Maarten Paes: Kiper Berbakat yang Diincar Empoli

Serie A9 Dilihat
banner 468x60

SCORE.CO.ID – Maarten Paes, penjaga gawang FC Dallas di Major League Soccer (MLS), menjadi pusat perhatian setelah dikabarkan menarik minat salah satu klub Serie A, Empoli.

Klub yang terkenal dengan warna birunya itu serius ingin mendatangkannya untuk memperkuat tim dalam kompetisi Serie A musim 2024/2025.

banner 336x280

Paes yang memiliki kewarganegaraan ganda Indonesia dan Belanda, menjadi pilihan utama Empoli, informasi ini bocor melalui akun Instagram pribadi dari jurnalis terkenal Italia, Gianluca Di Marzio.

Meski masih terikat kontrak selama satu tahun dengan FC Dallas, potensi transfer Paes ke Empoli membuka peluang baru dalam karir sepakbolanya.

Status Kewarganegaraan dan Perpindahan Federasi

Pada akhir April 2024, Maarten Paes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Walaupun sudah menyandang status WNI, proses perpindahan federasi dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) belum rampung.

Hal ini disebabkan oleh ketentuan dalam Statuta FIFA Pasal 9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf B ayat ketiga, yang menyatakan bahwa pemain yang terakhir kali bermain dalam pertandingan resmi sebelum usia 21 tahun tidak dapat langsung berpindah asosiasi.

Meskipun demikian, PSSI terus berupaya menyelesaikan proses ini agar Paes bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Proses di Pengadilan Arbitrase Olahraga

PSSI telah membawa kasus perpindahan federasi Maarten Paes ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS), Paes pernah bermain enam kali untuk Timnas Belanda U-21, dengan penampilan terakhirnya pada usia 22 tahun dalam Kualifikasi Euro U-21 2021 melawan Belarusia pada 15 November 2020.

Kendala ini membuat debut Paes bersama Timnas Indonesia dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang dimulai pada September 2024 menjadi tidak pasti.

Baca Juga  Keberhasilan AS Roma Berkat Lorenzo Pellegrini

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menyatakan bahwa pihaknya masih terus berusaha menyelesaikan proses ini.

Pengakuan di MLS

Di tengah tantangan yang dihadapinya, Maarten Paes terus menunjukkan performa impresif di MLS. Pada tahun 2024, dia terpilih masuk dalam tim MLS All-Star.

Paes akan bermain bersama beberapa nama besar seperti Lionel Messi, Luis Suarez, Jordi Alba, dan Sergio Busquets.

Pemilihan Paes ke dalam MLS All-Star dilakukan melalui pemungutan suara oleh penggemar. Hal ini menjadi bukti pengakuan atas kemampuan dan kontribusinya di lapangan.

Peluang Karir di Serie A

Ketertarikan Empoli terhadap Maarten Paes membuka peluang besar dalam karir profesionalnya.

Serie A dikenal sebagai salah satu liga terbaik di dunia, dan bermain di sana akan menjadi pengalaman berharga bagi Paes.

Empoli juga mempertimbangkan opsi lain jika mereka gagal mendatangkan Paes. Kandidat alternatif adalah Anthony Racioppi, penjaga gawang asal Swiss yang saat ini bermain untuk YoungBoys.

banner 336x280