Liga Inggris Cetak Rekor Habiskan Rp45,2 Triliun Belanja Pemain di Bursa Transfer 2023, Chelsea Terboros

Liga Inggris Cetak Rekor Habiskan Rp45,2 Triliun Belanja Pemain di Bursa Transfer 2023, Chelsea Terboros

Liga Inggris Cetak Rekor Habiskan Rp45,2 Triliun Belanja Pemain di Bursa Transfer 2023, Chelsea Terboros

ScorePIKIRAN RAKYAT – Klub-klub Liga Inggris mencetak rekor baru menghabiskan 2,36 miliar poundsterling atau sekira Rp45,2 triliun untuk belanja pemain di bursa transfer yang baru ditutup pada Jumat, 1 September 2023. Nominal tersebut dikeluarkan oleh Deloitte, perusahaan akuntansi terbesar di dunia yang berbasis di London.

Dilansir dari Reuters, jendela transfer yang dibuka sejak 14 Juni hingga 1 September itu melampaui rekor transfer tahun lalu, yaitu sebesar 1,92 pound. Klub-klub papan atas saja, menghabiskan 255 juta pound atau Rp4,89 triliun di detik-detik akhir penutupan transfer.

Klub-klub Liga Inggris itu telah menyumbang 48 persen pengeluaran dari lima liga top Eropa, yakni LaLiga Spanyol, Serie A Italia, Bundesliga Jerman, dan Ligue 1 Prancis.

ADVERTISEMENT

Deloitte mengatakan, naiknya nominal belanja pemain Liga Inggris tahun ini menandakan keuangan klub sudah mulai pulih setelah dihantam pandemi Covid-19.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Arsenal vs Manchester United di Liga Inggris, Setan Merah Butut Saat Bersua Tim London

“Rekor pengeluaran musim panas kedua berturut-turut yang dilakukan klub-klub Liga Premier menunjukkan bahwa pertumbuhan pendapatan mereka secara tahun-ke-tahun telah kembali setelah pandemi,” kata Tim Bridge, mitra utama Deloitte, dalam sebuah pernyataan, dikutip Pikiran-Rakyat.com Sabtu, 3 September 2023.

“Hampir tiga perempat klub Premier League (14 klub) menghabiskan lebih banyak uang pada musim panas ini dibandingkan musim panas lalu, mencerminkan peningkatan intensitas kompetisi,” ucapnya menambahkan.

Di bursa transfer musim panas ini, Chelsea menjadi tim paling boros berbelanja pemain. Mereka telah menghabiskan lebih dari 1 miliar Dolar AS atau sekira Rp15,2 triliun sejak dipimpin pemilik baru Todd Boehly dan Clearlake Capital pada Mei 2022 lalu.

Baca Juga: Indonesia Bak Jimat Sakti bagi Timnas Basket Lebanon di FIBA World Cup 2023

Baca Juga  Anggota DPD ajak mahasiswa IAHN terlibat memajukan Indonesia

Klub yang bermarkas di London itu telah memecahkan rekor transfer Inggris untuk kedua kalinya dalam satu tahun. Pertama dengan mengontrak gelandang Ekuador Moises Caicedo dengan nilai dilaporkan sebesar 115 juta pound, dan kedua 106 juta pound yang mereka bayarkan untuk mengontrak gelandang Enzo Fernandez pada bulan Januari lalu.

Juara bertahan Manchester City memboyong gelandang Matheus Nunes seharga 53 juta pound jelang penutupan transfer. Sebelumnya, mereka telah mendatangkan Jeremy Doku seharga 55 juta pound, bek Josko Gvardiol seharga 77 juta dan gelandang Mateo Kovacic seharga 25 juta pound.

Selanjutnya, runner-up musim lalu Arsenal merogoh kocek 65 juta pound untuk penyerang Kai Havertz dari Chelsea, diikuti gelandang Inggris Declan Rice 115 juta pound. Sementara Manchester United menghabiskan 72 juta pound untuk striker Rasmus Hojlund.

Selain itu, Newcastle United, yang finis di peringkat keempat musim lalu, mendatangkan gelandang Sandro Tonali seharga 55 juta pound dan pemain sayap Harvey Barnes seharga 38 juta pound.

Nottingham Forest, yang finis di peringkat ke-16 musim lalu, merekrut tujuh pemain pada hari tearkhir bursa transfer .

Sementara menurut laporan tersebut, selain berbelanja klub Liga Inggris juga meraup keuntungan dari hasil menjual pemain yang hampir seluruhnyanya diperoleh dari klub Saudi Pro League, yang menorehkan nilai belanja tertinggi keempat di seluruh dunia.***