Timnas Indonesia U-23 Cukur China Taipei 9-0, Ulangi Rekor 22 Tahun Lalu

Timnas Indonesia U-23 Cukur China Taipei 9-0, Ulangi Rekor 22 Tahun Lalu

Timnas Indonesia U-23 Cukur China Taipei 9-0, Ulangi Rekor 22 Tahun Lalu

Score – Timnas Indonesia U23 tampil mengesankan dalam laga perdana Grup K Kualifikasi Piala AFC U23 2024. China Taipei jadi korban keganasan skuad Garuda Muda usai dibantai sembilan gol tanpa balas.

Kemenangan yang diraih di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah itu menyamai catatan kemenangan dengan jumlah gol yang sama pada 22 tahun lalu. Hal itu diungkapkan pengamat sepak bola Akmal Marhali.

Akmal menyebut kemenangan besar tim yang diasuh pelatih Shin Tae-yong ini menyamai pencapaian 22 tahun silam. Indonesia U23 sempat meraih kemenangan besar tapi di ajang yang berbeda.

ADVERTISEMENT

“Terakhir menang besar adalah pada tahun 2019 saat SEA Games Manila saat itu Indonesia menang 8-0 atas Brunei Darussalam. Tetapi kalo skor 9-0 terakhir kali kita torehkan pada SEA Games 2001 dengan lawan yang sama Brunei Darussalam,” kata Akmal Marhali kepada pewarta, Sabtu, 9 September 2023.

Dengan begitu, hasil pertandingan di tanggal cantik itu (9 September 2023) menjadi kemenangan terbesar sejak terakhir kali diterhkan lebih dari dua dekade silam.

Kemenangan atas China Taipei ini juga membawa Rizky Ridho dkk mengambil alih pimpinan klasemen Grup K yang sebelumnya ditempati Turkmenistan. Sebelumnya, China Taipei juga kalah telak 0-4 dari Turkmenistan di matchday pertama.

Timnas Indonesia saat ini memimpin Grup K mengoleksi nilai 3, sama dengan Turkmenistan, tapi unggul seliish gol. Timnas Merah Putih akan memainkan laga kedua versus Turkmenistan pada Selasa, 12 September 2023.

“Indonesia hanya butuh hasil Imbang saja dalam pertandingan terakhir melawan Turkmenistan. Dengan hasil itu Timnas U-23 sudah lolos ke putaran final Piala Asia U23 di Qatar,” ujar Akmal, dikutip Pikiran-Rakyat dari Antara.

Sementara itu, pelatih Shin Tae-yong menyebut kemenangan telak 9-0 atas China Taipei menandakan sepak bola Tanah Air jauh berkembang ke arah yang lebih baik.

Baca Juga  Keok di Kandang Dortmund, Luis Enrique Optimistis PSG Menang Comeback

“Saya ingin memberikan tepuk tangan kepada para pemain atas kerja kerasnya. Dengan skor yang ini menunjukkan bahwa sepak bola sudah berkembang, lebih baik dari sebelumnya,” ucap Shin Tae-yong pada jumpa pers setelah pertandingan, Sabtu, 9 September 2023.

Timnas Indonesia U23 tak pernah punya kesempatan lolos ke putaran final Piala Asia U23 . STY yang baru melatih pada Januari 2020 juga pernah gagal mengantarkan Garuda Muda lolos ke putaran final Piala Asia U23 pada tahun 2022.

Indonesia hanya butuh hasil imabng untuk menjadi juara Grup K untuk lolos ke putaran final Piala Asia U23 2024 yang rencananya bakal digelar di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei 2023 tahun depan nanti.***