Arkhan Kaka Dicoret, Sumardji Ungkap Butuh Striker Murni

Arkhan Kaka Dicoret, Sumardji Ungkap Butuh Striker Murni
Arkhan Kaka Dicoret Timnas, Sumardji beri tanggapan, , (c) SCORE.CO.ID/T

SCORE.CO.ID – Jelang Kualifikasi Piala Asia U20 malam ini pukul 19.00 WIB, Indra Sjafri mencoret beberapa pemain termasuk Arkhan Kaka.

Arkhan Kaka tidak ada dalam daftar 23 pemain Timnas Indonesia U-20 untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. 

Alasannya pun dijelaskan oleh Kepala Badan Tim Nasional, Sumardji.

Sumardji menyampaikan Arkhan Kaka dicoret sebab pertimbangan teknis tim kepelatihan Timnas Indonesia U-20 yang sudah memiliki 2 striker, yakni Jens Raven dan Muhammad Ragil.

Meski begitu, Sumardji berharap Akrhan Kaka terus berproses bersama klubnya, Persis Solo, agar bisa masuk kembali dalam skuad Timnas Indonesia U-20.

Sebelumnya, Arkhan Kaka sempat masuk dalam daftar 30 pemain Timnas Indonesia U-20 yang mengikuti pemusatan latihan sebelum kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Ia diikutsertakan dalam ajang Seoul Earth on Us Cup 2024. Ia juga sempat menjadi andalan Skuad Garuda Nusantara. 

Namun, Arkhan Kaka mulai tergeser setelah Jens Raven masuk pada ajang Piala AFF U-19 2024. Ia juga kalah saing dengan Muhammad Ragil. 

Memang realistisnya Sumardji mengatakan bahwa pilihan jatuh kepada Jens Raven dan Muhammad Ragil karena naluri insting mencetak gol lebih kuat.

Oleh karena itu, Arkhan Kaka bersama Ousmane Maiket Camara yang berposisi sebagai pemain bernomor sembilan harus tersisih dari Garuda Nusantara.

“Pertimbangan teknis dari tim kepelatihan Timnas Indonesia U-20,” ujar Sumardji mengenai pencoretan Arkhan Kaka dilansir dari laman Bolacom, Rabu (25/9/2024).

Ia juga mengatakan bahwa Kaka harus bisa bersaing dengan striker murni.

“Sebab, ia harus bersaing dengan empat striker yang ada. Sementara, kebutuhan hanya dua penyerang,” jelas Sumardji soal lini depan Timnas Indonesia U-20.

Apalagi Sumardji menilai bahwa melihat performa Kaka kurang bagus di klubnya, dan berharap dirinya meningkatkan performa terlebih dulu.

Baca Juga  Timnas U-23 Indonesia Kalah dari Uzbekistan, Exco PSSI Singgung Wasit VAR asal Thailand Sivakorn Pu-Udom

“Dengan kembali ke klub dia, harapannya ia bisa meningkatkan performa dan bisa kembali dipanggil ke Timnas Indonesia U-20, sebelum dipanggil lagi,” terangnya.

Ravens sendiri akan dimainkan sebagai striker kunci malam nanti, dengan pencoretan Kaka setidaknya kini Timnas U20 punya 3-4 striker.