Pelatnas Korea Umumkan Promosi-Degradasi 2024, Titisan An Se-young Muncul, Satu Andalan Ganda Putra Ditendang

Pelatnas Korea Umumkan Promosi-Degradasi 2024, Titisan An Se-young Muncul, Satu Andalan Ganda Putra Ditendang

Pelatnas Korea Umumkan Promosi-Degradasi 2024, Titisan An Se-young Muncul, Satu Andalan Ganda Putra Ditendang

Score – Sejumlah pemain andalan seperti ratu bulu tangkis dunia, An Se-young, jelas masih dipertahankan oleh pelatnas Badminton Association of Korea (BKA).

BKA telah menggelar seleksi tim nasional bulu tangkis 2024 yang diadakan di Seosan Gymnasium, Chungcheong, Korea Selatan, sejak 21 Desember 2023 lalu.

Diikuti oleh total peserta 109 pemain, 58 pemain putra dan 51 pemain putri.

Sebanyak 38 pemain telah terpilih dari persaingan ketat tersebut.

Nama-nama kuat di ganda putri, ganda putra dan ganda campuran pun masih menghiasi daftar penghuni pelatnas Korea pada tahun depan.

Namun sejumlah wajah baru juga menyertai daftar promosi dan degradasi pelatnas BKA 2024.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah munculnya pemain yang mulai dianggap sebagai titisan An Se-young di tunggal putri.

Dia dalah Kim Min-sun yang saat ini berusia 17 tahun.

Kim adalah kembaran dari pemain putri Korea lainnya, Kim Min-ji.

Namun performa Kim Min-sun jauh lebih disorot karena hasil turnamennya mulai terus menjanjikan.

Jika masih ingat, Kim Min-sun pernah dikalahkan pemain muda Indonesia, Mutiara Ayu Puspitasari, pada babak 16 besar Kejuaraan Asia Junior 2023 di Yogyakarta, Juli lalu.

Tetapi setelah kekalahan tersebut, hasil turnamen Kim melejit dengan berhasil mengemas dua gelar juara dari Woncheon Korea Junior International Challenge 2023 dan Pathumthani Junior International Series 2023 di Thailand.

Bahkan di Thailand itu, Kim Min-sun menggondol dua gelar juara dengan satu lagi di raih dari nomor ganda putri bersama Yeon Seo-yeon.

Saat memperkuat Korea di Kejuaraan Dunia Junior 2023 nomor tim. Dia juga tak terkalahkan setiap kali ditunjuk untuk berlaga.

Progres cepat di usia muda dan masuk pelatnas membuat Kim mulai disamakan dengan progres yang pernah ditunjukkan An Se-young saat masuk pelatnas di usia 15 tahun pada 2017 silam.

Baca Juga  Tak Cuma Valentino Rossi, Rivalitas Sengit Juga Bikin Jorge Lorenzo Benci Dani Pedrosa

Selain Kim, dari sektor putra juga muncul pemain muda Lee Jong-min kelahiran 2006.

Di sisi lain, sejumlah kejutan mewarnai degradasi pelatnas Korea tahun ini.

Sebab salah satu pemain andalan di ganda putra, Choi Sol-gyu, resmi dicoret. Peraih medali perak Asian Games 2022 itu memang sempat bermasalah dengan BKA sejak beberapa bulan terakhir, sejumlah kontroversi membuat dia sempat dilarang main, beberapa masalah yang mencuat adalah ketahuan mabuk dan membawa kekasihnya ke asrama pelatnas.

Masih dari jajaran pemain ganda putra, pemain lain yang dicoret adalah Na Sung-seung dan Kim Young-hyuk.

Daftar Pemain Pelatnas Bulu Tangkis Korea Selatan 2024:

Tunggal putra: Jeon Hyeok-jin, Jo Geon-yeop, Kim Hae-deun, Jeong Min-seon, Lee Yun-gyu, Seung Seung-hoon, Kim Byeong-jae, Kim Dong-hoon

Tunggal putri: An Se-young, Kim Ga-eun, Kim Garam, Shim Yu-jin, Park Ga-eun, Kim Joo-eun, Kim Seong-min, Kim Min-sun

Ganda putra: Seo Seung-jae, Kang Min-hyuk , Kim Won-ho, Jin Yong, Kim Jae-hyun, Noh Jin-seong, Lee Min-seo, Lee Sang-won, Lee Jong-min, Ki Dong-ju, Na Gwang-min

Ganda putri: Kim So-young, Lee So-hee, Chae Yu-jeong, Gong Hee-yong, Baek Hana, Jeong Na-eun, Kim Hye-jeong, Lee Yu-rim, Lee Yeon-woo, Kim Bo-ryeong, Shin Seung-chan

Ganda campuran: pelatnas Korea Selatan akan mengambil dari kombinasi pemain di ganda putra dan ganda putri, duet Seo Seung-jae/Chae Yu-jung dan Kim Won-ho/Jeong Na-eun masih bertahan.