Lionel Messi Raih Balon D’or 2023-2024, Netizen : Anak Kesayangan FIFA

Lionel Messi Raih Balon D’or 2023-2024, Netizen : Anak Kesayangan FIFA

SCORE.CO.ID – Penghargaan Balon D’or diumumkan Selasa, dini hari ( 31/10/2023 ), beberapa kandidat sudah masuk dalam daftar nominasi, termasuk Halaman dan Lionel Messi.

Dari 30 kandidat, Lionel Messi kembali mendapat penghargaan ke 8 setelah mengalahkan rival terberatnya Erling Haaland.

Bintang Inter Miami itu menjadi yang teratas dalam daftar kandidat 30 pemain putra, mengalahkan bintang Manchester City Erling Haaland. 

Haaland memenangkan treble bersama Manchester City musim lalu, mengklaim Liga Champions, Liga Premier, dan Piala FA. 

Mantan pemain Barcelona itu memiliki musim 2022-23 yang patut dikenang, memimpin Argentina meraih kejayaan Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar tahun lalu.

“Ini adalah hadiah untuk seluruh tim Argentina atas apa yang kami capai,” kata Messi di atas panggung setelah menerima penghargaan dari David Beckham di Balon D’or, Selasa (31/10/2023 ) dini hari tadi.

Messi juga mendedikasikan trofi tersebut untuk mendiang legenda Argentina Diego Maradona, yang akan merayakan ulang tahunnya yang ke-63 pada hari Senin.

“Selamat ulang tahun Diego. Ini untuk penghargaan untukmu juga,” ucapnya.

Messi mendapatkan perubahan terkini yang berarti penghargaan didasarkan pada rekor pemain selama musim lalu, bukan berdasarkan tahun kalender.

Meski berusia 36 tahun dan ia juga berhasil memenangkan Ballon d’Or pertamanya pada tahun 2009. Dengan delapan gelar, ia kini unggul tiga gol dari rival lamanya Cristiano Ronaldo, pemain dengan penghargaan terbanyak berikutnya dalam sejarah penghargaan tersebut.

Masih harus dilihat apakah Messi akan kembali masuk dalam nominasi penghargaan tersebut, yang dipilih oleh seorang jurnalis di masing-masing dari 100 negara teratas dalam peringkat FIFA.

Tetapi ada saja Netizen yang mencibiri penyerang berusia 36 tahun tersebut, meskipun alasan kuat FIFA memilih Lionel Messi menjadi peraih terkuat Balon D’or.

anak kesayangan fifa SCORE.CO.ID

Alasan Lionel Messi Terpilih Raih Balon D’or

Baca Juga  La Liga eSports Keluarkan List Pemain yang Didaftarkan Balon D'or, Siapa Saja Mereka?

Tentu saja karena ia berhasil raih Piala Dunia Qatar 2022, Kemenangan di Qatar membawa messi memenangkan setiap turnamen untuk negaranya. 

Di final Piala Dunia, Argentina berkuasa melawan Perancis, untuk memastikan kemenangan adu penalti 4-2, setelah pertandingan berakhir dengan hasil imbang 3-3 yang mendebarkan.

Usai Piala Dunia, pemain Argentina itu gagal mereplikasi performanya di musim Ligue 1 2022-23 karena PSG gagal menjuarai Liga Champions UEFA namun sukses mempertahankan gelar Ligue 1 mereka. 

Meski membantu mereka memenangkan gelar Ligue 1, pemain Argentina itu menjalani masa jabatan yang mengecewakan di Prancis dan juga dicemooh oleh penggemar di pertandingan terakhirnya bersama tim tersebut. 

Akhirnya ia meninggalkan PSG sebagai agen bebas, Messi kemudian bergabung dengan Inter Miami dengan transfer yang menakjubkan.

Kepindahannya ke MLS menjadi berita utama karena ia menolak pemain seperti Al Hilal dan FC Barcelona.  Dia dikaitkan dengan klub Liga Pro Saudi Al Hilal, yang dilaporkan menawarinya sejumlah besar uang. 

Sementara itu, Barcelona dianggap sebagai tujuan favoritnya, namun kondisi keuangan klub yang buruk membuat perpindahan tersebut tidak mungkin dilakukan. 

Pada tahun 2023, Messi mengantongi dua gelar klub, mengantongi gelar Ligue 1 bersama PSG dan juga memenangkan Piala Liga bersama Miami. Tujuh Ballon d’Or lainnya diraihnya pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021. 

Sementara itu, ia juga mendapat penghargaan Pemain Pria Terbaik FIFA tahun 2022, setelah membawa Argentina meraih gelar Copa America pada tahun 2021.

Dengan hasil ini senyum gembira ada diwajahnya, ia pun langsung berkomentar dihadapan penonton Balon D’or tersebut.

“Saya tidak memikirkan masa depan jangka panjang. Saya hanya menikmati hari-hari saat ini,” katanya.