Score – Marquez terus memberikan tekanan pada MotoGP untuk memberikan pengaruh lebih besar kepada pembalap terhadap kinerja mesin mereka di peraturan mendatang.
Belum ada yang resmi, meskipun negosiasi sedang dilakukan untuk siklus lima tahun ke depan mengenai peraturan teknis yang dimulai pada 2027.
Perubahan utama diperkirakan akan melibatkan pengurangan ukuran mesin (dari 1.000 menjadi 850cc) dan aerodinamis, sementara perangkat ride-height dapat dilarang dan pembatasan bahan bakar yang lebih ketat akan diberlakukan.
Juara MotoGP enam kali itu menegaskan bahwa dia ingin melihat lebih banyak kendali di tangan para pembalap untuk menghasilkan pertunjukan balap yang lebih baik.
“Itu tergantung apakah Anda ingin memiliki kategori MotoGP untuk pertunjukannya, penontonnya, atau motor yang sempurna,” kata Marquez dilansir dari Crash.
“Saya lebih memilih untuk tampil di balapan ini,” ucap Marquez, yang telah beralih dari Honda ke Ducati musim ini untuk mencoba mengakhiri kekeringan kemenangan selama dua tahun.
“Jika Anda menghilangkan beberapa aerodinamis, jika Anda mengeluarkan beberapa perangkat (ride-height), semua hal ini, saya yakin untuk pertunjukan itu akan lebih baik. Karena sekarang jauh lebih sulit untuk menyalip dibandingkan dulu.”
“Motor yang sempurna berarti melaju dengan lebih aerodinamis, yang berarti waktu putaran akan lebih cepat.”
“Namun, orang-orang di rumah tidak menyadari apakah kami satu detik lebih cepat atau lebih lambat dari TV.”
“Jadi saya akan memilih cara ini: Lebih sedikit aerodinamis, semuanya lebih manual dan untuk pertunjukannya akan lebih baik.”
Sementara itu pembalap KTM, Jack Miller tidak peduli dengan ukuran mesin di masa depan.
“Kami mengendarai motor terbaik di dunia. Jika mesinnya 850cc atau 1200cc, kami akan mengendarainya,” ujar Miller.
Namun, pembalap asal Australia ini mengakui bahwa kecepatan yang memecahkan rekor membuat lintasan balap menjadi semakin kecil dan mengisyaratkan bahwa perubahan ukuran mesin juga dapat membantu Honda dan Yamaha mengejar merek-merek Eropa.
“Kami melaju cukup cepat sekarang. Bahkan dengan motor saya yang gendut, kami mampu melaju 360km/jam di Qatar!” kata Miller.
“Kami terus mendapatkan masalah ini, treknya semakin mengecil karena kecepatannya semakin tinggi. 360 memang tidak ideal, tetapi ini adalah puncak balap motor.
“Mereka pernah menggunakan 800cc sebelumnya. Mereka akhirnya kembali ke 1.000cc,” ujar Miller.
“Namun, perubahan itu baik karena memungkinkan beberapa produsen untuk memulai dari awal… Dan saya dapat memikirkan beberapa yang membutuhkan awal yang baru!”
Era 800cc sebelumnya berlangsung dari 2007-2011 yang berarti, dari grid penuh waktu saat ini, hanya Aleix Espargaro yang menggunakan prototipe mesin yang lebih kecil.
“Saya bukan teknisi! Saya belum pernah mengendarai mesin 800cc sebelumnya dan 2027 masih terlalu jauh!” kata pembalap pabrikan Aprilia, Maverick Vinales, tentang aturan masa depan.
“Mungkin mereka bisa bahkan mendapatkan lebih banyak kekuatan, saya tidak tahu.”
“Tetapi, tentu saja jika mereka mengeluarkan aero, Anda tidak bisa mengeluarkan jumlah tenaga yang sama saat menikung, jadi mungkin Anda tidak bisa mencapai kecepatan tertinggi yang sama.”
“Jadi kalau tujuannya untuk keselamatan, mungkin kecepatan tertinggi motornya akan lebih rendah. Tetapi, saya tidak tahu apakah ini akan lebih menyenangkan (bagi pembalap) karena selalu ada tantangan yang berbeda.”