Update: Prediksi Starting XI Timnas Indonesia

Update: Prediksi Starting XI Timnas Indonesia

SCORE.CO.ID – Timnas Indonesia terus memperkuat skuad mereka dengan menaturalisasi pemain keturunan dan langkah ini tentunya diambil oleh PSSI untuk memastikan bahwa Skuad Garuda dapat bersaing di level Asia, bahkan dunia.

Salah satu pemain terbaru yang dinaturalisasi adalah Calvin Verdonk, seorang bek kiri yang bermain untuk NEC Nijmegen. Verdonk menghadiri langsung rapat kerja Komisi III dan Komisi X di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, pada 3 Juni 2024, didampingi oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

Kehadiran Calvin Verdonk

Calvin Verdonk adalah pemain serba bisa yang dapat bermain sebagai bek kiri, bek tengah, atau gelandang bertahan dan jika melihat kebutuhan Timnas Indonesia saat ini, kemungkinan besar ia akan dipersiapkan sebagai bek kiri.

Posisi ini sudah ditempati oleh Shayne Pattynama dan Pratama Arhan, sehingga kehadiran Verdonk akan menambah persaingan di posisi tersebut.

Pelatih Shin Tae-yong dikenal gemar menggunakan formasi 3-4-3 atau 3-5-2 dan dalam formasi ini, dua wingback harus memiliki kemampuan bertahan dan menyerang yang sama baiknya.

Verdonk dinilai memiliki kemampuan tersebut, sehingga ia diprediksi akan menjadi pilihan utama di posisi bek kiri.

Kiper

Untuk posisi kiper, Ernando Ari Sutaryadi dari Persebaya Surabaya masih menjadi pilihan utama Shin Tae-yong, selain Ernando, ada beberapa nama lain seperti Muhammad Adi Satryo, Nadeo Argawinata, dan Syahrul Trisna Fadhillah yang sering dipanggil sebagai pelapis.

M Riyandi dari Persis Solo juga tidak bisa diabaikan, jika sengketa terkait kiper keturunan Maarten Paes yang dibawa PSSI ke CAS selesai, maka persaingan di posisi ini akan semakin ketat antara Maarten Paes dan Ernando Ari.

Bek

Dalam formasi tiga bek yang sering digunakan oleh Shin Tae-yong, posisi ini biasanya diisi oleh Rizky Ridho, Jay Idzes, dan Jordi Amat.

Baca Juga  Presiden AFC Ucapkan Congrats Pada Timnas

Sandy Walsh juga bisa dipasang di posisi ini, bergantian dengan Jordi, selain mereka, ada Justin Hubner atau Nathan Tjoe-A-On yang juga bisa bermain sebagai bek.

Sayangnya, Elkan Baggott harus tercoret dari daftar sementara karena drama yang tengah berkembang saat ini.

Gelandang

Untuk dua gelandang tengah, Ivar Jenner dan Thom Haye sepertinya sudah dipatenkan oleh Shin Tae-yong dan dengan kedatangan mereka bahkan bisa menggusur Marc Klok dari skuad utama.

Di posisi bek sayap kanan, Asnawi Mangkualam Bahar atau Sandy Walsh akan menjadi pilihan, tergantung kebutuhan strategi dan kondisi mereka.

Di posisi bek sayap kiri, Shayne Pattynama dan Pratama Arhan harus bersaing dengan Calvin Verdonk, jika proses naturalisasi Verdonk selesai secara menyeluruh, ia diprediksi akan menjadi pilihan pertama Shin Tae-yong.

Meski tubuhnya tidak terlalu besar, Verdonk memiliki kecepatan dan kemampuan mengirim umpan serta melepaskan tendangan bebas dengan sangat baik.

Penyerang

Di lini depan, Shin Tae-yong sepertinya sudah punya skema pakem dengan Marselino Ferdinan, Rafael Struick, dan Ragnar Oratmangoen sebagai pilihan pertama.

Selain mereka, ada opsi lain seperti Yakob Sayuri, Muhammad Dimas Drajad, dan Malik Risaldi yang sangat potensial.

Jangan lupakan juga Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang bisa dipasang sebagai winger atau striker lubang.

Prediksi Formasi

Dengan semua pemain yang ada, berikut adalah prediksi formasi Timnas Indonesia bersama Calvin Verdonk dalam formasi 3-4-3:

● Kiper: Ernando Ari Sutaryadi

● Bek: Rizky Ridho, Jay Idzes, Jordi Amat

● Gelandang: Asnawi Mangkualam Bahar, Ivar Jenner, Thom Haye, Calvin Verdonk

● Penyerang: Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick

Dengan formasi ini, Timnas Indonesia diharapkan dapat tampil lebih solid dan kompetitif di masa mendatang.

Baca Juga  Pemain NEC Nijmegen Tertarik Bela Timnas Indonesia

Kehadiran Calvin Verdonk diharapkan dapat menambah kekuatan dan variasi taktik yang bisa digunakan oleh Shin Tae-yong, sehingga Skuad Garuda bisa bersaing lebih baik di level internasional.