Bukan Cuma Amerika Serikat, Inilah 5 Negara Penghasil Pemain NBA Terbanyak Lainnya

327559618 SCORE.CO.ID

ScoreNational Basketball Association ( NBA ) adalah liga bola basket profesional Amerika Serikat yang terdiri dari 30 tim. Kompetisi tersebut terbagi menjadi dua wilayah, yaitu wilayah barat dan timur dengan total pertandingan sebanyak 82 kali bertanding.

Sampai saat ini, NBA merupakan kompetisi bola basket terpopuler di dunia. Tidak hanya masyarakat Amerika Serikat saja yang menaruh mimpi untuk menjadi pemain NBA , tetapi dari seluruh negara menjadikan NBA sebagai mimpi tertinggi mereka.

Dalam sejarah NBA , banyak bakat asli dari Amerika Serikat yang telah tercipta seperti Michael Jordan, LeBron James, Kobe Bryant, dan masih banyak lagi. Namun, tidak sedikit juga pemain dari negara lain yang mampu menembus kompetisi NBA bahkan di antaranya pernah menjadi pemain terbaik, seperti Nikola Jokic dari Serbia dan Giannis Antetokounmpo dari Yunani.

ADVERTISEMENT

Berikut ini merupakan negara-negara selain Amerika Serikat sebagai penghasil pemain NBA terbanyak:

Nikola Jokic telah berperan besar bagi eksistensi bola basket Serbia di NBA karena performa luar biasanya. Jokic telah memenangkan dua kali MVP NBA secara berturut-turut serta memiliki catatan yang impresif dalam beberapa tahun terakhir ini.

Selain Nikola Jokic, Serbia juga telah menghasilkan beberapa pemain di NBA dengan bakat-bakat yang cemerlang, seperti Hall of Famer Vlade Divac, Juara NBA Peja Stojakovic, dan mantan pemain Detroit Pistons Darko Milicic.

Dahulu, Australia sebenarnya bukanlah negara yang terkenal menghasilkan pemain-pemain hebat dan terkenal ketika bermain di NBA . Hanya segelintir pemain saja, seperti Luc Longley, Shane Heal, Andrew Gaze, dan first-round pick Andrew Bogut.

Akan tetapi, dalam beberapa tahun terakhir, Australia dapat berkembang dengan cepat dan menghasilkan pemain-pemain hebat yang memiliki prospek besar di NBA seperti Ben Simmons dan Josh Giddey.

Baca Juga  Hasil Pertandingan FIBA World Cup 2023 3 September: Latvia Buat Sejarah, Kanada Singkirkan Spanyol

Selain negara-negara Eropa dan Australia yang membuat gebrakan di dunia bola basket, salah satu negara dari Afrika, Nigeria juga tidak mau kalah. Mereka memiliki total telah mengirimkan bakat-bakat hebat dari negaranya sebanyak 35 pemain dan 10 di antaranya masih aktif bermain hingga kini di NBA .

Salah satu nama besar yang berasal dari Nigeria adalah center fenomenal sekaligus Hall of Famer dan dua kali juara NBA Hakeem Olajuwon.

Selain Spanyol dan Serbia yang terkenal kerap menghasilkan pemain-pemain hebatnya untuk bermain di NBA , Prancis juga menjadi negara Eropa yang memiliki jumlah pemain terbanyak di antara negara Eropa lainnya.

Sang peraih first overall 2023 NBA Draft Picks, Victor Wembanyama adalah salah satu pemain baru dari Prancis yang berhasil masuk dalam NBA . Sedangkan, pemain terdahulu yang menjadi salah satu pemain terbaik NBA sepanjang sejarah adalah Tony Parker.

Meskipun dalam sejarah, bola basket berasal dari Amerika Serikat , tetapi sang penemunya Dr. James Naismith adalah orang Kanada. Oleh karena itu, tidak heran jika Kanada menjadi negara penghasil pemain di NBA terbanyak selain Amerika Serikat .

Beberapa pemain terbaik NBA saat ini bahkan berasal dari Kanada. Pemain tersebut di antaranya Shai Gilgeous-Alexander, Andrew Wiggins, RJ Barrett, dan peraih juara NBA 2023 Jamal Murray. Terdapat pemain Kanada juga yang telah dinobatkan sebagai Hall of Famer, yakni Steve Nash. (Barkah Hijratul Asyuro)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *