bagi Dortmund untuk menegaskan komitmen mereka dalam mempererat hubungan dengan penggemar sepak bola di Asia.
“Kantor kami di Singapura merupakan bukti nyata dari komitmen dan visi global yang kami emban. Dengan kehadiran kami di lebih dari 15 negara di Asia Pasifik, kami tidak hanya memperluas jangkauan, tetapi juga menciptakan kenangan dan cerita yang tak terhitung jumlahnya sepanjang perjalanan,” ujar Carsten Cramer, Managing Director of Borussia Dortmund.
“Mari kita rayakan perjalanan luar biasa yang telah kita jalani bersama dan lihatlah kemungkinan tak terbatas yang menanti di masa depan,” tambah Carsten Cramer.
Pada bulan Juli 2024, Dortmund melakukan tur pramusim ke Asia yang dipimpin oleh Nuri Sahin. Mereka menggelar berbagai kegiatan, termasuk dua pertandingan uji coba melawan BG Pathum United (Thailand) dan Cerezo Osaka (Jepang).
Interaksi Dortmund dengan Fans Asia
Selain berkunjungnya tim utama Borussia Dortmund untuk tur pramusim, BVB Asia Pasifik telah merangkul serangkaian kegiatan yang menginspirasi. Mereka menggelar acara pertandingan legenda, pertemuan penggemar, dan sesi nonton bareng, serta menyusupkan hadirnya BVB di pasar-pasar eksotis seperti Mongolia, Laos, dan Kamboja.
Pada masa pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu, BVB Asia Pasifik berhasil menorehkan prestasi gemilang lewat inovasi menarik. Mereka meluncurkan ‘Virtual Asia Tour’ pada tahun 2020 guna menjaga ikatan emosional antara klub dan penggemar setia di Asia.
“Perjalanan penuh warna ini dipenuhi dengan momen berkesan, dari memperkuat kemitraan hingga berinteraksi dengan penggemar bersemangat dari berbagai latar belakang budaya,” tutur dengan semangat Suresh Letchmanan, Direktur Utama BVB Asia Pasifik.
“Sukses kami di kawasan ini adalah bukti nyata dari kesungguhan tim lokal kami serta ikatan erat yang kami bangun dengan para pendukung setia. Saat kami menatap masa depan, kami diberi semangat untuk terus mengeksplorasi batas, menjalin hubungan baru, dan memperluas semangat BVB ke beragam komunitas di seluruh penjuru Asia,” lanjutnya penuh antusias.