Hasil Prakualifikasi Olimpiade 2024 Paris: Telat Panas, Timnas Basket Indonesia Takluk 90-74 dari India

2118751763 SCORE.CO.ID

ScorePIKIRAN RAKYAT – Timnas Basket Indonesia harus mengakui keunggulan India pada laga kedua Pra Kualifikasi Olimpiade 2024 Paris di Al Fayhaa Stadium Damaskus, Suriah, 13 Agustus 2023 malam. Timnas Indonesia dikalahkan India dengan poin 90-74.

Timnas Indonesia sejatinya bermain apik di dua kuarter akhir hingga membuat India dibuat tidak nyaman memproduksi poin. Namun, telat mengembangkan permainan di awal kuarter membuat Indonesia gagal mengejar ketertinggalan.

Di kuarter pertama, Indonesia membuka keran poin melalui tembakan tiga angka Juan Laurent Kokodiputra. Pemain India Muin Bek Hafeez membuat skor imbang 6-6 melalui tembakan dua angka.

India mendapat angin segar dari momen itu, mereka sukses memanfaatkannya untuk menyalip perolehan poin Indonesia hingga mencatatkan keunggulan 25-16 pada kuarter pertama.

Baca Juga: Rapor Pemain Liverpool Usai Tahan Imbang Chelsea di Liga Inggris, Cody Gakpo Terburuk

Memasuki kuarter kedua, Indonesia mencoba mengejar ketertinggalan, Widyanta Putra Teja membuka catatan poin dengan dua angka. Namun, India juga tak mau tinggal diam.

Mereka terus memperlebar jarak poin dengan Indonesia. Salah satunya melalui tembakan tiga angka Arvind Kumar. India masih unggul di kuarter kedua dengan skor 50-36.

Pada kuarter ketiga, permainan Indonesia mengalami peningkatan. Indonesia mampu mencatatkan 19 poin, lebih banyak daripada kuarter pertama dan kedua. Namun, India pun tak kalah bermain agresif. Mereka mencatatkan poin yang sama di kuarter ketiga, sehingga keunggulan masih menjadi milik India , 69-55.

Baca Juga: Rapor Pemain Chelsea Usai Ditahan Imbang Liverpool di Liga Inggris, Nicolas Jackson Terburuk

Di kuarter akhir, Indonesia melakukan perlawanan sengit. Hasilnya, Reza Guntara dkk mampu melesatkan 19 poin di kuarter ini, tetapi India pun tak mau ketinggalan memproduksi 21 poin. Alhasil, pertandingan kedua ini menjadi milik India dengan skor akhir 90-74.

Baca Juga  Ditunggu Kejuaraan untuk Pemain Muda, PP PERBASI Genjot Persiapan Timnas Basket

Dalam pertandingan ini, Marques Bolden menjadi top skor untuk Indonesia dengan catatan 23 angka dan 9 rebound. Sedangkan dari India , Muin Bek Hafeez cetak poin terbanyak dengan 15 angka dan 5 assist.

Asisten pelatih Timnas Indonesia , Yohannis Winar mengatakan, permainan anak asunya secara keseluruhan telah menunjukkan performa bagus. Meski kehilangan enam pemain senior, mereka mampu memberikan perlawanan kepada India .

“Hanya memang saat dua kuarter awal para pemain secara defense masih mempermudah lawan organisir penyerangan. Para pemain juga kurang berani offense ke dalam hanya di luar,” terang Coach Ahang, sapaan karib Yohannis Winar, dikutip dari laman resmi Perbasi.

Ahang menyebut, permainan Indonesia lebih agresif setelah memasuki second half. Namun India dengan kelebihan postur yang lebih besar dan tinggi, membuat mereka juga tetap bisa menambah poin.

“Hari ini anak-anak telat panas di awal. Mereka masih ragu. Itu membuat lawan enak mengembangkan permainan dengan memanfaatkan keunggulan size. Tapi di second half anak-anak lebih agresif dalam bermain. Hanya memang shoot presentage hari ini juga tidak sebagus kemarin,” ujarnya.

Di pertandingan ketiga, Indonesia akan melawan Arab Saudi. Ahang mengatakan seharusnya tidak ada masalah di laga ini, karena para pemain pernah melawan mereka di FIBA Asia Cup lalu.***