Mbappe ke Real Madrid Semakin Nyata, 3 Dampak Buruk Bakal ke PSG

Mbappe ke Real Madrid Semakin Nyata, 3 Dampak Buruk Bakal ke PSG

SCORE.CO.ID – Nasib buruk nampaknya mulai menyerang klub papan atas Liga Prancis, Paris Saint-Germain. Setelah bermain kurang maksimal di laga terakhir dengan hasil imbang melawan Rennes. Kini mereka harus kembali imbang melawan Monaco.

Posisi PSG di Liga Prancis 1 terancam?

Saat ini PSG diketahui masih memuncaki klasemen sementara. Namun, posisi tersebut sedang disorot akibat permainan yang menurun serta rencana kepergian Mbappe ke Spanyol bulan Juli mendatang.

Hal ini tentu memberikan tekanan sendiri mengingat selain menjadi andalan tim, nama Mbappe juga sangat berpengaruh di kalangan pencinta Ligue 1. Lalu, apa saja dampak kepergiannya terhadap sepak bola Prancis? Berikut analisanya.

  1. PSG mengalami kerugian finansial yang besar

Seperti yang diketahui sejak awal, PSG sudah menginvestasikan uang yang tidak sedikit untuk mendapatkan pemain keturunan Kamerun tersebut. Kabarnya dulu mereka sudah membayar biaya transfer sebesar Rp 3 triliun kepada AS Monaco.

Hal tersebut belum termasuk biaya lain serta investasi yang dikeluarkan untuk membopongnya ke PSG. Diperkirakan kerugiannya bisa mencapai 300 juta Euro atau setara dengan Rp 4,6 triliun.

Kepergian Mbappe sendiri tidak memberikan keuntungan finansial apapun ke Le Parisien mengingat pemain tersebut pergi secara gratis akibat masa kontra yang sudah berakhir.  

Hal ini jelas akan memberikan tekanan yang besar bagi keuangan klub secara keseluruhan. Padahal, musim lalu Los Blancos sempat memberikan tawaran menggiurkan sebesar 200 juta Euro agar mau melepas Mbappe. 

Sayangnya, saat itu tawaran tersebut justru tidak digubris meski si pemain sendiri sudah menegaskan jika dirinya akan hengkang dari klub.

Jika saja mereka mau menerima tawaran tersebut tentu keuangan klub tidak akan mengalami kerugian sebesar sekarang.

  1. Mengakali aturan soal gaji
Baca Juga  Randal Kolo Muani Yakin PSG Sangat Percaya Diri Hadapi Dortmund

Salah satu fakta mengejutkan dibalik kepindahannya adalah perkara gaji. Jika PSG memberikan gaji sebesar 72 juta Euro per musim maka di El Real dia hanya mendapatkan gaji sebesar 25 juta Euro saja per musim.

Meski begitu, Mbappe akan mendapatkan bonus berupa gaji sebesar 100 juta  Euro saat datang dan akan menerima 60% dari hak citranya. 

Persentase tersebut tentu di atas batas ketentuan Madrid yang hanya membolehkan pembayaran hak citra maksimal sebesar 50%.

Hal ini dilakukan untuk membuatnya tetap menerima bayaran tinggi tiap musim tanpa perlu melanggar aturan batas margin gaji yang berlaku di Liga Spanyol. Hal ini dikhawatirkan akan memicu konflik dan kritikan dari berbagai pihak.

  1. Pemasukan hak siar bakalan menurun

Tidak hanya merugikan klub, kepergian Mbappe juga bisa merugikan finansial seluruh Liga Prancis. Hal ini dikarenakan pemasukan hak siar akan merosot tajam mengingat kapten Timnas tersebut adalah salah satu daya tarik utama liga.

Setelah kepergian Lionel Messi dan Neymar Jr, kepergian Kylian Mbappe tentu menjadi pukulan telak bagi dunia sepak bola Prancis. Dikabarkan, saat ini industri sepak bola di sana sudah menargetkan proyek bernilai miliaran Euro terkait hak siar televisi.

Tidak bisa dipungkiri jika nama Mbappe adalah ’jualan’ utama Liga Prancis terutama bagi pencinta sepak bola tanah air. Lalu, apakah dengan pindahnya pemain bintang tersebut para penggemarnya akan pindah ke Liga Spanyol? Mari kita tunggu bersama.