Tak Hanya Berpostur Tinggi, Indra Sjafri Beberkan 4 Kriteria Pemain yang Layak Perkuat Timnas U-20 Indonesia

Tak Hanya Berpostur Tinggi, Indra Sjafri Beberkan 4 Kriteria Pemain yang Layak Perkuat Timnas U-20 Indonesia

Tak Hanya Berpostur Tinggi, Indra Sjafri Beberkan 4 Kriteria Pemain yang Layak Perkuat Timnas U-20 Indonesia

Score – Timnas U-20 Indonesia melanjutkan pemusatan latihan (TC) di Jakarta, setelah sebelumnya menjalani TC di Qatar.

Dalam TC timnas U-20 Indonesia yang berlangsung di Lapangan A, Senayan, Jakarta, Kamis (4/1/2024) ini diikuti oleh 34 pemain.

Indra Sjafri sebelumnya memang menggelar TC di Qatar pada 28 Desember 2023 lalu.

Akan tetapi, setelah itu TC ini dilanjutkan di Jakarta untuk melihat kemampuan para pemain timnas U-20 Indonesia secara menyeluruh.

Apalagi dalam TC ini, Indra Sjafri juga menerapkan sistem promosi-degradasi untuk pemain yang dinilai layak nantinya akan bisa memperkuat tim.

Namun, apabila tak sesuai dengan harapan tim pelatih maka pemain tersebut bisa dicoret dan dikembalikan ke klub maisng-masing.

TC ini sebenarnya digelar PSSI sebagai awal persiapan timnas U-20 Indonesia untuk mengarungi ajang internasional tahun 2024 ini.

Pasalnya, timnas U-20 Indonesia telah dinanti beberapa agenda penting seperti Piala AFF U-19 2024, setelah itu ada Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Kemudian ada juga agenda penting yang diharapkan timnas U-20 Indonesia yakni Piala Dunia U-20 2025 di Chile.

Dalam ajang ini, tim asuhan Indra Sjafri diharapkan bisa lolos dan tampil di ajang dunia tersebut, sehingga tim pun dipersiapkan sejak dini.

Agar persiapan timnas U-20 Indonesia berjalan dengan maksimal, TC ini bakal digelar hingga 28 Januari 2024.

Indra Sjafri mengaku bahwa TC ini digelar karena ia pun mengaku ingin bisa menyiapkan generasi baru buat timnas Indonesia.

Oleh karena itu, pemain-pemain yang gabung di timnas U-20 Indonesia adalah mereka yang sebelumnya tampil di Piala Dunia U-17 2023 lalu.

Untuk itu, terdapat beberapa pemain yang tak asing seperti Iqbal Gwijangge, Arkhan Kaka, Ji Da-bin dan yang lainnya.

Baca Juga  Kedua Orang Tua Berasal dari Sudan, Pemain Persija Bermimpi Bela Timnas Indonesia

Walaupun pelatih asal Sumatera Barat itu menekankan bahwa semua pemain berpaspor Indonesia bisa membela tim Merah Putih untuk berlaga di ajang internasional.

Tetapi, ia tetap menekankan bahwa seleksi akan dilakukan dengan ketat, oleh karena itu sistem promosi degradasi diterapkan dalam TC timnas U-20 Indonesia ini.

“Hari ini kita akan coret lagi, dan akan kita panggil lagi pemain baru. Berapa orangnya, habis ini kita melihat hasil dari semua profil pemain yang ada,” lanjutnya.

Lebih lanjut, pelatih berusia 60 tahun itu mengaku akan melihat kualitas para pemain yang masuk dalam daftar 34 orang ini.

Indra mengaku akan ada beberapa pemain yang akan dipulangkan nantintya, tetapi ini akan dilihat secara bertahap.

“Nanti kita putuskan berapa orang yang kita kembalikan ke klub, dan berapa orang yang kita panggil lagi untuk kita coba,” ucap Indra.

Mantan pelatih Bali United itu mengaku bahwa ia memang menerapkan beberapa kriteria untuk mencari pemain timnas U-20 Indonesia ini.

Indra mengaku setelah melihat pemain timnas U-17 Indonesia bermain di Piala Dunia U-17 2023 lalu salah satu yang menjadi sorotan yakni soal tinggi pemain.

Untuk itu, ia tak bisa memungkiri bahwa salah satu yang dicari dari pemain ini yakni postur tinggi badan.

Walaupun tak disebutkan berapa minimal postur tubuh pemain yang diinginkan, tetapi Indra mengaku soal tinggi badan akan menjadi salah satu faktor utama dalam pencarian pemain baru.

“Kriteria pemain, pengalaman kita di Piala Dunia U-17, postur tubuh menjadi prioritas untuk kita di posisi-posisi tertentu,” kata Indra.

Indra mengatakan terkait pemilihan pemain ia memang sangat hati-hati karena, ia akan melihat secara jelas terkait profil, fisik, tes medis hingga psikologinya pun akan dilihat dengan jelas.

Baca Juga  BPBD DKI distribusi 1,4 juta liter air bersih untuk atasi krisis air

Pria yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI, itu pun mengaku bahwa kriteria yang dicari untuk pemain timnas U-20 Indonesia ini tak hanya soal postur tubuh saja.

Pasalnya, ia menilai beberapa kriteria lainnya juga penting untuk dimiliki para pemain.

Menurutnya ada empat kriteria yang juga wajib dimiliki pemain agar bisa membela timnas U-20 Indonesia yakni soal kualitas.

Selain memiliki kualitas bagus, tentu saja mentalitas juga menjadi salah satu syarat wajib agar timnas U-20 Indonesia semakin garang.

“Kriteria kualitas secara umum ada empat, yaitu kualitas skill, kualitas kecerdasan taktikal, dan kualitas taktikalnya dia,” jelas Indra Sjafri.

“Kemudian yang ketiga kualitas fisik, dan yang keempat kualitas mental,” tegasnya.

“Kempat-empat itu kami akan mengukur, dan kami tidak akan melakukan hal-hal di luar itu. Dan semua pemain yang akan dipilih adalah yang terbaik.”

Untuk menghindari sebutan pemain titipan, Indra pun menegaskan bahwa tak akan ada intervensi dari pihak manampin dalam pemilihan skuad Garuda Nusantara.

“Saya jamin di sini tidak ada satu pun pemain-pemain yang bisa diintervensi oleh siapapun. Saya tegas di sini,” pungkasnya.