Klub BRI Liga 1 Bersih-Bersih Siap Membuka Kiran Musim Baru 2024/2025

Klub BRI Liga 1 Bersih-Bersih Siap Membuka Kiran Musim Baru 2024/2025

SCORE.CO.ID – BRI Liga 1 musim 2024/2025 akan dimulai kurang dari sebulan lagi, tepatnya pada 9 Agustus 2024. 

Beberapa klub dari Liga 1 sudah mulai siap-siap bersih-bersih, seperti aktif dalam bursa transfer, juga melakukan laga pemanasan.

Tidak hanya pemain, sejumlah tim juga mendatangkan jajaran pelatih baru. Seperti dilakukan PSS Sleman. Pada musim mendatang klub berjulukan Super Elang Jawa itu akan dilatih juru taktik berkebangsaan Brasil-Jepang, Wagner Lopes.

PSS juga merombak pemain asingnya. Kini sudah ada tujuh legiun impor yang direkrut, yakni Cleberson, Moon Chang-jin, Danilo Alves, Betinho Filho, Alan Bernardon, Gustavo Tocantins, hingga Phil Ofosu-Ayeh.

Menariknya, pada musim depan PSS Sleman memiliki staf pelatih khusus sebagai penerjemah. Sosok yang dimaksud adalah Claudio Luzardi. Pria asal Brasil itu bukan nama baru di persepakbolaan Tanah Air.

Sebelum ke PSS Sleman, Claudio pernah lama menjadi interpreter Madura United di Liga 1.

Kehadiran Claudio Luzardi jadi angin segar bagi skuad Laskar Sembada. Peran penerjemah memang sangat dibutuhkan PSS Sleman. Apalagi, komunikasi sempat menjadi kendala tim ketika dibesut pelatih asal Rumania, Marian Mihail, pada putaran pertama Liga 1 musim lalu.

Dalam beberapa kesempatan, Marian Mihail cukup kesulitan memberikan instruksi kepada para pemain di lapangan. Mihail memang berbicara bahasa Inggris, namun dengan aksen Eropa Timur yang mungkin sulit dipahami.

“Dalam momen tertentu muncul kesulitan itu (bahasa). Terkadang saya berbicara dengan Kevin Gomes dan Kim Jeffrey untuk translate, karena ada beberapa pemain yang bilang oke tetapi ternyata belum terlalu menangkap apa yang disampaikan,” kata Marian Mihail kala itu.

“Kehadiran Luzardi sebagai penerjemah menurut saya sangat membantu sekali dalam menyampaikan apa yang diinginkan pelatih kepala. Apa yang disampaikan sebagai sebuah penerjemah sesuai dengan apa yang pelatih bilang,” ujar Leo.

Baca Juga  Bursa Transfer BRI Liga 1 12 Juli 2024: Semen Padang Datangkan Pemain Bekas MU, dan Malut United Tak Mau Kalah

“Jadi pemain lebih jelas. Apalagi ditambah karena memang Luzardi itu adalah mantan pemain sepak bola. Itu membuat semuanya menjadi lebih mudah,” sambung pria berusia 41 tahun itu.

Juga Arema FC mereka sudah mengganti keseluruhan staff dan juga mendatangkan pemain baru, itu terbukti di Piala Presiden 2024 mereka berhasil menikmati kemenangan di laga perdana.

Arema mendatangkan pelatih baru Joel Cornelli, juga mengubah strategi seperti memperdalam lini latihan.

Tak kalah yang terakhir juga ada klub Persebaya membeli beberapa pemain bintang seperti Malik Risaldi, juga striker Flavio Silva.

Persebaya juga membeli bek untuk memperbaiki lini pertahanan mereka yang keropos, seperti mereka mendatangkan Randy Hanson dan Rizky Dwi Pangestu.