Calon Lawan Indonesia di Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda Bakal Bersaing dengan 4 Tim Unggulan Ini

Calon Lawan Indonesia di Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda Bakal Bersaing dengan 4 Tim Unggulan Ini

Calon Lawan Indonesia di Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda Bakal Bersaing dengan 4 Tim Unggulan Ini

ScorePIKIRAN RAKYAT – Sebanyak 16 tim akan bertanding di Piala Asia U23 2024 Qatar yang berlangsung pada 15 April – 3 Mei 2024. Bagi Indonesia , ini menjadi kali pertama mereka bisa berlaga di putaran final Piala Asia U23 setelah melewati lima edisi sebelumnya.

Menarik menilik lawan Timnas Indonesia U23 di ajang ini. Pasalnya, skuad Garuda Muda bakal menghadapi lawan yang lebih berat dari 15 peserta Piala Asia U23.

Sebelumnya, Timnas Indonesia mengunci satu tempat di putaran final Piala Asia U23 2024 usai keluar sebagai juara Grup K. Indonesia mencatatkan dua kemenangan atas China Taipei 9-0, dan Turkmenistan 2-0 di babak kualifikasi yang digelar pada 6-12 September 2023.

ADVERTISEMENT

Selain Indonesia , ada 15 negara lain yang lolos ke putaran final Piala Asia U23 2024 , antara lain Qatar (tuan rumah), Yordania , Korea Selatan, Vietnam , Jepang, Uzbekistan, Irak, Uni Emirat Arab, Thailand, Australia, Arab Saudi, Indonesia , Kuwait, Tajikistan, China, dan Malaysia.

Baca Juga: Jadwal Terbaru Timnas Indonesia U23 usai Kualifikasi Piala Asia U23, Lawan China Taipei Lagi

Dari 16 peserta itu, akan dibagi menjadi 4 pot untuk diundi ke dalam empat grup yang terdiri dari empat negara. Biasanya, pembagian pot drawing didasarkan pada performa setiap tim di lima edisi Piala Asia U23 sebelumnya.

Karena Indonesia baru pertama kali tampil, kemungkinan besar skuad Garuda Muda bakal menempati pot 4 bersama Tajikistan, China, dan Malaysia yang masing-masing keluar sebagai runner-up grup. Sementara pot 1 akan diisi tuan rumah Qatar, juara bertahan Arab Saudi, runner-up Uzbekistan, dan Jepang yang finis di tempat ketiga.

Selanjutnya, di pot 2-3 akan diisi negara-negara lain seperti Australia, Korea Selatan, Irak hingga wakil ASEAN Vietnam. Berangkat dari sana, Indonesia bisa saja berhadapan dengan salah satu tim unggulan di pot 1, Australia atau Korea Selatan, dan tim ASEAN lainnya seperti Vietnam, dan Thailand.

Baca Juga  Singkirkan Jepang dari Piala Asia 2023, Pelatih Iran Sindir Korea Selatan dan Yordania yang Pilih Jalur Aman?

Baca Juga: Piala Asia U-23 2024 Qatar: Jadwal Pertandingan, Negara yang Lolos, dan Daftar Juara

Meski begitu, kepastian lawan Timnas Indonesia U23 di Piala Asia U23 tahun depan akan diputuskan lewat pembagian pot dan drawing resmi yang digelar AFC.

Sejauh ini AFC belum merilis jadwal lengkap Piala Asia U23. Pasalnya, turnamen ini masih harus melewati drawing atau undian pembagian grup. Namun, yang pasti jadwal penyelenggaraan secara umum sudah diumumkan. Piala Asia U23 akan digelar pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

Berkaca pada tuan rumah yang dipegang Qatar, penyelenggaraan Piala Asia U23 2024 kemungkinan besar bakal digelar di stadion-stadion yang digunakan pada Piala Dunia 2022 lalu.

Satu hal menarik dari Piala Asia U23 2024 adalah bahwa ajang ini akan menjadi kualifikasi untuk Olimpiade 2024 di Paris, Prancis. Nantinya, tiga wakil Asia bakal tampil di ajang bergengsi tersebut, yang diambil dari dua finalis, dan pemegang tempat ketiga.***