Museum di Gansu, China, luncurkan pameran digital bambu dan kayu kuno

Score – Museum Jiandu Gansu di Provinsi Gansu, China barat laut, pada Minggu (1/10) meluncurkan empat pameran daring yang berkaitan dengan budaya Jiandu kuno.

“Jiandu” adalah lembaran-lembaran bambu dan kayu yang digunakan masyarakat China kuno untuk menulis memakai tinta dan kuas sebelum ditemukannya kertas.

Pameran tersebut menampilkan gambar-gambar beresolusi tinggi dari berbagai artefak kebudayaan museum, disertai dengan penjelasan teks dan suara yang detail untuk membantu para pengunjung mendapatkan pemahaman yang lebih dalam mengenai benda-benda yang dipamerkan, ujar Xu Rui, deputi kurator museum.

Pameran digital tersebut juga mencakup berbagai pengalaman interaktif, seperti tantangan teka-teki dan permainan membuat Jiandu, yang bertujuan menarik pengunjung muda, kata Xu.

Museum tersebut merupakan satu-satunya museum tingkat provinsi di China yang berfokus pada lembaran-lembaran bambu dan kayu. Museum itu memiliki koleksi hampir 40.000 lembaran bambu dan kayu yang berasal dari Dinasti Qin (221-207 SM) dan Dinasti Jin Barat (265-317), serta menyimpan lebih dari 10.000 artefak lainnya, termasuk kertas, tekstil, peralatan kayu, kerajinan pernis, dan peralatan besi.

Baca Juga  BKSDA sebut video orang utan viral di Medsos bukan di daerah Sultra