Analisis La Liga : Araujo ata Cancelo? Xavi Dilema Besar Jelang El-Clasico

Analisis La Liga : Araujo ata Cancelo? Xavi Dilema Besar Jelang El-Clasico

Barcelona versus Real Madrid adalah pertandingan panas yang menjadi pusat perhatian dunia sebagai lambang sepak bola klub, dan Xavi sudah sangat familiar dengannya. 

Direncanakan pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Montjuic, pertandingan ini memiliki pertaruhan yang dapat mempengaruhi perjalanan liga mereka masing-masing.

Kini menjelang El-Classico, Xavi justru dilema pemain mana yang akan diturunkan, mengingat Cancelo masih belum fit untuk pertandingan berikutnya.

Mengingat itu, Araujo bersiap untuk menjadi tandem bek utama menghadapi Real Madrid pada 28 Oktober dini hari nanti.

Dampak El Clasico Saat Araujo Bermain

Seperti yang kami kutip oleh SPORT , salah satu keputusan taktis penting yang berhasil diterapkan Xavi di El Clasico sebelumnya adalah menempatkan Ronald Araujo di sayap kanan pertahanan.

Melawan lawan dengan pemain sayap kiri yang kuat, pemain Uruguay ini hampir selalu datang untuk menyelamatkan pertahanan. Soliditas pertahanan dan keunggulan fisiknya sulit ditandingi oleh para Winger lawan yang lincah.

Khususnya melawan Real Madrid dan Vinicius Jr, Araujo telah menjadi komponen kunci untuk menahan Los Blancos. 

Namun dilemanya adalah kegunaan Joao Cancelo kali ini. Bintang Portugal, yang dipinjamkan dari Manchester City, sangat berperan penting bagi Xavi di Barcelona musim ini.

Kondisi Cancelo tidak terlalu baik tapi penting untuk mencegah Vini di posisi sayap, Araujo kemungkinan harus menjadi pengganti untuk mengisi diposisi bek utama.

Cancelo vs Araujo, Mana yang Harus Dipilih?

Terutama, kontribusi ofensifnya membuat tim terasa lebih dinamis. Menciptakan peluang, mencetak gol penting, dan memberikan stabilitas saat menguasai bola, Cancelo adalah seorang jenius teknis dalam tim.

Namun, aspek pertahanannya terkadang kurang dan mengecewakan tim Catalan. Bukan bek yang buruk, namun posisinya yang maju sering kali meninggalkan celah.

Baca Juga  Ini Daftar Top Assist La Liga Spanyol 2023/2024 Sementara

Ini menjadi salah satu alasan Barcelona kebobolan begitu banyak musim ini. Meskipun upaya terbaik Ter Stegen, mereka kebobolan lebih banyak dibandingkan musim lalu. Oleh karena itu, Xavi kini menghadapi kesulitan karena harus memutuskan antara bintang Uruguay dan Portugal.

Meskipun Araujo pada dasarnya adalah bek tengah, penyesuaiannya sebagai bek kanan seringkali luar biasa untuk dilihat. Pemain Uruguay ini tidak memberikan kedalaman serangan yang sama seperti Cancelo, namun ia memungkinkan pertahanan yang jauh lebih kuat. Oleh karena itu, Xavi harus memutuskan tindakan mana yang patut ia percayai.

Apa Katanya?

Dalam konferensi pers baru-baru ini, dia menyebutkan bahwa dia tidak akan melakukan perubahan taktis yang tidak masuk akal. Menyoroti bahwa dia percaya pada cara mereka melakukan sesuatu, dia menyatakan:

“Ini bukan waktunya untuk bereksperimen atau mencoba hal-hal yang tidak biasa. Saatnya bersikap praktis dan menunjukkan gaya bermain kita. Kami tidak akan memperkenalkan inovasi besar apa pun. Apa yang telah kami lakukan telah bekerja dengan baik untuk kami. Kami harus tetap pada jalur yang kami tempuh dan tidak terlalu banyak bereksperimen.”

6 SCORE.CO.ID

Xavi punya waktu beberapa hari hingga El Clasico mulai sekarang, dan dia harus membuat keputusan terakhirnya saat itu. Namun, sampai saat itu tiba, masalah mendesak lainnya adalah pemulihan para bintang yang cedera.

Pedri, Frenkie De Jong, Robert Lewandowski, dan Raphinha semuanya memiliki peluang untuk tampil tepat waktu di El Clasico, tetapi hari-hari mendatang akan sangat penting dalam menentukan siapa di antara mereka yang benar-benar mampu melakukannya.