Hasil Lengkap Pertandingan FIBA World Cup 2023 30 Agustus: Amerika Serikat hingga Spanyol Catat Rekor Sempurna

3756056645 SCORE.CO.ID

Score – Seluruh pertandingan Fase Grup Putaran Pertama FIBA World Cup 2023 telah berakhir. Pertandingan-pertandingan dari Grup B, C, F, dan G menutup putaran ini pada hari Rabu, 30 Agustus di masing-masing negara tuan rumah Jepang, Indonesia, dan Filipina.

Terdapat 16 tim yang bertanding dengan total 8 pertandingan. Hasil pertandingan kemarin membuat beberapa tim telah memastikan dirinya lolos ke putaran kedua. Berikut rekapan hasil pertandingan hari terakhir Fase Grup Putaran Pertama.

Sudan Selatan 83-115 Serbia

ADVERTISEMENT

Serbia memastikan diri lolos ke putaran kedua dengan menyandang sebagai juara grup setelah berhasil mengalahkan Sudan Selatan. Bogdan Bogdanovic yang kembali tampil gemilang, memimpin dominasi permainan dari Serbia.

Shooting Guard Atlanta Hawks tersebut telah menciptakan 23 points, 2 rebounds, dan 9 assists. Nikola Jovic juga memiliki catatan tidak kalah luar biasanya, dia menorehkan 25 points, 2 rebounds, dan 3 assists. Center Nikola Milutinov berhasil mencetak double-double dengan 17 points, 10 rebounds, dan 3 assists.

Dari Sudan Selatan, Dut Jok Kacuol tampil menjadi yang terbaik dengan mencetak 21 points, 2 rebounds, dan 3 assists. Selain itu, terdapat Nuni Omot yang mencetak 17 points dan 5 rebounds.

China 89-107 Puerto Riko

Puerto Riko menemani Serbia sebagai runner-up Grup B untuk melaju ke putaran kedua. Capaiannya tersebut ditorehkan setelah menaklukan China. Mereka lolos dengan rekor 2-1.

Tremont Waters yang mencetak 22 points, 3 rebounds, dan 6 assists muncul sebagai pemain terbaik dengan ditemani Ismael Romero yang mencetak double-double 18 points dan 10 rebounds.

Sedangkan Mingxuan Hu menjadi pemain yang paling berkontribusi bagi China dengan 12 points, 4 rebounds, dan 4 assists. Selain dia, pemain lain yang bermain cukup baik adalah Jiwei Zhao 14 points dan Rui Zhao 16 points.

Amerika Serikat 110-62 Yordania

Baca Juga  Juara IBL Siap-siap Unjuk Gigi pada Kompetisi Anyar Liga Antarklub Cetusan FIBA

Amerika Serikat telah menyapu bersih kemenangan dan berakhir sebagai juara grup C. Rekor tersebut mereka tegaskan ketika berhasil mengalahkan tim peringkat akhir Yordania.

Anthony Edwards kali ini dapat mendominasi pertandingan dengan mencetak 22 points, 8 rebounds, dan 4 assists. Josh Hart lagi-lagi memiliki catatan rebound yang luar biasa dengan menciptakan 12 rebounds.

Dari kubu Yordania, pemain yang dimirip-miripkan dengan Kobe Bryant, Rondae Hollis Jefferson kembali menjadi bintang bagi Yordania dengan mencetak 20 points, 7 rebounds, dan 3 assists.

Yunani 83-74 Selandia Baru

Yunani mengunci posisi kedua klasemen grup C setelah mengalahkan Selandia Baru. Mereka berhak menemani AS untuk menuju putaran kedua.

Terdapat dua pemain yang telah mencetak 20+ poin yakni, Ioannis Papapetrou 27 points, 6 rebounds, dan 1 assists serta Giannoulis Larentzakis 20 points dan 2 rebounds.

Bagi Selandia Baru, Shea Ili tampil dominan dengan 27 points, 5 rebounds, dan 8 assists. Selain itu, Reuben Te Rangi juga bermain bagus dengan memberi 19 points, 5 rebounds, dan 1 assist.

Georgia 70-59 Venezuela

Hasil pertandingan ini melahirkan tim mana yang menemani Slovenia untuk lolos ke putaran kedua. Georgia lolos dengan rekor 2-1.

Goga Bitadze menyumbangkan double-double dengan 11 points dan 11 rebounds bagi Georgia. Sedangkan Tornike Shengelia muncul sebagai pencetak skor terbanyak dengan 25 points, 3 rebounds, dan 3 assists.

Pemain terbaik bagi Venezuela pada pertandingan ini adalah Nestor Colmenares dengan mencetak double-double 16 points, 12 rebounds, dan 4 assists.

Slovenia 92-77 Cape Verde

Slovenia harus mengubur mimpi Cape Verde untuk lolos ke putaran berikutnya untuk menyapu bersih kemenangan dan keluar sebagai juara grup. Cape Verde harus puas finish di posisi ketiga.

Luka Doncic lagi-lagi hampir mencetak triple-double dengan raihan 19 points, 7 rebounds, dan 9 assists pada pertandingan kali ini. Di samping itu, Klemen Prepelic juga bermain apik dengan 18 points, 4 rebounds, dan 7 assists.

Betinho Gomes mencetak 17 points, 2 rebounds, dan 2 assists bagi Cape Verde. Edy Tavares menjadi penampil terbaik kedua dengan raihan 9 points, 10 rebounds, dan 5 assists.

Pantai Gading 77-89 Brasil

Baca Juga  Prawira gasak Mountain Gold 108-62

Brasil menutup putaran pertama dengan memetik kemenangan atas Pantai Gading. Dengan kemenangan ini, Brasil telah finish di urutan kedua di bawah Spanyol.

Yago Santos kembali bermain dominan dengan mencetak double-double 24 points, 4 rebounds, dan 12 assists. Tim Soares 15 points dan Georginho De Paula 13 points turut menyumbangkan dalam kemenangan ini.

Sedangkan dari Pantai Gading, Cedric Bah mencetak 13 points, 13 rebounds, dan 1 assists. Solo Diabate juga mencetak 12 points dan Jean Philippe Dally 11 points.

Iran 65-85 Spanyol

Spanyol lolos ke putaran kedua dengan rekor 3-0 setelah mengalahkan Iran yang menghuni posisi terakhir. Spanyol lolos bersama dengan Brasil.

Duet Hernangomez bersaudara kembali tampil luar biasa. Juancho Hernangomez telah mencetak 21 points, 5 rebounds, dan 3 assists. Sedangkan Willy Hernangomez mencetak 16 points, 9 rebounds, dan 2 assists.

Mohammad Amini memimpin Iran pada kali ini dengan mencetak 19 points dan 3 rebounds. Dia dibantu dengan Behnam Yakhchali yang mencetak 12 points, 1 rebound, dan 7 assists. (Barkah Hijratul Asyuro)***