Paolo Maldini Pernah Sarankan Pemecatan Stefano Pioli Ke Pemilik AC Milan

Paolo Maldini Pernah Sarankan Pemecatan Stefano Pioli Ke Pemilik AC Milan

SCORE.CO.ID – Nasib Stefano Pioli sebagai pelatih AC Milan berada di ujung tanduk, terancam dipecat karena penampilan buruk tim dalam beberapa pertandingan terakhir. Dalam beberapa pertandingan terakhir, pasukan AC Milan memang tidak memperlihatkan penampilan yang bagus. 

Pertama, mereka tersingkir di Liga Champions, meskipun perolehan poin mereka sama dengan PSG dan hanya berbeda jumlah golnya saja. Kedua, bermain imbang 2-2 melawan tim gurem penjaga peringkat terakhir, yaitu: Salernitana. 

Kedua penampilan ini cukup untuk membuat posisi Pioli benar-benar terancam. Dimana, tentunya, pihak klub bisa saja memecat kapanpun, pekan depan atau tidak dalam jangka waktu dekat.

Dan, orang yang menyarankan pemecatan Stefano Pioli adalah Paolo Maldini sebelum dipecat awal musim panas tahun ini. Menurut laporan, eks direktur teknik AC Milan ini dipecat bersama Frederick “Ricky” Massara (direktur sepak bola AC Milan), sehingga Stefano Pioli mendapat kekuasaan lebih. 

Fabio Ravezzani, seorang wartawan olahraga kenamaan Italia, mengungkapkan bahwa Maldini pernah menyarankan manajemen AC Milan untuk memecat Pioli sebelum dirinya benar-benar dipecat. Dan, jika itu benar-benar dilakukan Gerry Cardinale (direktur AC Milan) sekarang, maka itu akan menjadi sebuah pengakuan tidak langsung bahwa mereka melakukan keputusan yang salah di awal musim panas lalu. 

Paolo Maldini Pernah Sarankan Pemecatan Stefano Pioli Ke Pemilik AC Milan

“Dua pertimbangan pada Pioli. Maldini telah menyarankan pemecatannya. Manajemen saat ini mendepak Maldini dan memperluas kekuasaan Pioli. Memecatnya [Pioli] pada bulan Desember berarti mengakui bahwa mereka melakukan segala kesalahan. Itu bukanlah hal yang buruk. Asalkan Anda menyelesaikan situasi tersebut dengan cemerlang,” tulis Ravezzani, sebagaimana dikutip dari Sempremilan.com, (23/12/23).

Lebih lanjut, dia menyatakan, “Kepada mereka yang mengatakan: ‘Maldini memperbarui kontraknya!’. Itu benar. Namun Pioli telah melakukan hal-hal luar biasa hingga setahun yang lalu, akan sangat tidak masuk akal jika tidak memperbarui kontraknya. Di sisi lain, hampir semua klub besar mengalami pemecatan. Meski begitu, Maldini (yang melakukan kesalahan serius) telah melaporkan masalah ini tepat pada waktunya.”

Baca Juga  De Rossi Ingatkan AS Roma: Jangan Terbuai oleh Kemenangan!

Seandainya, pihak manajemen AC Milan benar-benar memecat Stefano Pioli sebagai pelatih, maka pertanyaannya siapakah orang yang cocok untuk menggantikannya? Dan apakah mereka akan mampu menggantikan Pioli dengan manajer yang ‘tepat’? 

Meskipun pemecatan Pioli belum akan terjadi dalam waktu dekat, tetapi Milan telah memikirkan kemungkinan pengganti pelatih. Ada banyak pilihan bagus bagi mereka yang tidak memiliki klub saat ini. Diantaranya adalah: Frank Lampard, Graham Potter, Ole Gunnar Solskjaer, Joachim Low, Film Hansi, Antonio Conte, Julen Lopetegui, Igor Tudor, Dunga, dan Ralph Hasenhuttl.

Hanya ada sedikit hal dalam daftar tersebut yang memicu kegembiraan besar. Antonio Conte memiliki silsilah yang luar biasa, tetapi dia akan menjadi tipe pelatih yang sangat berbeda. Graham Potter pernah bekerja di luar Inggris sebelumnya dan diketahui siap kembali ke manajemen. Dia juga akan mencocokkan metode rekrutmen berbasis data yang kini digunakan Milan. Julen Lopetegui memiliki sejumlah silsilah tertentu dan sering dikaitkan dengan beberapa posisi teratas di Eropa.