Timnas Indonesia Ditantang Thailand di Semifinal Piala AFF U23, Aroma Balas Dendam Menyengat

2847862961 SCORE.CO.ID

ScorePIKIRAN RAKYAT – Timnas Indonesia mengunci satu tempat di semifinal Piala AFF U23 2023 setelah Malaysia mengalahkan Timor Leste (3-1) dan Vietnam menaklukkan Filipina (1-0). Indonesia keluar sebagai runner-up terbaik sehingga berhak atas satu tempat di babak empat besar.

Di semifinal, Timnas Indonesia ditantang juara Grup A, Thailand di Stadion Chonburi, Thailand pada Kamis, 24 Agustus 2023. Thailand merupakan tuan rumah ajang Piala AFF U23 tahun ini.

Laga Indonesia di semifinal diprediksi bakal berjalan sulit. Pengamat sepak bola Kesit B Handoyo menilai Thailand memiliki materi tim kuat di kompetisi ini.

ADVERTISEMENT

Pasalnya, tim Gajah Perang akan turun dengan materi terbaiknya. Sedangkan Indonesia tak bisa menurunkan skuad terbaik karena beberapa tim di BRI Liga 1 menolak mengirim pemain mereka ke Timnas.

Baca Juga: Banding Liverpool Dikabulkan, Kartu Merah Alexis Mac Allister Dicabut

“Materi Thailand lebih kumplit dibanding Indonesia. Nuansa balas dendam atas kekalahan di SEA Games lalu bakal terekam pastinya. Menyimak penampilan Thailand yang sukses merebut tiga kemenangan di grup A cukup memperlihatkan bagaimana kekuatan mereka,” kata Kesit dalam keterangannya, Rabu, 23 Agustus 2023.

Kesit menilai, kekuatan Thailand bakal semakin terlihat saat melawan Indonesia di semifinal. Apalagi mereka pasti bertekad melakukan balas dendam.

“Saya prediksi mereka akan tampil lebih ngotot karena bertemu lawan tangguh yang notabene pernah mengalahkan mereka di final SEA Games 2023 Kamboja,” ujar Kesit, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Gelar Unjuk Rasa, Suporter Minta Kejelasan Keikutsertaan Klub Sepak Bola Persepon di Liga 3

Untuk diketahui, laga semifinal Piala AFF U23 antara Timnas Indonesia melawan Thailand ini adalah duel ulangan final SEA Games 2023 di Kamboja beberapa waktu lalu. Laga ini menjadi pusat perhatian karena diwarnai drama rusuh hingga banjir sanksi.

Baca Juga  Ten Hag Tak Becus Tangani Raphael Varane, Bek Barcelona Diminta Pikir-pikir Lagi kalau Mau Gabung Man United

Kala itu, Timnas Indonesia yang dilatih Indra Sjafri keluar sebagai pemenang medali emas usai menaklukkan Thailand 5-2. Raihan emas SEA Games ini sekaligus menjadi yang pertama kali lagi diraih sejak terakhir pada 1991.

Kekalahan telak 2-5 dari Indonesia pastinya membekas bagi Thailand . Apalagi, laga tersebut berlangsung ketat dan keras hingga berujung ricuh.

Laga yang berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa, 16 Mei 2023 itu diwarnai baku hantam. Puncak kerusuhan itu terjadi setelah Irfan Jauhari menceploskan gol ketiga saat pertandingan perpanjangan waktu baru berjalan 1 menit. Saat itu, pemain dan ofisial Timnas Indonesia melakukan selebrasi ke arah bench Thailand .

Selebrasi ke arah bench Thailand itu disebut dilakukan pemain Indonesia sebagai respons usai pemain dan ofisial Thailand melakukan hal serupa ketika mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-90+7.

Akibat kericuhan di laga itu, sejumlah pemain dan ofisial kedua tim dijatuhi sanksi denda dan larangan bermain oleh AFC. Sehingga, pada ajang Piala AFF U23 ini pun mereka tak bisa dimainkan.***