IBL 2023 Berakhir, Berikut Profil 16 Tim yang Telah Bertanding

IBL 2023 Berakhir, Berikut Profil 16 Tim yang Telah Bertanding

ywAAAAAAQABAAACAUwAOw== SCORE.CO.ID

Score – Indonesian Basketball League (IBL) musim 2023 telah berakhir dengan Prawira Harum Bandung yang keluar menjadi juaranya mengalahkan Pelita Jaya di Final.

16 tim telah bertarung dalam 240 pertandingan yang terbagi menjadi 8 seri di 8 kota yang berbeda. Turnamen pun telah dimulai sejak 14 Januari 2024 di Denpasar, Bali.

Berikut profil setiap tim dan para pemain yang mencatatkan statistik terbaik selama gelaran IBL 2023 ini:

ADVERTISEMENT

1. Bali United Basketball

Bali United Basketball Club adalah tim yang baru terbentuk secara resmi pada hari Jumat, 18 Desember 2020 pukul 15.00 WITA. Tim basket profesional pertama asal bali ini baru bermain di kompetisi tertinggi Indonesian Basketball League (IBL) pada tahun 2021.

Dengan tagline ‘Bali Bernyali’, tim ini memiliki visi untuk menjadi tim bola basket yang unggul di Indonesia serta menjadi pusat pertumbuhan untuk bakat-bakat olahraga bola basket. Sedangkan misinya antara lain adalah mencetak prestasi di Indonesia Basketball League (IBL), membina bakat muda lokal Bali di bidang bola basket, menumbuhkan jaringan komunitas bola basket yang luas di Pulau Bali, dan menuju prospek ke depan sebagai tim yang go-internasional.

Manajemen

Presiden Klub (owner): Philmon TanuriKomisaris Klub: Yabes TanuriDirektur Utama: Putri SudaliTeam Manager: Sigit SugiantoroGeneral Affair: Ayesha PentaGeneral Affair: YuliPelatih: Anthony GarbelottoAsisten Pelatih: I Gusti Rusta WijayaAsisten Pelatih: I Gusti Ngurah TeguhAsisten Pelatih: Asep NugrohoOfisial: Daniel OktavianusOfisial: Alfian IndrayudhaOfisial: Yahya Safudin

Season LeadersJulius Bowie 17,24 PPGAbraham Wenas 4,06 APGDior Lowhorn 9,07 RPG

2. Bima Perkasa Jogja

Bima Perkasa awalnya bernama Bima Sakti. Perubahan nama menjadi Bima Perkasa Jogja mulanya pada 1 Desember 2016. Dengan nama tersebut, mereka mulai berkompetisi di IBL pada tahun 2016.

Namun, pada musim 2016-2017, nama klub ini berubah menjadi Bank BPD DIY Bima Perkasa setelah salah satu perusahaan daerah tertarik. Mereka dianggap mampu mempromosikan daerahnya dengan baik. Kemudian pada playoffs IBL 2021 resmi menjadi KAI BIMA PERKASA JOGJA.

Kini, Bima Perkasa telah menjadi wadah yang tepat bagi atlet-atlet basket dari Kota Pelajar. Mereka dapat menjalani mimpi tampil di liga profesional bersama tim asal kota asalnya.

Manajemen

Owner: Dr. Edy Wibowo, Sp.M., M.PHDirektur Utama: Dr. Edy Wibowo, Sp.M., M.PHKomisioner Klub: IsmawanPenasihat Klub: Tiara IrianiPresiden Klub: Dr. Hady Efendy, S.T., M.T.,Vice President: Aldiego Adhi MakayasaGeneral Manager: Alvin IndraFinance Manager: ErmawatiOperational Manager: Fransisca JuniatiGeneral Affair: Christya Putri AdindaPelatih Kepala: Efri MeldiAsisten Pelatih: Danny KusumaAsisten Pelatih: Rachmad Febri UtomoAsisten Pelatih: Oleh HalimS&C Coach: Benjamin Enrique Basa BaronOfisial: M. Fadly SonjayaOfisial: Mukroman

Season Leaders

Cameron Jamal Coleman 17,78 PPGCameron Jamal Coleman 2,75 APGFuquan Kahlil Niles 8,63 RPG

3. Bumi Borneo Basketball Pontianak

Bumi Borneo Basketball adalah salah satu tim pendatang baru di IBL. Tim yang bermarkas di Pontianak, Kalimantan Barat ini mulai berkompetisi dalam IBL pada musim 2022.

Bumi Borneo telah lahir dari sebuah mimpi dan semangat untuk membawa talenta muda terutama dari Pontianak dan Kalimantan Barat ke pentas nasional dan internasional. Tim ini juga memiliki tekad untuk membangun karakteristik sportivitas, integritas dan kolaborasi para anggota dan talenta muda Indonesia serta memberi akses bagi talenta di Kalimantan pada umumnya, serta Pontianak dan Kalimantan Barat khususnya.

Baca Juga  Hawks buka perjalanan seri ketujuh dengan kemenangan atas West Bandits

Manajemen

Presiden Klub (owner): Yansen KamtoVice President: Ali BudimansyahKomisaris: Isenta HioeDirektur: Yansen KamtoManager: Rendy PutramaHead of Talent Growth: Rivaldo Tandra PangesthioPelatih Kepala: Tondi Raja SyailendraAsisten Pelatih: Rimbun SidahnurukAsisten Pelatih: Ahmad JunaediStatistics: Endru BagaskaraPhysical Coach: Yuditya PerdanaOfisial: Erfan Leo RicardoUtility: Medianto Arikusprastyo

Season Leaders

Randy Bell 20,4 PPGRandy Bell 3,37 APGCameron Devon Ridley 9,32 RPG

4. Dewa United Banten

Dewa United merupakan salah satu tim IBL yang baru terbentuk, tepatnya pada tahun 2020. Tim yang menjadikan Veni Vidi Vici sebagai visinya ini berdiri untuk menjadi pemenang, tidak hanya untuk memenangkan pertandingan dan industri olahraga, tetapi juga menjadi pemenang di hati masyarakat.

Misi yang dijalankan oleh tim ini adalah untuk membangun tim yang kuat di setiap divisi olahraga dengan sistem manajemen yang baik. Membangun hubungan yang kuat dengan para fans yang setia termasuk membuat basis penggemar yang baik dengan promosi yang kokoh dan kuat. Memberikan juga peluang yang baik dalam sistem seleksi pemain yang berkualitas dan profesional. Yang terakhir adalah mengikuti berbagai acara resmi baik di tingkat nasional dan internasional.

Manajemen

Presiden klub (founder): Tommy Hermawan LoKomisaris Klub: Lexyndo HakimDirektur Utama (CEO): Michael Oliver WellerzGeneral Manager: Wijaya SaputraManager: Zaki IskandarPelatih Kepala: Santiago Daniel RimoldiAsisten Pelatih: Wendha WijayaAsisten Pelatih: Yurifan HosenAsisten Pelatih: Maddis AbiezaPelatih fisik: Martin GaldeanoFisioterapi: Muhammad FajeriannorFisioterapi: Nabil

Season Leaders

Yeison Yan Colome 19,36 PPGXaverius Prawiro 2,68 APGAnthony Johnson 10,74 RPG

5. Elang Pasific Caesar Surabaya

Elang Pasific Caesar Surabaya adalah salah satu klub basket tertua di Indonesia. Klub yang bermarkas di Surabaya tersebut mulanya berdiri pada tahun 1968. Tepatnya pada tanggal 8 Mei 1968 sebagai klub amatir.

Tim ini berdiri awalnya hanya sekolah basket untuk anak muda, dan sekarang Pacific lengkap sebagai klub. Memiliki tim profesional, pembinaan yang berjalan seiring, serta GOR sebagai fasilitas penunjang utama.

Manajemen

Presiden Klub (owner): Bambang SusantoDirektur Utama: The Irsan Pribadi SusantoKomisaris Klub: Jossi Susanto HartonoGeneral Manager: Soegiono HartonoAsisten Manager: Dean JulyantoPenasihat Tim: Agus WijaksonoGeneral Affair: Meiliani SusantoGeneral Affair: Reiner AnggakaraPelatih Kepala: Sung JaesikAsisten Pelatih: A. KiatAsisten Pelatih: Diky Freedo PratamaTechnical Advisor: Soegiono HartonoOfisial: Bambang SusantoOfisial: Soegiono HartonoUtility: Jimmy IndrataSeason Leaders

Morakinyo Michael Williams 19,47 PPGGregorio Claudie Wibowo 4,63 APGMorakinyo Michael Williams 12,43 RPG

6. Evos Thunder Bogor

Nama Evos sudah tidak terdengar asing lagi di kalangan penggemar dan pelaku E-Sport. Kemudian pada tahun 2021, Evos ingin mengembangkan sayapnya lagi dengan tim bola basket Evos Basketball yang bermarkas di Kota Bogor

Dengan keyakinan bahwa dunia akan menjadi tempat yang lebih baik jika orang-orang diberi kesempatan untuk mengejar karir pada masing-masing bidang yang mereka cinta itulah yang membuat Evos mampu berdiri.

Evos juga ingin menjadi yang terbaik berlandaskan pada semangat, mentalitas kerendahan hati dan pantang menyerah pada diri setiap anggota tim Evos.

Manajemen

Direktur Utama: Hartman Harris CHPembina & Pemilik Klub: Wesley Man Kit Yiu & Michael WijayaKomisaris Klub: Michael WijayaGeneral Manager: Andre YuwadiMarketing Manager & PR: Tony ThamManager Keuangan & Admin: Achmad MurwantoGeneral Affair: Yulliyana SharahTeam Manager: Iwan MurryawanPelatih Kepala: Andre YuwadiAsisten Pelatih: Muhamad HosimAsisten Pelatih: Ricky Dwi TauriOfisial: Muhammad Khoirudin AmriOfisial: Guntur Jiwokusumo Santoso

Baca Juga  Hari Terakhir Fase Grup Putaran Pertama FIBA World Cup 2023, Berikut Tim yang Dipastikan Lolos

Season Leaders

Andre Jackson 14,73 PPGHendra Thio 2,76 APGAndre Jackson 8,17 RPG

7. Indonesia Patriots

Indonesia Patriots adalah Tim Nasional Indonesia yang berisi pemain muda terbaik yang akan berlaga di event International untuk mewakili negara Indonesia. Dengan hashtag #bawabangga Indonesia Patriots siap menjadi putra putri terbaik bangsa yang dipilih membawa kebanggaan untuk mewakili Indonesia berjuang demi prestasi bola basket tanah air.

Manajemen

Manager: Ahmad NuradinPelatih Kepala: Milos PejicAsisten Pelatih: Johannis WinarAsisten Pelatih: Wahyu Widayat JatiPhysiotheraphy: Raul Jr. RomeroPhysiotheraphy: Fahmi Alkhadry KotoMasseur: Endang MuklisinUtility: M. Fachry Hadi

Season Leaders

Anthony Beane 21 PPGAnthony Beane 4,58 APGDame Diagne 10,76 RPG

8. NSH Mountain Gold Timika

NSH Mountain Gold Timika awalnya bernama NSH GMC. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2020 tim yang berdomisili di Jakarta ini melakukan merger dengan klub basket asal Timika sehingga kini namanya lebih dikenal dengan NSH Mountain Gold Timika.

Manajemen

Komisaris Klub: Reddy Wijaya & Agus KreyDirektur Utama: Caesar Avianto TunyaGeneral Manager: Ronaldo OmalengManager: Yusuf Arlan RuslimPelatih Kepala: Predag LukicAsisten Pelatih: Agus Pamungkas BatbualAsisten Pelatih: Ruspin GultomOfisial: Mefi Gayus MaraniOfisial: Ahmad SofyanFisioterapis: Yogha Rasta

Season Leaders

Jarrid Jerome Famous 16,18 PPGAndre Rorimpandey 3,46 APGJarrid Jerome Famous 7,39 RPG

9. Pelita Jaya Bakrie Jakarta

Pelita Jaya merupakan klub yang didirikan pada tahun 1987 yang terbentuk oleh Kelompok Usaha Bakrie sebagai sumbangsih kepada dunia olahraga Indonesia, khususnya Bola Basket. Pelita Jaya saat ini telah memiliki gelar liga basket nasional sebanyak tiga kali.

Manajemen

Presiden Klub: Andiko Ardi PurnomoGeneral Manager: Fictor Gideon RoringTeam Manager: Nugroho Budi CahyonoPelatih Kepala: JovicicAsisten Pelatih: Koko HeruAsisten Pelatih: HermantoAsisten Pelatih: Jap RickyDokter Tim: Brian Reggie

Season Leaders

Andakara Prastawa 15,18 PPGAndakara Prastawa 4 APGDominique Sutton 10,29 RPG

10. Prawira Harum Bandung

Prawira Bandung berdiri sejak tahun 2018, setelah sebelumnya klub ini bernama Garuda Bandung. Klub yang bermarkas di Gor Citra Arena Bandung ini memiliki sebutan bagi para pendukungnya sebagai Prawira Family.

Manajemen

Komisaris Klub: Yunaidy WuDirektur Utama: Teddy TjahjonoGeneral Manager: Andri SyarelGeneral Affair: Rangga IlhamsanyPelatih Kepala: David SingletonAsisten Pelatih: Andri MalayAsisten Pelatih: Nico Donnda FitzgeraldS&C: Basir Ali IsmailFisioterapis: Brandon AndestaOfisial: Ridwan MintarjayaOfisial: Ranggal IlhamsanyOfisial: Firdaus Tri Pamungkas

Season Leaders

Brandone Francis 23,9 PPGYudha Saputera 4,58 APGJarred Shaw 8,94 RPG

11. RANS PIK Basketball Club

RANS PIK didirikan pada tahun 2021 dengan membawa visi dan misi mengembangkan talenta muda, pro player, serta industri khususnya bola basket dengan memberikan pembinaan, serta memberi eksposur di RANS Entertainment untuk menaikkan commercial value atlet Indonesia

Manajemen

Komisaris Klub: Raffi Ahmad, Rudy Salim, dan Ario Bimo Nandito AriotedjoDirektur Utama: Jeremy Imanuel SantosoGeneral Manager: Anthony GunawanTeam Manager: Arvin RamandaPelatih Kepala: Bambang Asdianto PribadiAsisten Pelatih: Parna AbrizaltAsisten Pelatih: Deng Matioup AwakS&C: Tri PrasetyoFisioterapis: Hariyanto

Baca Juga  Pebasket muda Indonesia butuh laga internasional untuk berkembang

Season Leaders

Akeem Scott 13,94 PPGAkeem Scott 3,13 APGAkeem Ellis 8,08 RPG

12. RJ Amartha Hangtuah

Klub yang berdiri sejak tahun 1995 ini, kini lebih dikenal sebagai klub yang memiliki skuad muda paling banyak. Sebelumnya, Amartha Hangtuah sempat mengalami beberapa perubahan nama dengan segudang prestasi yang mengirinya.

Manajemen

Presiden Klub (owner): Gading Ramadhan JoedoDirektur Utama: Andi Taufan Garuda PutraKomisaris: Musab MochammadTeam Manager: Leonardo NikiPelatih Kepala: Antonius Ferry RinaldoAsisten Pelatih: Harry PrayogoAsisten Pelatih: Ary Sapto NugrohoOfisial: SukamtoOfisial: Andreas Ariada

Season Leaders

Ronnie Lee Boyce III 24,2 PPGKelly Purwanto 4 APGRonnie Lee Boyce III 10,05 RPG

13. Satria Muda Pertamina Jakarta

Satria Muda didirikan pada 28 Oktober 1993 yang memiliki slogan Juara Indonesia Indonesia Juara. Satria muda merupakan salah satu klub tersukses yang pernah berkompetisi di liga basket nasional dengan memiliki 10 gelar juara.

Manajemen

Presiden Klub: Muhammad IbrahimVice President Klub: Rony GunawanPenasihat Tim: Wan AmranPelatih Kepala: Youbel SondakhAsisten Pelatih: IsmaelAsisten Pelatih: Muhammad GofarAsisten Pelatih: Abdurrachman

Season Leaders

Elijah Foster 12,83 PPGWidyanta Putra Teja 3,5 APGElijah Foster 9,07 RPG

14. Satya Wacana Salatiga

Satya Wacana mulai terbentuk pada tanggal 2007 dengan bermarkas di Kota Salatiga, Jawa Tengah. Awalnya tim ini bernama Pusdiklat Bola Basket FTI-UKSW yang hanya berlaga di tingkat mahasiswa. Oleh karena itu, Satya Wacana menjadi satu-satunya tim yang berbasis perguruan tinggi yang ikut berlaga di IBL.

Manajemen

General Manager : Martin SetyawanPelatih Kepala : Jerry LolowangAsisten Pelatih : Revan JonathanAsisten Pelatih : Rahmad YuliAsisten Pelatih : Musthofa Ramadhan

Season Leaders

Shemar Johnson 17,75 PPGCalvin Yeremias 2,83 APGShemar Johnson 6,46 RPG

15. Tangerang Hawks Basketball Club

Tangerang Hawks merupakan salah satu klub basket termuda yang berkompetisi di IBL. Tim yang bermarkas di Tangerang ini baru masuk menjadi anggota IBL pada musim 2022.

Manajemen

Komisaris Utama (owner): Ahmed Rully ZulfikarCEO/Presiden Klub: Iskandarsyah Rama DatuTeam Manager: Indra BudiantoPelatih Kepala: Antonius Joko EndratmoAsisten Pelatih: Daniel PoetirayAsisten Pelatih: Tri HartantoPelatih Fisik: Dwi Prasetiyono

Season Leaders

Tyron Lamar Criswell 16,57 PPGDanny Ray 2,48 APGAnthony Allen Jr. 11,86 RPG

16. West Bandits Solo

West Bandits baru memasuki kompetisi IBL pada musim 2020 yang akan mewakili Kota Solo, Jawa Tengah. Awalnya klub ini hanyalah sebuah komunitas bola basket jalanan yang memiliki banyak prestasi. Sehingga pada akhirnya memutuskan untuk bertarung dalam kompetisi IBL.

Manajemen

Direktur Utama: Angklung Gading GumilangGeneral Manager: Cesar Wilhelem Harry ChristianPelatih Kepala: Nedas PaceviciusAsisten Pelatih: Muflih FarhanAsisten Pelatih: Yudhi Mardiansyah

Season Leaders

Prince Targbe Williams 16,94 PPGChristian Gunawan 3,96 APGPrince Targbe Williams 6,11 RPG. (Barkah Hijratul Asyuro)***