Chelsea Dianggap Langgar Etika saat Dekati Michael Olise, Crystal Palace Beri Kecaman

134086117 SCORE.CO.ID

Score – Chelsea seolah belum puas berbelanja pemain di bursa transfer musim panas. Usai mendatangkan Moises Caicedo dengan nilai yang memecahkan rekor transfer termahal Liga Inggris, menikung Liverpool untuk mendatangkan Romeo Lavia, kini The Blues merayu playmaker Crystal Palace Michael Olise .

Chelsea dikabarkan menawarkan 35 juta poundsterling atau sekira Rp685 miliar untuk memboyong Michael Olise dari Crystal Palace . Tawaran tersebut membuat klausul pelepasan pemain berusia 21 tahun itu aktif dan siap keluar kapan saja dari tim berjuluk The Eagle.

Pendekatan yang dilakukan Chelsea tersebut membuat marah para petinggi Crystal Palace . Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Daily Mail, sejumlah petinggi Crystal Palace sudah melayangkan protes karena menganggap pendekatan yang dilakukan The Blues kepada salah satu pemainnya sudah kelewat batas.

Menurut sejumlah petinggi Crystal Palace , pendekatan yang dilakukan oleh Chelsea melanggar aturan sekaligus etika transfer.

Sebenarnya, pendekatan Chelsea yang menimbulkan kemarahan klub Liga Inggris lain bukan kali pertama terjadi. Pada 2005 yang lalu, The Blues membajak bek kiri Arsenal Ashley Cole tanpa meminta izin The Gunners.

Saat itu, Chelsea membuka komunikasi langsung dengan pemain tanpa sepengetahuan klub. Walhasil, manajer Arsenal kala itu, Arsene Wenger marah besar. Liga Inggris langsung menjatuhkan hukuman kepada sejumlah pemain seperti Jose Mourinho yang kala itu memanajeri Chelsea , Ashley Cole sendiri, Jonathan Barnett dan bahkan Chelsea sendiri.

Kendati demikian, Chelsea memastikan tidak akan mengundurkan niatnya untuk memboyong gelandang sayap Tim Nasional Prancis U-21 itu. Menurut sumber Daily Mail, The Blues disebut percaya diri dapat memboyong Michael Olise sebelum jendela transfer ditutup September 2023 mendatang.

Jika usaha mendatangkan Michael Olise berhasil, Chelsea akan menjadi salah satu klub yang mengeluarkan uang paling besar di jendela transfer meskipun sebetulnya The Blues juga telah menjual banyak pemain.

Baca Juga  KPK periksa Koordinator Teller Bank Mandiri saksi korupsi di Basarnas

Chelsea berhasil mengumpulkan pendapatan sekitar Rp4,4 triliun dari penjualan pemain yang meninggalkan klub. Namun demikian, mereka juga menghabiskan sekitar Rp3,5 triliun untuk merekrut pemain-pemain baru per 8 Agustus 2023.

Pendapatan terbesar Chelsea dalam bursa transfer kali ini berasal dari penjualan Kai Havertz, Mason Mount, dan Mateo Kovacic, yang bersama-sama menghasilkan sekitar Rp2,9 triliun.

Namun, Chelsea juga mengeluarkan dana besar untuk mendatangkan pengganti-pengganti pemain tersebut. Salah satunya adalah Christopher Nkunku, yang bergabung dengan Stamford Bridge dari RB Leipzig dengan biaya transfer sekitar Rp1 triliun.

Selain Nkunku, Chelsea juga merekrut Moises Caicedo dan Romeo Lavia sebagai pemain baru. Berikut adalah daftar pemain-pemain yang bergabung dengan Chelsea untuk Liga Inggris musim 2023-2024:

· Christopher Nkunku (RB Leipzig)

· Nicolas Jackson (Villareal)

· Angelo (Santos)

· Axel Disasi (AS Monaco)

· Lesley Ugochukwu (Rennes)

· Robert Sanchez (Brighton)

· Diego Moreira (Benfica B)

· Ian Maatsen (promosi)

· Cesare Casadei (promosi)

· Levi Colwill (promosi)

· Lewis Hall (promosi)

Demikian manuver Chelsea di bursa transfer Liga Inggris 2023-2024.***