Liverpool Berhutang Budi Pada Alisson, Sadari Karena Hal Ini

Liverpool Berhutang Budi Pada Alisson, Sadari Karena Hal Ini

SCORE.CO.ID – Alisson Becker kini berusia 31 tahun menjadi penjaga gawang beken di Liga Inggris musim 2023-2024.

Ia telah mencatat cleensheet ssbanyak 4 laga tanpa kebobolan dalam 13 matches, Alisson juga hadir sebagai tembok kokoh bersama T. Arnold.

Hal yang paling luar biasa tentang penyelamatan Alisson saat melawan Crystal Palace pada hari Sabtu malam, bahwa itu bukanlah penyelamatan terbaik yang dilakukan kiper Liverpool musim ini. 

Perhentiannya juga menggagalkan peluang Miguel Almirón dalam kemenangan 2-1 atas Newcastle pada bulan Agustus 2023 lalu, ia menjadi penyelamat terbaik Liga Premier bulan ini dan mungkin juga meraih hadiah tahunan, berada di peringkat teratas musim 2023-2024.

Dari Semua Prestasi, Liverpool Justru Menyangkal

Namun, penghentian untuk menyangkal Alisson terbaik itu dilihat dari official Liverpool yang mengeluh-eluhkan Mohammed Salah yang paling berjasa.

Padahal disini, Liverpool membutuhkan Trent Alexander-Arnold dan Alisson untuk bergegas kembali dan membersihkan bagian belakang dan mencegah lawan menggeliat melewati garis gawang.

Jika tembakannya berhasil mengenainya, tidak akan ada seorang pun yang bertanya kepada kiper. Mereka akan menyalahkan Alisson, tentu itu mungkin cara terbaik untuk menyimpulkan tingkat kesulitan penyelamatan klub.

Kemarin melawan Palace, detik-detik terakhir masa tambahan waktu saat Palace mencari gol penyeimbang, pemain Brasil itu juga menunjukkan kecepatan luar biasa untuk turun dan menepis sundulan Joachim Andersen. 

Tayangan ulang menunjukkan bahwa pemain Denmark itu offside, tetapi Alisson tidak mengetahuinya saat itu. Meskipun dia tidak bisa mencatatkan clean sheet di sini, Jean-Philippe Mateta mengalahkannya dari titik penalti — namun itu adalah pertandingan lain yang menggarisbawahi statusnya sebagai yang terbaik di dunia di posisinya.

Apa Selanjutnya?

Dia bukan satu-satunya pemain Liverpool yang terlibat dalam kekuatan musim ini. Alexander-Arnold telah lama bersaing dengan pemain seperti Kyle Walker dan Reece James untuk mendapatkan posisi itu, sementara Virgil van Dijk , yang pernah menjadi pilihan bek tengah nomor satu, kini terlihat bersaing dengan William Saliba dan Rúben Dias.

Baca Juga  Harry Maguire Ingin Pindah dari Manchester United : Saya Kerap di Jadikan Bangku Cadangan

Dulu ada perdebatan serupa seputar Alisson yang disamakan dengan rekan senegaranya Ederson, Thibaut Courtois, Manuel Neuer, Jan Oblak dan lainnya. 

Namun sekarang, sepertinya media sepak bola Inggris secara universal mengakui Alisson sebagai tolok ukur yang jelas. 

Hanya ada sedikit pemain di luar sana yang menginspirasi tingkat konsensus ini, seperti yang dinikmati Van Dijk di tahun 2019. 

Bahkan Gary Naville mengakui Alisson terbaik, “Saya pikir dia adalah penjaga gawang terbaik di liga dan di dunia,” katanya, ia bisa dibilang pakar paling terkemuka di negara Inggris, pada bulan Oktober 2023 (melalui situs Rousing the Kop ).

Mungkin ada kiper individu yang mengungguli Alisson di departemen tertentu – seperti distribusi, misalnya – tetapi tidak ada seorang pun di luar sana yang begitu lengkap dalam atribut tingkat atas mereka. Dan itulah yang membedakan pemain berusia 31 tahun ini.