Lionel Messi Berhasil Cetak Gol Perdana di ‘Akhir’ Copa America 2024

banner 468x60

SCORE.CO.ID – Tim nasional Argentina berhasil melaju ke final Copa America 2024 setelah mengalahkan Kanada dengan skor 2-0 dalam pertandingan semifinal yang digelar pada 10 Juli 2024 di Stadion MetLife.

Pertandingan ini menjadi momen penting bagi Argentina, yang berhasil membuka keunggulan melalui gol Julian Alvarez di babak pertama dan dii babak kedua, sang kapten Lionel Messi menambah keunggulan dengan mencetak gol.

banner 336x280

Catatan Menarik dari Pertandingan

Pertandingan antara Argentina dan Kanada mencatat beberapa fakta menarik, Argentina telah mencapai final enam kali dari delapan turnamen besar terakhir mereka, yakni Piala Dunia dan Copa America.

Satu-satunya pengecualian adalah Piala Dunia 2018 di Rusia dan Copa America 2019 di Brasil, di mana mereka tersingkir oleh sang juara, Prancis dan Brasil.

Selain itu, Argentina telah mengalahkan lawan yang sama dua kali dalam satu edisi Copa America untuk keempat kalinya.

Sebelumnya, mereka berhasil melakukannya melawan Venezuela pada tahun 1975, Brasil pada tahun 1937, dan Paraguay pada tahun 1925.

Kontribusi Pemain Kunci

Julian Alvarez menjadi pemain Argentina kedua yang mencetak gol di semifinal Copa America dan Piala Dunia, bergabung dengan Lionel Messi.

Alvarez mencetak gol melawan Kroasia di Piala Dunia 2022 dan kali ini melawan Kanada, sementara itu, Angel Di María mencatatkan penampilan terbanyak kedua dalam sejarah Copa America untuk Argentina dengan 27 penampilan, hanya di belakang Lionel Messi yang memegang rekor dengan 38 pertandingan.

Messi sendiri kini telah mencetak gol dalam enam edisi Copa America yang berbeda, menyamai rekor yang sebelumnya dipegang oleh Zizinho sejak 1957.

Gol pertama Messi di Copa America dicetak 17 tahun dan satu hari sebelum golnya dalam pertandingan melawan Kanada, menjadikan rentang waktu tersebut sebagai yang terpanjang dalam sejarah turnamen.

Baca Juga  Setelah Raih Juara, Lionel Messi Enggan Membahas Masa Depannya

Statistik Pertandingan

Rodrigo De Paul menunjukkan kontribusi yang luar biasa dengan menyumbang 11 assist untuk Argentina, yang didistribusikan kepada sembilan pemain berbeda.

Hal ini menunjukkan keberagaman serangan Argentina dan kemampuan De Paul dalam memberikan umpan-umpan matang.

Kanada memiliki 24 sentuhan di kotak penalti lawan dengan lima tembakan dari dalam kotak penalti. Meski Argentina memiliki lebih sedikit sentuhan di kotak penalti (13), mereka mampu mencatatkan lebih banyak tembakan (7).

Dengan kemenangan ini, Argentina memastikan tempat mereka di final Copa America 2024, di babak final, Argentina akan bertemu dengan pemenang dari pertandingan antara Kolombia dan Uruguay.

Pertandingan final ini akan menjadi penentu apakah Argentina mampu meraih gelar juara Copa America sekali lagi.

banner 336x280