Amir Murrillo: Kebanggaan Panama Bersinar di Olympique de Marseille

Amir Murrillo: Kebanggaan Panama Bersinar di Olympique de Marseille

SCORE.CO.ID –  Panama bisa saja memasuki masa keemasan dalam sejarah sepak bola negaranya. Sejauh ini, “Los Canaleros” – julukan bagi Timnas Panama – berhasil masuk semifinal Concacaf Nations League, lolos ke Copa America 2024, dan lolos ke final Piala Emas 2023.

Langkah selanjutnya bagi Panama adalah memiliki pesepak bola yang bermain di liga-liga top Eropa, dan di sinilah Michael Amir Murillo berperan. Bek kanan berusia 27 tahun itu pindah dari Royal Sporting Club Anderlecht ke Olympique de Marseille musim panas lalu.

Musim lalu, sang bek membuat 45 penampilan di semua kompetisi untuk tim Belgia, di mana ia mencetak enam gol dan mencatatkan lima assist. Alhasil, performanya untuk klub dan tim nasional ikut menarik perhatian Olympique de Marseille untuk memperkuat lini belakang mereka.

Murillo mulai tampil prima meski harus beradaptasi dengan kehidupan di Ligue 1. Dia mencatatkan 11 penampilan di semua kompetisi untuk Marseille sambil mencetak satu gol dan mencatatkan satu assist. Selain itu, gol yang dicetaknya melawan Olympique Lyonnais pada 6 Desember menempatkannya dalam sejarah.

Sang bek menjadi orang Panama pertama dalam hampir 30 tahun yang mencetak gol Ligue 1. Dely Valdès adalah satu-satunya pemain dari negara Amerika Tengah yang sebelumnya pernah mencetak gol di liga papan atas Prancis, sang striker pernah bermain di Paris Saint-Germain dari tahun 1995 hingga 1997.

Jika Murrillo bisa memberikan pengaruh bersama Marseille dan terus bermain bagus, semuanya menjadi pertanda baik bagi Panama pada tahun 2024. Dengan semifinal Nations League melawan Meksiko pada 21 Maret, bek kanan ini akan diandalkan untuk membuat perbedaan – dia sudah melakukannya. membuat perbedaan terhadap basis penggemar Olympique de Marseille di negara asalnya, seperti yang dia katakan kepada RMC baru-baru ini:

Baca Juga  Performa Kian Buruk, Lyon Coba Tarik Bruno Genesio Jadi Manajer Lagi

“Sebenarnya ada orang yang mengirimi saya foto suporter dengan jersey Olympique de Marseille saya di Panama! Sebelumnya hal ini tidak terjadi… Itu adalah sesuatu yang mengharukan. Ya, Olympique de Marseille memang menjadi salah satu tim yang paling populer [di Ligue 1 dan di dunia]. Memang benar bahwa orang-orang membeli jersey saya, atau bahkan jersey Aubameyang yang tentunya paling terkenal di klub,” kata Murillo, dikutip dari laman resmi Ligue1, (14/12/23).

Setelah musim ini, seluruh musim bersama Olympique de Marseille juga memungkinkan dia memainkan peran penting dalam aspirasi Copa America Panama. Karena Thomas Christiansen dan timnya tergabung dalam grup kompetitif bersama Bolivia, Uruguay, dan Amerika Serikat.

Amir Murrillo: Kebanggaan Panama Bersinar di Olympique de Marseille

Profil Amir Murrillo 

Amir Murillo memiliki nama lengkap Michael Amir Murillo. Ia lahir tanggal 11 Februari 1996 di Panama City, Panama – berarti saat ini, ia berusia 27 tahun. 

Murillo mempunyai tinggi badan 183 cm, dan biasa ditugaskan di pos lini bertahan alias bek sejak awal kariernya sebagai pesepak bola profesional. Sejak 2023, ia hijrah dari klub sepak bola Amerika Serikat New York Red Bulls ke klub sepak bola Prancis Olympique de Marseille. Dan sudah menjadi bagian dari Timnas Panama sejak tahun 2016.