Damian van Dijk Segera Memperkuat Timnas Indonesia

Sepak Bola12 Dilihat
banner 468x60

SCORE.CO.ID – PSSI kembali mencuri perhatian dengan rencana naturalisasi pemain muda berbakat dan kali ini, fokus mereka tertuju pada Damian van Dijk, seorang bek berusia 20 tahun yang saat ini bermain untuk Telstar U-21 di Belanda.

Damian yang memiliki tinggi 191 cm menawarkan fleksibilitas dengan kemampuannya untuk bermain sebagai bek tengah, bek kanan, dan gelandang bertahan.

banner 336x280

Potensi ini tentunya menjadi nilai tambah bagi Timnas Indonesia yang terus berbenah untuk memperkuat skuadnya.

Komunikasi dengan PSSI

Damian van Dijk sudah mulai berkomunikasi dengan PSSI, khususnya dengan Hamdan Hamedan, salah satu sosok kunci di balik program naturalisasi atlet Indonesia.

Dalam sebuah wawancara di kanal YouTube Yussa Nugraha, Damian mengungkapkan bahwa ia sudah beberapa kali berbicara dengan Hamdan.

Selain itu, Damian juga telah bertemu dengan beberapa pemain yang sedang menjalani proses naturalisasi serta pemain yang sudah dinaturalisasi.

Pengalaman ini memberikan gambaran yang jelas baginya mengenai proses dan keuntungan dari menjadi bagian dari Timnas Indonesia.

Peluang Bergabung dengan Timnas

Damian masuk dalam daftar 150 pemain diaspora yang dipantau oleh PSSI dan bahkan ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyebut bahwa dari daftar tersebut akan diseleksi pemain-pemain yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan tim.

Dengan tinggi badan yang mencapai 191 cm, Damian bisa menjadi pengganti ideal untuk Elkan Baggot, yang belakangan ini tidak aktif bersama Timnas Indonesia.

Damian mengaku sangat terbuka dengan peluang untuk membela Merah Putih dan ia juga menambahkan bahwa kolaborasi ini akan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Proses Naturalisasi

Perjalanan Damian menuju naturalisasi tidak sepenuhnya mulus, ia mengakui bahwa ada beberapa kendala yang dihadapi, salah satunya adalah sulitnya proses pemantauan dari Indonesia.

Baca Juga  Peran Pelatih SSB dalam Skuad Timnas U-19 Lebih Matang

Selain itu, ketika pemandu bakat dari PSSI datang untuk melihat langsung penampilannya, Damian baru saja pulih dari cedera dan hanya sempat berlatih dua kali dan tentunya hal ini membuatnya belum bisa menunjukkan performa terbaiknya.

Tetap Bersemangat dan Berusaha

Meskipun ada tantangan, Damian tidak patah semangat. Ia tetap optimis dan bertekad untuk terus bekerja keras demi menarik minat pemandu bakat dari PSSI.

Damian juga menyadari bahwa jika saat ini waktunya belum tepat, ia akan terus berusaha untuk menjadi versi terbaik dari dirinya.

banner 336x280