Gantian Klopp Memberikan Dukungan dan Pujian Kepada Xabi Alonso

Gantian Klopp Memberikan Dukungan dan Pujian Kepada Xabi Alonso

SCORE.CO.ID – Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, memberikan pujian kepada Xabi Alonso yang belakangan ini disebut-sebut sebagai calon penggantinya di Anfield.

Klopp, yang akan meninggalkan Liverpool pada akhir musim ini, mulai mengaitkan Liverpool dengan sejumlah pelatih potensial, termasuk Alonso, mantan pemain Liverpool yang membela klub tersebut dari 2004 hingga 2009.

Alonso Mengukir Sejumlah Prestasi yang Cukup Baik Pada Musim Ini

Kiprah Alonso bersama Bayer Leverkusen musim ini telah mengesankan banyak pihak. Leverkusen berhasil menjaga rekor tak terkalahkan dalam 31 pertandingan di semua kompetisi dan saat ini memimpin klasemen Bundesliga dengan keunggulan lima poin atas Bayern Munich.

Klopp terkesan dengan kinerja Alonso hingga saat ini. Menurut Klopp, pelatih berusia 42 tahun itu merupakan salah satu yang paling menonjol di antara generasi baru pelatih sepakbola.

“Xabi telah melakukan pekerjaan yang luar biasa. Ini tidak ada hubungannya dengan rumor yang mengaitkan Liverpool dengan Alonso. Jika Anda bertanya kepada saya delapan minggu lalu tentang Xabi Alonso, saya akan berkata: ‘Ya Tuhan’,” ujar Klopp seperti dilansir ESPN.

“Para pemain besar seperti Carlo Ancelotti, Jose Mourinho, Pep Guardiola, bahkan bisa jadi mungkin termasuk saya, kami tidak akan melakukan ini selama 20 tahun ke depan. Oke, mungkin Mourinho akan begitu.”

“Generasi berikutnya sudah hadir, dan saya akan mengatakan bahwa Xabi Alonso menonjol di antara mereka,” tambah Jurgen Klopp.

Bertukar Posisi? Barter?

Xabi Alonso digadang-gadang sebagai calon manajer pengganti Jürgen Klopp di Liverpool. Namun, ada potensi plot twist menarik jika Alonso malah melatih Manchester City. Potensi tersebut disampaikan oleh Guillem Balague, seorang pakar sepakbola Spanyol, dalam wawancara The Football News Show-nya BBC.

Baca Juga  Perjalanan Bayer Leverkusen Raih Gelar Juara Liga Jerman

“Biarkan aku berbagi rahasia denganmu,” kata Balague memulai pernyataannya, seperti yang dilaporkan oleh ESPN.

“Ketika Alonso pergi ke Bayer Leverkusen, ia mengatakan kepada agennya, ‘Apakah kamu tahu, jika segalanya tidak berjalan mulus di Bayer Leverkusen, aku akan kembali ke Real Sociedad.'”

“Tapi itupun apabila berjalan lancar, dari sana pasti ada Liverpool, Real Madrid, Bayern Munich dan bahkan bisa ditambahkan sekarang Manchester City ke daftar itu, dan mungkin itulah tempat berikutnya bagi Xabi Alonso untuk melatih. Waktunya adalah hal yang berbeda,” lanjutnya.

Xabi Alonso Veteran Dalam Sepakbola

Dalam karier bermainnya, Xabi Alonso telah membela beberapa klub terkemuka, termasuk Real Sociedad, Eibar (sebagai pinjaman), Liverpool, Real Madrid, dan Bayern Munich.

Karier melatihnya dimulai saat dia mengelola Real Sociedad B, sebelum pindah ke Bayer Leverkusen untuk menangani tim utama.

Bersama Leverkusen, Alonso telah menarik perhatian sebagai seorang pelatih yang potensial.

Dengan kepergian Jürgen Klopp dari Liverpool di akhir musim 2023/2024, Alonso dianggap sebagai kandidat kuat untuk menggantikannya.

Namun, sejumlah klub top Eropa juga telah dikaitkan dengannya dan yang menariknya, mantan bek Liverpool, Jamie Carragher, pernah menyatakan bahwa gaya permainan Bayer Leverkusen dibawah Xabi Alonso lebih mirip dengan gaya permainan Manchester City di bawah Pep Guardiola daripada gaya permainan Liverpool di bawah Klopp.

“Liverpool bermain lebih langsung, lebih cepat, dan sering menggunakan serangan balik,” kata Carragher dalam acara Monday Night Football di Sky Sports.

Sebelum melatih Manchester City, Pep Guardiola juga pernah melatih Bayern Munich dari tahun 2013 hingga 2016. Selama periode tersebut, Xabi Alonso bermain untuk Bayern Munich (2014-2017).