Felix Zwayer Pimpin Semifinal Euro 2024 Antara Belanda dan Inggris

banner 468x60

SCORE.CO.ID – Semifinal Euro 2024 antara Belanda dan Inggris akan dipimpin oleh wasit asal Jerman, Felix Zwayer.

Pertandingan ini dijadwalkan berlangsung di Borussia Dortmund Stadium pada Kamis, 11 Juli 2024, dini hari WIB.

banner 336x280

Penunjukan Zwayer sebagai wasit dalam pertandingan penting ini menarik perhatian banyak pihak, terutama mengingat kontroversi yang pernah melibatkan namanya.

Sejarah Kontroversi Felix Zwayer

Felix Zwayer memiliki rekam jejak yang penuh dengan kontroversi, pada tahun 2005, ia pernah diskors selama enam bulan karena terlibat dalam kasus suap di Jerman.

Zwayer diketahui menerima suap sebesar 300 euro dari sesama perangkat pertandingan, Robert Hoyzer, sebelum memimpin laga antara SV Wuppertal melawan tim amatir Werder Bremen pada Mei 2004.

Kasus ini mencoreng reputasi Zwayer sebagai wasit dan membuatnya menjadi sorotan media, selain itu, pada tahun 2021, Zwayer kembali menjadi pusat perhatian saat memimpin pertandingan Borussia Dortmund melawan Bayern Munich.

Dalam pertandingan tersebut, Borussia Dortmund kalah 2-3 dan keputusan kontroversial yang diambil oleh Zwayer memicu reaksi keras dari pemain Borussia Dortmund, Jude Bellingham.

Bellingham mengkritik keras Zwayer dalam wawancara pasca-pertandingan, menyebutkan bahwa seorang wasit yang pernah terlibat dalam pengaturan skor tidak seharusnya memimpin pertandingan besar dan kritik ini membuat Bellingham didenda sebesar 40 ribu euro.

Penunjukan Zwayer di Euro 2024

Meskipun memiliki sejarah kontroversial, UEFA tetap mempercayakan Zwayer untuk memimpin beberapa pertandingan di Euro 2024.

Sebelum ditugaskan untuk memimpin laga semifinal antara Belanda dan Inggris, Zwayer sudah memimpin tiga pertandingan di turnamen ini, yaitu Italia vs Albania, Turki vs Portugal, dan babak 16 besar antara Rumania vs Belanda.

Penunjukan ini menunjukkan bahwa UEFA masih menganggap Zwayer sebagai wasit yang kompeten dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik di pertandingan-pertandingan penting.

Baca Juga  Kekecewaan Pendukung Saat Timnas Inggris Melawan Slovenia di Euro 2024

Tantangan dalam Pertandingan Belanda vs Inggris

Pertandingan antara Belanda dan Inggris di semifinal Euro 2024 diperkirakan akan berlangsung dengan intensitas tinggi.

Kedua tim memiliki sejarah panjang dalam kompetisi internasional dan sama-sama berambisi untuk melaju ke final.

Bagi Inggris, ini adalah semifinal kedua berturut-turut di Piala Eropa setelah sebelumnya mencapai final pada tahun 2021 namun kalah dari Italia.

Menghadapi Belanda yang merupakan tim berkualitas, Inggris akan menghadapi tantangan berat, kehadiran Felix Zwayer sebagai wasit juga menambah tekanan bagi kedua tim.

Zwayer harus mampu mengendalikan emosi pemain dan memastikan pertandingan berjalan dengan adil.

Keputusan-keputusan yang diambilnya akan sangat berpengaruh terhadap jalannya pertandingan dan hasil akhirnya.

banner 336x280