Evan Ferguson Cetak Hattrick di Liga Inggris, Samai Rekor Legenda Liverpool

Evan Ferguson Cetak Hattrick di Liga Inggris, Samai Rekor Legenda Liverpool

Evan Ferguson Cetak Hattrick di Liga Inggris, Samai Rekor Legenda Liverpool

Score – Striker berusia 18 tahun milik Brighton & Hove Albion, Evan Ferguson , mencuri perhatian publik saat timnya mengalahkan Newcastle United.

Dalam pertandingan itu, Evan Ferguson memborong tiga gol yang membuat timnya mencatatkan kemenangan 3-1 atas Newcastle United dalam lanjutan pekan keempat Liga Inggris.

Kemenangan atas Newcastle United sekaligus mengantarkan Brighton & Hove Albion naik ke papan atas klasemen Liga Inggris dengan koleksi sembilan poin hasil dari tiga kali menang dan sekali kalah dalam empat pertandingan.

ADVERTISEMENT

Tiga poin yang diraih Brighton & Hove Albion dalam pekan keempat Liga Inggris tidak terlepas dari penampilan ciamik striker muda mereka yaitu Evan Ferguson di laga tersebut.

Bagaimana tidak, penyerang nasional Republik Irlandia itu menyarangkan hattrick ke gawang Newcastle United pada menit ke 27, 65, dan 70 di usianya yang baru menginjak 18 tahun.

Atas pencapaian itu, Evan Ferguson masuk ke jajaran pemain termuda yang berhasil mencatatkan hattrick sejak era Liga Inggris tahun 1992 bersama dua legenda Liverpool yakni Michael Owen dan Robbie Fowler.

Evan Ferguson berada di peringkat keenam sebagai pemain termuda yang mencatatkan hattrick di Liga Inggris dengan usia 18 tahun, 10 bulan, dan 14 hari. Dia juga menjadi pemain Irlandia keempat yang mencetak tiga gol di kompetisi tersebut.

Meski demikian, rekor pemain termuda yang membuat hattrick di Liga Inggris masih dipegang oleh mantan striker Liverpool sekaligus pemenang ballon d’Or 2001, Michael Owen.

Bomber tim nasional Inggris itu mencatatkan hattrick pada usia 18 tahun dan 62 hari saat Liverpool menghadapi Sheffield Wednesday di tahun 1998.

Michael Owen bahkan sukses mencatatkan hattrick sebanyak tiga kali ketika berusia 18 tahun dan empat dari lima hattrick lainnya ia lakukan sebelum menginjak usia 24 tahun.

Baca Juga  Barcelona Vs Real Madrid - Momentum Junior Cristiano Ronaldo Perbaiki Catatan Jeblok Lawan Los Blancos

Pemain lainnya yang berhasil melakukan hattrick pada usia 18 tahun di Liga Inggris adalah Robbie Fowler (Liverpool) dan Chris Bart-Williams (Sheffield Wednesday).

Robbie Fowler melakukannya ketika memasuki usia 18 tahun, 6 bulan, dan 21 hari sementara Chris Bart-Williams mencetak tiga gol untuk Sheffield Wednesday di umur 18 tahun, 9 bulan, dan 27 hari pada 1993.

Kiprah Evan Ferguson di Liga Inggris baru dimulai tahun lalu saat Brighton mempromosikannya ke tim utama. Pada musim pertamanya, dia sukses mencetak 14 gol dan empat assist dari 34 penampilan.

Kini, Evan Ferguson telah mengoleksi empat gol dari empat pertandingan bagi Brighton & Hove Albion musim ini sekaligus digadang-gadang menjadi pesaing Erling Haaland di jajaran top skor Liga Inggris.

Berikut ini adalah pemain termuda pencetak hattrick di Liga Inggris.

1. Michael Owen (Liverpool): 18 tahun 62 hari.2. Robbie Fowler (Liverpool): 18 tahun, 6 bulan dan 21 hari.3. Michael Owen (Liverpool): 18 tahun, 8 bulan, dan 16 hari.4. Chris Bart-Williams (Sheffield Wednesday): 18 tahun, 9 bulan, dan 27 hari.5. Michael Owen (Liverpool): 18 tahun, 10 bulan, dan 10 hari.6. Evan Ferguson (Brighton): 18 tahun, 10 bulan, dan 14 hari.

Itulah daftar pemain termuda pencetak hattrick di Liga Inggris.***