Pesan Mendalam Pelatih usai Jonatan Christie Juarai French Open 2023

Pesan Mendalam Pelatih usai Jonatan Christie Juarai French Open 2023

Pesan Mendalam Pelatih usai Jonatan Christie Juarai French Open 2023

Score – Bangga sekaligus terharu menjadi gambaran dari pancaran wajah Irwansyah tatkala melihat salah satu anak didiknya, Jonatan, sukses menjuarai French Open 2023.

Pada final yang berlangsung di Glaz Arena, Rennes, Prancis, Minggu (29/10/2023), Jonatan memenangi duel sesama peraih emas Asian Games beda edisi.

Berstatus unggulan lima, ia mampu menundukkan Li Shi Feng (China) yang merupakan unggulan kedelapan dengan skor 16-21, 21-15, 21-14 dalam laga tiga gim berdurasi 80 menit.

Kemenangan tersebut sekaligus menjaga rekor head-to-head Jonatan terhadap juara All England Open 2023 itu masih sempurna.

Jonatan mengantongi keunggulan 4-0 dalam empat kali perjamuan melawan Li.

Selain itu, ia juga sekaligus membalaskan kekalahan kompatriotnya, Anthony Sinisuka Ginting, yang dikalahkan Li Shi Feng pada babak perempat final.

Tak berhenti di situ, keberhasilan Jonatan merengkuh gelar French Open 2023 juga meng-upgrade perolehannya setelah final sebelumnya di Negeri Mode pada 2019.

Kala itu, Jonatan harus puas jadi runner-up French Open setelah kalah dari jawara Negeri Tirai Bambu lainnya yaitu Chen Long.

Hasil ini juga memastikan pemain besutan PB Tangkas itu mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai tunggal putra Indonesia kedua yang berhasil memenangi French Open.

Jonatan mengikuti jejak Taufik Hidayat yang merengkuh gelar French Open pada 2010.

Afirmasi positif yang ditunjukkan Irwansyah sepanjang laga sangat membantu permainan Jonatan.

Terutama saat Irwansyah menyadarkan kepada anak didiknya dari segi mental bertanding bahwa sang pemain memiliki kemampuan untuk menang.

“Alhamdulillah Jonatan bisa Juara di French Open 2023,” ungkap Irwansyah yang juga sujud syukur setelah momen kemenangan Jojo, dalam keterangan resmi dari PBSI.

“Dari keseluruhannya hasil nya sangat memuaskan,” tandasnya.

Baca Juga  Djokovic akan kembali No.1 dunia seusai Alcaraz kalah di Miami Open

Irwansyah berharap, gelar juara dari French Open 2023 akan menjadi pelecut semangat bagi Jonatan di tengah krisis kepercayaan diri yang belakangan menimpanya.

Apalagi, itu juga merupakan gelar pertama Jonatan dari turnamen level World Tour Super 750, paling tinggi yang pernah diraihnya.

“Jonatan juga saya berharap dari hasil juara di sini, semoga lebih konsisten terus di setiap kejuaraan,” harap Irwansyah.

“Dan semoga kepercayaan dirinya lebih naik lagi,” imbuh dia.

Di sisi lain, Irwansyah juga mengapresiasi perjuangan Anthony Sinisuka Ginting yang harus tersingkir di tangan Li Shi Feng pada perempat final.

Pekerjaan rumah Ginting kini menambah kekuatan otot demi pergerakan kaki yang lebih lincah.

“Ginting pun walau terhenti di babak delapan besar, tapi dari keseluruhan permainan nya sudah menunjukkan terus kemajuan,” ucap Irwansyah.

“Hanya memang nanti selesai dari French Open ini, pulang ke Jakarta mau dikuatkan lagi kekuatan otot kakinya,” tandasnya.