7 Wonderkid yang Tampil di Piala Dunia U-17, Ada yang Satu Grup dengan Timnas Indonesia U-17

7 Wonderkid yang Tampil di Piala Dunia U-17, Ada yang Satu Grup dengan Timnas Indonesia U-17

7 Wonderkid yang Tampil di Piala Dunia U-17, Ada yang Satu Grup dengan Timnas Indonesia U-17

Score – Indonesia tampil sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, sebuah penghormatan besar bagi negara ini. Ajang prestisius ini dijadwalkan akan dimulai pada 10 November mendatang, dan sudah mendekati waktu pelaksanaannya.

Undian babak grup untuk turnamen ini telah dilakukan di markas FIFA, Zurich, Swiss, pada Jumat 14 September 2023. Indonesia berada dalam grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko.

Timnas Indonesia U-17 telah melakukan persiapan intensif untuk menghadapi Piala Dunia U-17 2023. Skuad yang dikomandoi oleh pelatih Bima Sakti terus menjalani proses seleksi ketat di Jakarta. Mereka berusaha keras untuk mempersiapkan diri dan tampil maksimal di ajang internasional ini.

Selain itu, skuad Garuda Muda juga terbang ke Jerman untuk menggelar pemusatan latihan. Arkhan Kaka dan rekan-rekannya akan tinggal cukup lama di negara tersebut, di mana mereka akan berlatih dengan keras dan menghadapi beberapa laga uji coba yang akan menjadi bagian penting dari persiapan mereka.

ADVERTISEMENT

Nah dalam ajang tersebut terdapat nama-nama pemain yang dinilai sebagai wonderkid masing-masing negara. Siapa saja wonderkid yang bakal tampil di Piala Dunia U-17 ? Simak selengkapnya.

Claudio Echeverri, baru berusia 17 tahun, pemain kelahiran Resistencia, Argentina, pada 02 Januari 2006, memulai karier sepak bolanya bergabung dengan tim akademi River Plate. Dia berposisi sebagai gelandang serang di River Plate. Penampilannya di Timnas Argentina U-17 juga sangat memukau dengan total 8 gol dari 17 kali penampilan.

Pada Januari 2023, baru Echeverri dipromosikan ke tim B River Plate. Di sana, ia dituntut untuk berkembang dengan pemain muda lain.Penampilannya yang sangat apik membuat pemain ini diincar raksasa Liga Spanyol, Real Madrid.

Rayan Vitor Simplicio Rocha, yang dikenal sebagai Rayan , adalah seorang pemain sepak bola Brasil yang bermain sebagai penyerang untuk Vasco da Gama. Lahir di Rio de Janeiro, Rayan bergabung dengan Vasco da Gama saat berusia enam tahun.

Baca Juga  Harapan Ryan Garry ke Pemain Timnas U-17 Inggris setelah Disingkirkan Uzbekistan dari Piala Dunia U-17 2023

Dia mencatatkan namanya sebagai pencetak gol yang produktif, dengan mencetak 280 gol pada usia sebelas tahun. Performanya yang impresif berlanjut ketika dia bermain untuk tim U-17 Vasco, di mana dia mencetak 29 gol dalam 34 pertandingan pada tahun 2022. Penampilannya menarik perhatian klub Spanyol, Barcelona.

Lamine Yamal Nasraoui Ebana dinilai sebagai wonderkid yang digadang menjadi The Next Messi. Dia bermain sebagai pemain sayap kanan untuk klub La Liga Barcelona dan tim nasional Spanyol. Pada tahun 2023, ia mewakili tim U17 Spanyol dalam Kejuaraan U17 Eropa 2023 dengan Yamal mencetak 4 gol selama turnamen tersebut.

Pada usia 16 tahun dan 50 hari, Yamal menerima panggilan internasional senior pertamanya pada 1 September 2023 oleh pelatih Luis de la Fuente untuk kualifikasi Euro 2024 melawan Georgia dan Siprus. Yamal membuat debut senior untuk Spanyol melawan Georgia pada 8 September 2023, mencetak gol pada menit ke-74 dalam kemenangan 7-1. Dengan usia 16 tahun dan 57 hari, ia menjadi pemain termuda dan pencetak gol termuda untuk Spanyol, mengalahkan rekor-rekor Gavi yang debut pada usia 17 tahun dan 62 hari serta mencetak gol pada usia 17 tahun dan 304 hari.

Paez menjadi bagian dari Independiente del Valle pada tahun 2018, ketika dia baru berusia 12 tahun. Kehebatannya terlihat di tim muda klub ini, dan prestasinya mencapai puncak ketika dia dinobatkan sebagai pemain terbaik dalam Turnamen Next Generation Trophy 2022 yang diadakan di Salzburg, Austria.

Talenta Paez menarik perhatian klub-klub ternama seperti Borussia Dortmund dari Jerman dan Manchester United dari Inggris. Meskipun begitu, pada bulan Desember 2022, tawaran pertama untuk membeli Paez yang diajukan oleh Setan Merah (Manchester United) harus ditolak. Namun, Kendry Paez resmi akan bergabung dengan Chelsea ketika usianya genap 18 tahun.

Baca Juga  Sandiaga gantikan Menteri ESDM hingga awal September

Adam Boufandar adalah seorang pemain sepak bola profesional yang berposisi sebagai gelandang untuk Juventus. Meskipun lahir di Italia, dia mewakili Maroko di tingkat internasional pemuda.

Boufandar memiliki kewarganegaraan ganda dan bisa mewakili Italia, Polandia, dan Maroko melalui orangtuanya. ia kabarnya menolak panggilan untuk bergabung dengan tim Italia U-17 dalam Kejuaraan Eropa U-17 UEFA 2023, memilih untuk tetap mewakili Maroko di tingkat pemuda internasional.

David Enmanuel Martínez Morales adalah seorang pemain sepak bola Venezuela yang bermain sebagai penyerang untuk Monagas. Pada bulan Januari 2023, ia dipanggil untuk bergabung dengan skuad Venezuela U-20 dalam Kejuaraan Amerika Selatan U-20 2023, di mana Venezuela finis di peringkat kelima.

Martínez kemudian dipanggil untuk menjadi kapten skuad Venezuela U-17 dalam Kejuaraan Amerika Selatan U-17 2023. Ia tampil gemilang dalam turnamen tersebut dengan mencetak gol dalam tiga pertandingan pertama Venezuela, dan kemudian mencetak gol dalam kemenangan 2-0 melawan Paraguay di fase final, sehingga membawa Venezuela lolos ke Piala Dunia U-17 FIFA 2023. Atas penampilannya yang gemilang, ia diakui sebagai pemain bintang Venezuela dalam turnamen tersebut.

Kaua Elias Nogueira adalah seorang pemain sepak bola Brasil yang bermain sebagai penyerang untuk Fluminense. Meskipun dia berposisi sebagai penyerang, Elias lebih sering memberikan assist daripada mencetak gol dalam awal kariernya bersama Fluminense.

Pada bulan Januari 2023, Elias pertama kali dipanggil untuk bergabung dengan tim Brasil U-17. Dia kemudian dipanggil lagi untuk mengikuti Kejuaraan U-17 Amerika Selatan 2023, dan dalam pertandingan pertama melawan Ekuador, dia mencetak dua gol, meskipun timnya hanya bermain imbang 2-2 dalam pertandingan tersebut.***