Lucas Hernandez Cabut dari Bayern Munchen ke PSG Usai Sembuh Cedera, Ternyata Ini Alasannya

Lucas Hernandez Cabut dari Bayern Munchen ke PSG Usai Sembuh Cedera, Ternyata Ini Alasannya

SCORE.CO.ID – Bek Bayern Munchen, Lucas Hernandez, akhirnya bisa kembali merumput usai sembuh dari cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament) di lutut kanannya. Dia tampil apik dan hendak dipertahankan, tapi dia memutuskan cabut ke Paris Saint-Germain (PSG) saat kontraknya dengan Bayern Munchen habis.

Lucas Hernandez mengalami cedera ACL saat tampil di Piala Dunia 2022. Imbasnya, dia terpaksa melewatkan sisa turnamen empat tahun sekali itu bersama Timnas Prancis ditambah absen dari klub selama sisa musim 2022/2023. Jumlah total absen pemain Prancis berusia 27 tahun itu adalah 35 pertandingan untuk Timnas Prancis dan Bayern Munchen. 

Pasca comeback dari cedera – setelah melewati masa sulit di “Bavaria”, Lucas Hernandez membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain berpengaruh Bayern Munchen di lini pertahanan, terutama saat Jerome Boateng dan David Alaba pindah klub.

Pemain senilai 80 juta euro tersebut memiliki kecepatan pengambilan keputusan yang luar biasa, ketenangan, dan kemampuan membaca arah permainan. Tak pelak, eks pemain Atletico Madrid itu telah tampil sebanyak 107 kali pertandingan untuk membela Bayern Munchen di semua kompetisi.

Begitu, kontraknya dengan Bayern Munchen hampir habis, Hernandez memutuskan untuk cabut dari klub asal Jerman tersebut. Namun, Bayern ingin mempertahankan Hernandez, sehingga mereka membuka pembicaraan di bulan Maret-Juni 2023 untuk menyodorkan perpanjangan kontrak tiga tahun. 

Sayangnya, tekad Lucas Hernandez untuk pergi dari Bayern Munchen sudah bulat. Pemain asal Prancis itu pun bergabung dengan PSG. 

Saat PSG mengejar Hernandez, beberapa basis penggemar klub – termasuk pemimpin grup ultra Romain Mabille – menentang penandatanganannya. Melansir dari getfootballnewsfrance.com, (25/12/23), Mabille dan kawan-kawan dilaporkan masih kesal karena Hernandez dan rekan-rekan satu timnya di Bayern Munchen berhasil melibas PSG di final Liga Champions 2020 dengan skor 0-1. 

Baca Juga  Adrien Rabiot Cemas pada Keputusan Pelatih Juventus Musim Depan

Mereka menduga Hernandez dan rekan-rekannya mengolok-olok PSG, dan mengambil sikap miring terhadap Marseille – satu-satunya klub Prancis yang memenangkan Piala Eropa. Atas dasar sikap mengesalkan itulah para suporter PSG, khususnya Romain Mabille cs, melakukan penentangan terhadap perekrutan Hernandez. 

Lucas Hernandez Cabut dari Bayern Munchen ke PSG Usai Sembuh Cedera, Ternyata Ini Alasannya

Namun, tampaknya pihak klub sendiri tidak mau ambil pusing dengan hal itu. Mereka jalan terus. Usai sepakat dengan biaya transfer 45 juta euro, akhirnya PSG memboyong Hernandez ke Princess Park. 

Sejak kepindahannya ke “Les Parisiens” – julukan bagi klub PSG, pemain internasional Prancis yang bermain sebanyak 36 kali itu menikmati musim bebas cedera sejak Juli 2023 dan telah memainkan 20 pertandingan di semua kompetisi musim 2023/2024 ini. 

Sejatinya Hernandez lebih menyukai ditempatkan sebagai bek tengah, akan tetapi Luis Hernandez kerap menempatkannya sebagai bek kiri. Meskipun begitu, Hernandez tetap tampil bagus dengan sedikit kesulitan. 

Menurut FBRef, dia rata-rata melakukan operan progresif sebanyak 6,46 persen per 90 dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi 89,9 persen. Tak pelak, hal itu membuatnya diposisikan sebagai bek terbaik di lima liga top Eropa. 

Terlepas dari kritiknya, Hernandez bisa menjadi rekrutan cerdik yang dilakukan PSG asalkan memberikan pelatihan dan pengarahan yang tepat.