Prediksi Kanada vs Latvia di FIBA World Cup 2023: Preview, Head to Head, dan Roster

3895630376 SCORE.CO.ID

Score – Grup H akan mempertemukan Kanada dengan tim underdog Latvia pada pertandingan Grup H FIBA World Cup 2023. Pertandingan akan dilangsungkan di Indonesia Arena, Jakarta pada Selasa, 29 Agustus 2023 malam.

Sementara ini, Kanada menempati posisi puncak klasemen Grup H setelah memetik dua kemenangan. Latvia yang secara mengejutkan dapat meraih dua kemenangan juga, telah mengisi posisi kedua.

Kedua tim tersebut sudah dipastikan lolos ke putaran kedua dan meninggalkan Prancis dan Lebanon yang belum meraih satu kemenangan pun. Hasil pertandingan nanti hanya berpengaruh pada siapa yang berhasil menjadi juara grup.

ADVERTISEMENT

Kanada merupakan salah satu tim yang sempat diremehkan dalam FIBA World Cup kali ini. Namun, mereka membuktikannya pada dua pertandingan awal bahwa mereka adalah tim yang patut diperhitungkan untuk merebut gelar juara.

Walau tanpa dua bintang andalannya yakni Jamal Murray dan Andrew Wiggins, Kanada masih bisa memenangkan pertandingan melawan Lebanon dengan skor 128:73 dan membantai salah satu tim yang difavoritkan juara yakni, Prancis dengan skor 95:65.

Shai Gilgeous-Alexander yang bermain apik di Oklahoma City Thunder, mampu menunjukkan kemampuannya juga di Kanada. Dalam dua pertandingan yang sudah dijalani, Shai berhasil mencetak rata-rata 19,5 poin, 9,0 rebound, dan 5,5 assist.

Di samping Shai, tim asuhan Jordi Fernandez memiliki senjata lainnya seperti Dillon Brooks, RJ Barrett, Nickeil Alexander-Walker, dan Kelly Olynyk. Mereka mampu tampil solid dalam dua pertandingan terakhir.

Sementara itu, Latvia sedang ganas-ganasnya pada Piala Dunia kali ini. Selain meraih kemenangan meyakinkan pada pertandingan awal menghadapi Lebanon dengan skor 109-70, Latvia juga telah mengejutkan dunia karena mengalahkan tim unggulan Prancis 88-86.

Dalam kemenangan dramatis tersebut, terdapat empat pemain yang mampu mencetak double digit. Artūrs Žagars tampil sebagai pemain terbaik dengan mencetak 22 poin, 2 rebound, dan 5 assist. Raihannya disusul dengan Rolands Šmits 20 poin, Dāvis Bertāns 15 poin, Kristers Zoriks 13 poin.

Baca Juga  Tim Bertabur Bintang NBA Kanada Jadi Delegasi Pertama yang Tiba di Jakarta Jelang FIBA World Cup 2023

Selama dua pertandingan yang sudah berjalan, Rolands Šmits memiliki rata-rata terbaik sejauh ini dengan mencatatkan 18,5 poin, 4,5 rebound, dan 1,5 assist.

Pertandingan malam nanti akan menjadi pertemuan pertama bagi kedua tim. Karena baik dalam kompetisi maupun pertandingan persahabatan, kedua tim belum pernah bertemu satu sama lain.

Kanada: Kyle Alexander, Nickeil Alexander-Walker, RJ Barrett, Luguentz Dort, Trae Bell-Haynes, Dillon Brooks, Kenny Chery, Zach Edey, Melvin Ejim, Shai Gilgeous-Alexander, Kelly Olynyk, Dwight Powell, Phil Scrubb, Thomas Scrubb.

Latvia: Rodions Kurucs, Dairis Bertans, Rolands Smits, Arturs Strautins, Klavs Cavars, Aigars Skele, Andrejs Grazulis, Anzejs Pasecniks, Arturs Kurucs, Arturs Zagars, Kristers Zoriks.

Melihat penampilan skuad Latvia dalam dua pertandingan sebelumnya, sulit untuk memprediksi siapa yang akan keluar sebagai pemenang sekaligus juara grup.

Dengan solidnya permainan dari kedua tim, permainan diprediksi akan berlangsung sengit dan terjadi kejar mengejar poin. Namun, Kanada dengan kualitas individunya sedikit lebih diunggulkan untuk memenangkan pertandingan dengan unggul tipis atas Latvia. (Barkah Hijratul Asyuro)***