CBF Tetap Pertahankan Dorival Junior Meski Brasil Gagal di Copa America 2024

banner 468x60

SCORE.CO.ID – Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) memutuskan untuk tetap mempertahankan Dorival Junior sebagai pelatih tim nasional meski timnya gagal dalam ajang Copa America 2024.

Dorival Junior yang baru menjabat sejak Januari 2024 diberikan kesempatan lebih untuk membangun tim yang kompetitif menuju Piala Dunia 2026.

banner 336x280

Presiden CBF, Ednaldo Rodrigues, menegaskan pentingnya kontinuitas dan percaya pada kemampuan Dorival dan stafnya untuk membawa Brasil kembali ke jalur kemenangan.

Perjalanan Singkat Dorival Junior

Dorival Junior baru memimpin tim nasional Brasil kurang dari setahun setelah ditunjuk sebagai pelatih tetap pertama sejak Tite mundur usai Piala Dunia 2022.

Sebelumnya, Ramon Menezes dan Fernando Diniz bergantian menjadi caretaker selama lebih dari satu tahun.

Di bawah kepemimpinannya, Dorival menghadapi tantangan besar dengan harapan tinggi dari penggemar dan media.

Meski hasil di Copa America 2024 tidak sesuai harapan, Dorival diberi mandat untuk mempersiapkan tim menuju kualifikasi Piala Dunia yang akan dimulai dalam dua bulan.

Performa Brasil di Copa America 2024

Pada Copa America 2024, Brasil menghadapi berbagai kesulitan, mereka hanya meraih satu kemenangan di fase grup melawan Paraguay, sementara ditahan imbang oleh Kosta Rika dan Kolombia.

Hasil tersebut menempatkan Brasil sebagai runner-up Grup D, yang mengharuskan mereka menghadapi Uruguay di perempat final.

Dalam pertandingan tersebut, Brasil gagal mencetak gol dalam waktu normal dan akhirnya kalah dalam adu penalti dengan skor 2-4.

Hal ini memperpanjang puasa gelar Brasil yang terakhir kali mereka raih pada Copa America 2019.

Tantangan Brasil di Tengah Perubahan

Brasil datang ke Copa America 2024 tanpa diperkuat Neymar yang mengalami cedera dan sebagai gantinya, Dorival memanggil sejumlah pemain muda untuk memperkuat tim.

Baca Juga  Ternyata Wasit Final Euro 2024 Semalam Adalah Musuh Bebuyutan Indonesia

Meski pemain-pemain muda ini menunjukkan potensi, mereka belum mampu memberikan dampak signifikan dalam turnamen tersebut.

Keputusan CBF untuk tetap mempertahankan Dorival Junior menunjukkan fokus mereka pada proses jangka panjang.

Dorival dan stafnya memahami aspek-aspek yang perlu diperbaiki dalam tim, dengan adanya pemain muda yang mulai dipanggil, ada harapan bahwa proses pembangunan tim ini akan membuahkan hasil di masa mendatang.

CBF percaya bahwa dengan stabilitas dan waktu yang cukup, Dorival dapat membawa perubahan positif bagi tim nasional Brasil.

Dukungan dari Federasi dan Penggemar

Meski menghadapi tekanan besar, Dorival Junior mendapat dukungan penuh dari Federasi Sepakbola Brasil.

Presiden CBF, Ednaldo Rodrigues, menegaskan bahwa Dorival memiliki pemahaman mendalam tentang apa yang perlu ditingkatkan dalam tim.

Dorival juga menyadari tanggung jawab besar yang diembannya untuk mengembalikan Brasil ke puncak kejayaan sepak bola dunia.

Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan menjadi ujian berikutnya bagi Dorival dan timnya dan diperlukan persiapan yang matang dan dukungan penuh dari federasi, Brasil berharap dapat meraih kesuksesan yang lebih besar di ajang internasional mendatang.

Keputusan untuk mempertahankan Dorival Junior menegaskan komitmen CBF terhadap pembangunan tim nasional Brasil secara berkelanjutan.

banner 336x280