Update Ranking FIFA Timnas Indonesia Usai Kandaskan Turkmenistan, Skuad Garuda Naik 3 Tingkat

Update Ranking FIFA Timnas Indonesia Usai Kandaskan Turkmenistan, Skuad Garuda Naik 3 Tingkat

Update Ranking FIFA Timnas Indonesia Usai Kandaskan Turkmenistan, Skuad Garuda Naik 3 Tingkat

ScorePIKIRAN RAKYAT – Timnas Indonesia sukses meraih hasil positif ketika berjumpa Turkmenistan di laga FIFA Matchday . Kemenangan ini bakal mengerek posisi skuad Garuda pada peringkat di ranking FIFA .

Timnas Indonesia baru saja mengalahkan Turkmenistan dengan skor 2-0 dalam uji coba FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat, 8 September 2023.

Dua gol Tim Garuda dicetak oleh Dendy Sulistyawan melalui tendangan roket dari luar kotak penalti pada menit ke-19. Sedangkan, gol kedua diciptakan Egy Maulana Vikri di masa injury time babak kedua.

ADVERTISEMENT

Berbeda dengan sebelumnya, pada FIFA Matchday September 2023, Indonesia hanya memainkan satu laga. Meski begitu, kemenangan ini bakal membuat peringkat timnas Indonesia di ranking FIFA naik dari peringkat sebelumnya.

Baca Juga: Profil dan Gaya Bermain Dendy Sulistyawan Pencetak Gol Roket saat Indonesia Taklukkan Turkmenistan

Indonesia menempati urutan ke-150 dalam daftar ranking FIFA per 20 Juli 2023 dengan jumlah poin 1.047,46. Berdasarkan prediksi Footy Rankings, Timnas Indonesia diprediksi akan naik tiga peringkat setelah mengalahkan Turkmenistan.

Timnas Indonesia mendapatkan 5,41 poin dari kemenangan tersebut. tambahan poin itu membuat koleksi poin Indonesia menjadi 1052,87. Dari hitungan ini, Timnas Indonesia diyakini bakal melesat ke peringkat ke 147 dalam daftar ranking FIFA .

Indonesia bakal menggeser tiga negara, yakni Botswana, Liberia, dan Hong Kong. Botswana baru saja kalah 0-3 dari Tunisia pada Jumat, 8 September 2023 dini hari WIB. Mereka kehilangan hingga 4 poin dan membuat poin mereka menjadi 1050,31.

Baca Juga: Aturan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol: Hanya 6 Negara yang Lolos Otomatis

Selanjutnya, Timnas Hong Kong juga baru ditahan imbang 1-1 oleh Kamboja pada Kamis, 7 September 2023. Sehingga mereka kehilangan poin 1,01 dari awal 1.049,74 menjadi 1.039,73.

Baca Juga  Hokky Caraka Siap Mati-matian Bela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Sementara itu, Timnas Liberia belum bertanding kontra Maroko di Kualifikasi Piala Afrika 2023. Meski begitu, secara di atas kertas rasanya sulit bagi Liberia mengalahkan negara semifinalis Piala Dunia 2022 itu.

Berbeda dengan Indonesia, tim tamu Turkmenistan harus kehilangan poin dari kekalahan ini. Mereka diprediksi minus 5,41 poin dan turun dua peringkat ke posisi 140 ranking FIFA .

Turkmenistan sebelumnya mengemas 1.089,77 poin pada periode ranking sebelumnya. Kekalahan dari Indonesia membuat torehan poin mereka berubah menjadi 1084,36.

Untuk diketahui, perhitungan dari Footy Rankings ini hanya bersifat prediksi sesuai aturan penambahan dan pengurangan poin yang berlaku di rangking FIFA. Pengumuman resmi rangking FIFA terbaru akan dirilis pada awal Oktober mendatang, karena FIFA Matchday September 2023 masih berlangsung hingga pekan depan.***