Coach Justin Minta STY Terkait Elkan Baggot: Turunin Ego Lu

Coach Justin Minta STY Terkait Elkan Baggot: Turunin Ego Lu

SCORE.CO.ID – Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026, Coach Justin yang merupakan Pengamat Sepakbola Tanah Air, meminta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tak egois terkait pemanggilan Baggott. Sebelumnya, Baggott tidak mendapat panggilan saat tim Garuda bermain melawan Irak dan Filipina.

Shin Tae-yong sempat kesal dengan salah satu pemainnya yakni Elkan Baggott. Pesepakbola yang baru bergabung dengan Blackpool FC itu membuat kesal sang manajer karena tidak mengindahkan perintahnya.

Jadi usai Piala Asia U23 2024, Timnas Indonesia masih punya laga penting yakni play-off Olimpiade Paris 2024. Tim Garuda mengikuti babak play-off karena di Piala Asia U23 pasukan Shin Tae-yong. berada di posisi keempat. 

Alhasil, untuk memperebutkan tiket ke Olimpiade Paris 2024, mereka harus menghadapi tim Afrika U23 asal Guinea.

Sayangnya, saat diminta datang ke Prancis, lokasi penghalang jalan, Elkan Baggott menghilang. Ia lebih memilih berlibur ketimbang bermain bersama timnas Indonesia. Tanpa Baggott, tim Garuda saat itu dikalahkan Guinea dengan skor tipis 1-0.

Alhasil, Shin Tae-yong pun geram. Dia tidak dapat memahami keputusan yang diambil Baggott. Bahkan, Shin Tae-yong yang kesal saat itu hingga memberikan hukuman yang cukup berat kepada anak angkatnya.

Dalam dua laga terakhir babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak dan Filipina, STY tidak memanggil Baggott. 

Faktanya, dalam banyak pertandingan timnas Indonesia sebelumnya, sang pemain selalu mendapat panggilan. Namun, kali ini STY untuk pertama kalinya mengabaikan pesepakbola berposisi bek tengah tersebut.

Beredar rumor kalau Shin sengaja tidak menelepon Baggott karena kesal. Ya, tak ayal Baggott diabaikan karena Shin Tae-yong marah karena tidak menjawab panggilannya saat babak play-off Olimpiade Paris.

Baca Juga  Mulus! PSSI Lempar Pujian untuk Shin Tae-yong soal Pilihan Tempat TC Timnas Indonesia

Dan kini, dalam waktu dekat, tim Garuda akan kembali tampil di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab Saudi dan Australia. Dalam dua laga tersebut, tim Garuda tentunya wajib mempersiapkan timnya sebaik mungkin. 

Sementara itu, nasib Baggott bersama timnas Indonesia masih simpang siur. Apakah ia akan diabaikan lagi atau kembali ke timnas Indonesia?

Terkait hal tersebut, salah satu pengamat sepak bola Indonesia, pelatih Justin, meminta Shin Tae-yong menurunkan egonya. Justin meminta STY untuk membawa Baggott kembali ke Tim Garuda.

Apalagi di laga berikutnya, Timnas Indonesia dipastikan tidak diperkuat Jordi Amat dan Justin Hubner karena keduanya tengah menjalani hukuman akibat akumulasi kartu kuning dan merah.

Justin sendiri menyebut permasalahan yang muncul antara Baggott dan Shin Tae-yong murni karena perbedaan budaya.

“Analisis saya tentang kurangnya komunikasi antara dua orang ini lebih pada perbedaan budaya. Karena saat timnas bermain, Elkan tidak dipanggil, dia dipanggil setelah pertandingan berakhir (Piala AFF U -23), Kata Pelatih Justin.

“Meski menurut Shin Tae-yong itu Anda, negara ini membutuhkan Anda, inilah perbedaan budaya Barat dan Asia, jadi tidak perlu menjauh darinya,” ujarnya.

“Dengan situasi dan kondisi seperti ini, Shin Tae-yong harus sadar bahwa kita membutuhkan Elkan. Dengan absennya dua orang (Jordi Amat dan Justin Hubner), kalau saya bilang turunkan egonya, panggil Elkan dan Elkan siap,” tutupnya lagi.